Bagaimana Wirausaha Memanfaatkan Peluang dari Globalisasi dan Pembukaan Pasar-pasar Baru?

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Sebagai bagian dari komitment Ernst & Young dalam dunia wirausaha, Ernst & Young kembali menyelenggarakan program Entrepreneur of The Year yang ke-10 di Indonesia, suatu program tahunan yang memberikan penghargaan bagi pelaku bisnis berprestasi.

Giuseppe Nicolosi, CEO dari Ernst & Young Indonesia, pada pembukaan program ini, mengatakan bahwa peran wirausahawan dalam pertumbuhan ekonomi negara sangatlah penting. Wirausahawan secara konsisten menyumbangkan ide-ide baru dan segar, yang membuat bisnis lebih dinamis, membantu pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan membantu mengentaskan kemiskinan.

“Pada saat perekonomian dunia dan sektor-sektor utama bisnis sedang menghadapi tantangan yang luar biasa, kita perlu terus berinovasi dan menumbuhkan semangat kewirausahaan. Dan walaupun di beberapa negara di Eropa masih menghadapi sejumlah tantangan ekonomi, bisa dipastikan bahwa kita sedang menuju ke arah perbaikan ekonomi dunia, yang tentunya akan memberikan banyak peluang bagi para wirausahawan di pasar perdagangan yang baru”, demikian pernyataan dari Giuseppe.

Penerima penghargaan Indonesia Ernst & Young Entrepreneur of The Year 2009, Kris Taenar Wiluan Presiden Direktur PT Citra Turbindo Tbk, juga turut menjelaskan pandangannya tentang bagaimana para wirausahawan mencari peluang yang ditawarkan oleh arus globalisasi dan terbukanya pasar-pasar baru: “Agar sukses dalam era globalisasi, wirausahawan harus siap menghadapi bertambahnya kompetisi global dalam pasar lokal dan pada saat yang sama siap memanfaatkan peluang untuk masuk ke pasar global. Lebih lanjut, wirausahawan dapat mendapatkan keuntungan dari pasar-pasar yang baru terbuka dengan mendapatkan pengertian yang mendalam atas pasar global, menggunakan presentasi online dan menyesuaikan produk dan jasa untuk pasar-pasar ini. Terakhir, pelatihan manajemen secara berkesinambungan untuk mendapatkan pengetahuan teknologi baru akan mempersiapkan wirausahawan dengan keahlian-keahlian yang diperlukan untuk sukses dalam membuka pasar baru dan dalam globalisasi.

Berkolaborasi dengan Schwab Foundation untuk Social Entrepreneurship, tahun ini Ernst & Young juga mencari nominasi untuk Social Entrepreneur of The Year 2010. Penerima penghargaan Indonesia Entrepreneur of The Year 2010 akan mewakili Indonesia pada acara penghargaan World Entrepreneur of The Year Award di Monte Carlo pada tahun 2011. Sedangkan, untuk penerima penghargaan Indonesia Social Entrepreneur of The Year 2010 akan dijadwalkan untuk menghadiri kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Schwab Foundation dan World Economic Forum.

Sejak program global Ernst & Young ini dimulai di Indonesia pada tahun 2001, 128 finalis telah mendapatkan pengakuan atas kesuksesan usahanya. Para finalis tersebut dinilai oleh dewan juri yang independen, dengan kriteria penjurian sebagai berikut: inovasi, integritas, semangat kewirausahaan, strategi bisnis, kinerja keuangan, dan dampak nasional maupun global dari usaha para wirausahawan tersebut. Hubungan mereka dengan masyarakat sekitar juga menjadi penilaian tersendiri dalam hal tanggung jawab sosial. Ke-128 finalis EOY selama sembilan tahun ke belakang telah mempekerjakan sedikitnya 250,000 karyawan dengan total aset lebih dari Rp 150 trilyun dan penjualan gabungan mendekati Rp100 trilyun.

Di Indonesia, program Ernst & Young Entrepreneur of The Year didukung oleh Mercedez-Benz, GlobeAsia, Investor Daily, Majalah Investor dan Financial Club.

 

 

(Rinella Putri/AA/TML)