(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Seorang marketing tidak pernah lepas dari target. Ada kalanya targetnya tidak tercapai sampai pada jangka waktu yang telah ditentukan. Dalam hal ini seorang marketing haruslah memiliki segudang ide dan inisiatif sehingga dapat mengantisipasi apabila belum mencapai target. Sebuah inisiatif sangat diperlukan dan ini akan membawa seorang marketing melakukan sesuatu yang lain dari biasanya , suatu cara yang lain untuk meraih target dan mencapai suatu keberhasilan. Sebuah inisiatif yang timbul menggambarkan adanya kreatifitas dan sikap pantang menyerah, tidak pasrah pada keadaan.
Selain itu, dalam dunia merketing, kita banyak menghadapi karakter customer yang berbeda-beda. Disini diperlukan inisiatif dari seorang marketing yang dapat menciptakan suasana yang berbeda yang menyenangkan setiap customer sehingga customer akan terus merasa nyaman dengan service yang diberikan.
Sebagai contoh, seorang marketing dapat memiliki ide-ide dan inisiatif yang kreatif ketika menghadapi hari-hari raya besar atau moment-moment khusus tertentu. Misalnya , dalam rangka hari kemerdekaan atau hari raya besar, seorang marketing memberikan penawaran-penawaran khusus misalnya berupa hadiah langsung untuk kuantitas pembelian tertentu, atau memberikan discount yang menarik dalam rangka meningkatkan jumlah penjualannya. Misalnya, dalam rangka hari ulang tahun perusahaan, setiap pembelian 2 unit televisi , akan mendapatkan hadiah langsung sebuah blackberry. Disini seorang marketing harus dapat melihat apakah yang menarik bagi customer sehingga dapat meningkatkan daya beli customernya.
Inisiatif ini sangat diperlukan dalam bermarketing sehingga cara-cara bermarketing yang dilakukan tidak monoton dan membosankan , tetapi selalu ada yang baru dan menarik, selalu ada ide-ide yang cemerlang yang akan membuat customer merasa nyaman dan bagi calon-calon customer tidak akan menunda lagi untuk memebeli produk anda. Inisiatif sangat diperlukan untuk menghindarkan seorang merketing ada pada titik jenuh yang ujungnya akan sampai pada keputusan menyerah.
Karena itu sangat penting bagi seorang marketing untuk terus menambah wawasan dan pengetahuan tentang pasar dan kebutuhannya. Dengan berinisiatif akan timbul ide-ide yang cemerlang dan lahir inovasi-inovasi baru yang akan terus mendorong marketing untuk meningkatkan produktivitasnya. Tanpa inisiatif untuk menciptakan ide-ide baru yang kreatif, seorang marketing akan merasa jenuh dan mentok sehingga hasil yang dicapai pun sangat sedikit dari yang diharapkan.
(Indriani Vera/AA/TML)