(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Terdapat 5 konsep pada manajemen pemasaran . Sales dan marketing management telah banyak mengalami perubahan-perubahan yang besar pada beberapa tahun terakhir. Juga didalam proses manufaktur produk pada saat ini telah berkembang dari hanya memproduksi barang yang produsen inginkan, sekarang memproduksi barang yang konsumen inginkan. Konsep tersebut menunjukkan produksi pada saat ini adalah konsumen sentris. Dan tanpa strategi pemasaran yang tepat dan taktik yang jitu, maka sebuah bisnis tidak bisa bertahan. Mari kita mempelajari lebih jauh ke dalam konsep manajemen pemasaran
Pentingnya Konsep dari Manajemen Pemasaran
Pentingnya pemasaran / marketing dalam proses kegiatan bisnis telah terus meningkat selama tahun-tahun terakhir ini. Pada mulanya barang-barang yang dijual adalah sesuai dengan keinginan produsen untuk menjualnya. Tetapi saat ini, produsen harus memperhatikan, tuntutan kebutuhan dan persyaratan konsumen. Dan dari pihak konsumen maka konsumen akan mencari produk yang mereka butuhan dan konsumen akan beralih kepadanya. Akibatnya, bagi para produsen yang memproduksi barang sesuai keinginannya maka akan menderita kerugian. Mari kita melihat ke dalam konsep dasar manajemen pemasaran yang membantu produsen untuk mengetahui apa yang harus diproduksi dan berapa banyak jumlah produksinya.
Production Concept
Seorang produsen berani memproduksi barangnya secara massal karena mengetahui adanya permintaan yang tinggi bahwa produknya akan dibeli, dan dia yakin produknya akan laku terjual. Untuk itu perlu mengidentifikasi produk yang paling banyak digunakan oleh konsumen. Dan perlu melakukan penelitian dan riset pemasaran, untuk mencari tahu produk seperti apa yang akan selalu diminati dan dicari oleh pasar. Setelah itu mulai memproduksi dengan skala besar dan menjualnya di harga rendah. Strateginya adalah meraih keuntungan melalui penjualan yang besar. Mengapa menjual dalam harga rendah ? Walau selalu ada permintaan untuk suatu produk, tapi konsumen akan lebih memilih membeli produk yang sama dengan harga yang lebih rendah. Jadi ada permintaan, ada juga kompetisi.
Product Concept
Dari konsep di atas, jelaslah bahwa konsumen tidak akan membeli sesuatu dari Anda jika ia bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih rendah di tempat lain. Selain itu, ingat bahwa konsumen juga paham tentang kualitas produk. Jadi, konsumen akan mengukur kualitas produk Anda, terutama jika dia mendapatkan itu pada tingkat yang sangat rendah. Pastikanlah bahwa produk yang Anda jual tahan lama / awet, memiliki harga yang baik dan fitur kualitas yang hebat. Konsumen tidak bodoh. Jika dia merasa tertipu sekali, ia tidak akan kembali. Jadi Anda harus fokus pada kualitas produk.
Selling Concept
Menjual produk adalah salah satu pekerjaan paling sulit dalam sebuah bisnis. Anda dapat menghasilkan produk yang terunggul dan memiliki teknik periklanan berhasil. Tetapi apakah konsumen mau mengeluarkan uangnya untuk membeli produk Anda ? Oleh karena itu, pusat dari bisnis harus terletak pada sebuah promosi penjualan yang kuat. Apakah ketika konsumen melihat produk Anda mereka berpikir untuk membelinya ? Perlu untuk mengimplementasikan metode promosi penjualan yang berbeda. Hal ini akan menyebabkan penjualan yang cepat dan Anda akan mendapatkan keuntungan.
Marketing Concept
Diperlukan metode promosi pemasaran yang berbeda. Jika strategi pemasaran Anda gagal, maka Anda akan mengalami kerugian. Untuk menjamin penjualan yang baik dan setidaknya keuntungan marjinal, organisasi bisnis harus mengikuti salah satu konsep yang sangat sederhana dan mendasar. Mereka harus ingat bahwa ‘konsumen adalah raja’. Jadi strategi pemasaran mereka harus fokus sepenuhnya pada membuat konsumen merasa penting dan sangat spesial. Produk harus dipasarkan sedemikian rupa sehingga konsumen merasa sepertinya produk itu telah diciptakan khusus untuknya dan bahwa itu adalah yang terbaik yang konsumen akan dapatkan. Setelah itu Anda akan memiliki loyalitas pelanggan dan pelanggan akan memiliki kepuasan mendapatkan produk yang sangat baik. Sehingga keuntungan akan masuk pada perusahaan Anda.
Societal Marketing Concept
Sementara Anda merancang sebuah produk, dengan tujuan untuk memberikan produk Anda kelebihan maka Anda harus selalu berfokus bahwa produk Anda memiliki keamanan bagi masyarakat umum.Kesejahteraan masyarakat harus merupakan prioritas teratas dari tujuan produksi, diikuti dengan kepuasan konsumen dan yang terakhir adalah keuntungan perusahaan. Ini adalah urutan yang harus dipelihara dan difokuskan melalui strategi pemasaran Anda.
Dengan lima dasar konsep manajemen pemasaran diatas maka Anda akan melihat dan mengetahui bagaimana tepatnya untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan Anda dan meraih kepuasan pelanggan Anda.
(Debbie Kusuma/AA/TML)