How important is Branding to Your Marketing Strategy

(Business Lounge – Sales & Marketing) – Market sangat dipenuhi dengan berbagai merek / brand; sebagai contohnya di dunia gadget — siapakah yang tidak kenal “Apple” atau “Samsung” dan di consumer goods siapa yang belum pernah mengecap “Indomie” atau “Pop Mie”….atau “Aqua”

Brand tersebut seolah melekat erat dalam benak begitu banyak orang sehingga sudah bukan merupakan hanya sekedar “brand ” namun sudah menjurus menjadi sebuah “Icon” dari suatu product sejenis.

Mengapakah “Brand” begitu penting dan sangat berpengaruh dalam sebuah produk yang dipasarkan.  Sesungguhnya “Brand” merupakan sebuah simbol, tanda atau sebuah nama yang diberikan kepada suatu produk sehingga orang tidak sukar untuk mengenalinya dimanapun mereka perlukan dan produk itu berada. “Brand” membantu membedakan product tersebut dari product sejenis lainnya yang ada di pasaran.

Branding bukanlah suatu proses yang membuat customer dapat mengenalinya namun merupakan suatu cara agar agar customer dapat mengenali bahwa product tersebut berasal / diproduksi oleh perusahaan anda.

Aspek mengenai branding semakin penting dewasa ini, di tengah kondisi persaingan yang semakin ketat peranan branding akan semakin besar.

Karena hal demikian, dalam marketing strategy diperlukan pertimbangan yang matang perihal Branding dan menurut Ian Lurie dari Portent Inc adalah sebagai berikut:

1. Hal utama yang penting adalah agar pesan dalam bentuk yang sederhana dapat sampai kepada target market sehingga kredibilitas perusahaan anda menjadi penting / meningkat.

2.Target customer yang hendak Anda raih harus dapat di targetkan secara emosional dengan baik — suatu survey khusus memberikan hasil bahwa kebanyakan customer melakukan pembelanjaan karena pengaruh emosional.  Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengerti bagaimana caranya kita dapat menjangkau customer dengan “branding strategy”
3. Saat anda menyusun Branding Strategy, anda harus extra hati hati terhadap loyalitas dari produk tersebut jika tidak hal itu akan menjadi bumerang bagi anda.  Dikarenakan Branding adalah hal yang tidak terlihat namun sangat berpengaruh, harus benar benar dipikirkan benar perihal design, logo yang akan anda gunakan.  Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan diantaranya warna, pattern, logo dan banyak hal lainnya.
Pertimbangan pembuatan branding:
– Branding harus memberikan strong impression dan ini berkaitan dengan logo dan repetition
– Branding berkaitan dengan price
– Branding berkaitan dengan product benefits dan value proposition
– Branding mencakup nilai customer service
Dapat disimpulkan bahwa pertimbangan pembuatan branding kelihatannya saja simple namun cara merampungkannya cukup rumit.  Agar anda dapat memperoleh hasil terbaik, anda harus tahu apa yang customer inginkan dan apa yang dapat memberikan kepuasan secara sempurna.  Sekalipun branding dapat dikatakan aset yang tidak kelihatan namun apabila anda pikirkan baik baik, dan digarap dengan baik, dapat menjadi aset yang sangat bernilai bagi perusahaan anda.
(ST. Hwa/IC/BL)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x