Lima Hal yang Seharusnya Tidak Dikatakan Bos

18 Cara Kreatif Menunjukkan Apresiasi Pada Karyawan (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Human Resources)

Kelanjutan tips ini menawarkan beberapa ide kreatif untuk menunjukkan rasa terima kasih Anda kepada tim Anda untuk mempertahankan kinerja terbaik, meningkatkan semangat kerja, dan meningkatkan produktivitas.

3. Biarkan karyawan memberi dan menerima ‘alat peraga’.

Apresiasi dan pengakuan tidak selalu harus dalam bentuk penghargaan atau kenaikan kompensasi – bisa juga dalam bentuk sederhana seperti memberikan pujian publik kepada anggota tim yang melakukan pekerjaannya dengan baik. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pengakuan publik yang diterima karyawan adalah dengan menciptakan forum bagi anggota tim dan manajer untuk saling memberikan pujian, misalnya saat rapat rutin.

Di Badger Maps, kami ingin menunjukkan apresiasi secara rutin dan memberikan penghargaan kepada karyawan atas pekerjaan mereka. Cara kami melakukan ini adalah dengan menyisihkan waktu di penghujung hari setiap hari Jumat untuk memberikan alat peraga pada ‘pertemuan TGIF’ kami, demikian disampaikan Steven Benson, pendiri dan CEO Badger Maps. “Siapa pun di tim dapat memberikan ‘alat peraga’ kepada siapa pun di tim, yang menumbuhkan suasana penghargaan, rasa hormat, dan kerja tim. Ini adalah waktu untuk memberi penghargaan kepada rekan kerja atas pencapaian dan kontribusi mereka minggu itu di depan kelompok dan menunjukkan kepada mereka rasa hormat atas kerja keras dan telah melakukan sesuatu yang hebat.”

4. Beri mereka makan.
Semua orang menyukai camilan atau makanan enak, dan memberi makan karyawan Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk menunjukkannya kepada Anda r apresiasi. Baik itu menyediakan makanan ringan di lemari es dan dapur atau memesan makan siang tim sesekali ke tempat kerja Anda, mentraktir karyawan Anda dengan beberapa makanan favorit mereka dapat sangat meningkatkan kepuasan.

Bawalah donat atau adakan pesta pizza saat makan siang dengan biaya sepeser pun dari perusahaan, demikian disampaikan Tyler Butler, pendiri dan CEO 11Eleven Consulting. “Orang-orang… suka diberi makan. Jenis penghargaan ini tidak hanya akan menyatukan kantor Anda [dan] … memperkuat hubungan interpersonal mereka, namun juga akan memberi mereka semua perasaan dihargai.”

Makan siang tim dapat sangat memotivasi karyawan yang kembali bekerja setelah beralih ke pekerjaan jarak jauh selama pandemi COVID-19. Jika tim Anda kembali ke kantor beberapa hari dalam seminggu atau penuh waktu, pertimbangkan untuk menawarkan mereka makan siang di perusahaan seminggu sekali. Hal ini dapat membuat kembali ke kantor menjadi lebih menyenangkan, bahkan bagi karyawan yang lebih menyukai pekerjaan jarak jauh.

5. Ekspresikan rasa terima kasih Anda di media sosial.
Beberapa karyawan mungkin sangat menyukai pengakuan publik, dan mengungkapkan pencapaian serta kontribusi mereka di media sosial dapat menjadi cara yang bagus untuk melakukannya. Jika Anda memiliki karyawan yang senang dipuji di depan semua pengikut Anda, pertimbangkan untuk memasukkan ucapan terima kasih seperti ini ke dalam rencana pemasaran Anda.

Kami memberi penghargaan kepada karyawan kami pada hari ulang tahun dan hari jadi mereka di saluran sosial kami, demikian penjelasan Michelle Cardin, direktur akun di Epsilon. “Setiap postingan akan menyertakan foto dan sesuatu yang menyoroti kontribusi karyawan tersebut terhadap organisasi atau fakta menarik yang mungkin tidak diketahui oleh rekan kerja dan orang lain tentang mereka.”

Namun, sebelum meneriaki karyawan Anda di platform publik, pastikan mereka merasa nyaman menjadi sorotan. Tidak semua orang ingin wajahnya ditampilkan di saluran media sosial perusahaan, jadi meskipun ini mungkin cara yang bagus untuk mengenali beberapa karyawan, yang lain mungkin lebih memilih untuk tetap berada di belakang layar. Selalu ketahui anggota tim Anda dan preferensi mereka terlebih dahulu.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)