Peran Penting Housekeeping

(Business Lounge Journal – Service)

Sebelum saya mengulas lebih jauh mengenai housekeeping, sebenarnya apa yang saya tuliskan ini berdasarkan rasa kagum saya ketika melihat salah satu petugas housekeeping sedang menangani keluhan penghuni disebuah apartemen di Jakarta. Saya melihat bagaimana kerendahan hati dan sopan santun yang terpancar dari wajah petugas housekeeping yang saya liat. Pengalaman ini membuat saya semakin tertarik untuk mengetahui dunia housekeeping dan menulisnya di halaman artikel ini.

Pengertian mengenai Housekeeping.

Housekeeping terdiri dari dua kata bahasa Inggris yaitu house yang memiliki arti rumah dan keeping yang berarti memelihara. Jadi jika kita gabungkan dua kata house dan keeping dapat diartikan seseorang atau bagian yang dipercayakan untuk bertanggung jawab semua kegiatan pekerjaan yang berhubungan dengan memelihara.

Pengertian Cleaning service.

Dalam bahasa inggris  cleaning memiliki arti membersihkan dan sevice memiliki arti layanan atau jasa. Dengan dua kata ini jika digabungkan menjadi cleaning service yang berarti seseorang yang di tugaskan untuk membersihkan tempat dan area tertentu seperti gedung maupun property.

Dalam pengelolaan bangunan gedung atau property, bagian housekeeping sering kali dipandang sebelah mata, namun sebenarnya bagian housekeeping merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari sistem pengelolaan bangunan atau property. Alasannya kenapa demikian? Hal ini dikarenakan housekeeping merupakan bagian yang dipercayakan dapat bertanggung jawab untuk mengawasi tingkat kebersihan di suatu bangunan gedung agar tetap terus terjaga kebersihan di seluruh public area gedung.

Biasanya bagian penempatan housekeeping di pakai oleh beberapa bangunan seperti hotel, mall, apartemen, maupun pasar. Mereka yang bekerja di bidang housekeeping bertanggung jawab untuk memelihara kebersihan agar tetap terjaga. Dengan adanya cleaning service yang profesional dalam melakukan tugasnya merupakan kunci keberhasilan petugas housekeeping dalam mencapai target kerjanya.

Jika Anda sebagai orang awam yang berkeinginan bekerja dibidang Housekeeping yang sukses di gedung maupun property. Maka yang Anda harus lakukan adalah mengerti tugas dan tanggung jawab sebagai seorang petugas housekeeping  diantaranya :

  • Memiliki kemampuan menagerial yang baik
  • Dapat membuat Rencana Kerja Tahunan ( RKT )
  • Dapat membuat Rencana Kerja Bulanan ( RKB )
  • Dapat membuat Rencana Kerja Harian ( RKH)
  • Mengetahui penggunaan alat yang digunakan
  • Mampu membuat laporan kerja bulanan
  • Memahami fungsi chemical yang digunakan di lapangan
  • Menjaga kesediaan stock chemical agar tetap ada.
  • Mampu melakukan pengawasan kerja tim
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat bekerja sama antar tim

Adapun hal yang lain sebagai penunjang karir seorang petugas housekeeping adalah mampu mengidentifikasi kebutuhan dan penanganan di beberapa area fokus bagunan atau property, seperti :

  1. Area lobi gedung

Lobi gedung merupakan bagian terpenting yang harus diperhatikan oleh seorang tim housekeeping kenapa demikian? Karena lobi gedung merupakan bagaian tampak muka sebuah gedung. Beberapa titik yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Tempat duduk yang berada di posisi lobi dan lantai dibagian bawahnya
  2. Area toilet yang berada di lobi. Khusus toilet, Anda dapat memperhatikan sudut-sudut toilet. Biasanya dengan meperhatikan sudut-sudut toilet pengawas housekeeping dapat mengetahui tingkat kebersihan gedung yang dibersihkannya oleh cleaning service apakah dilakukan secara detail atau tidak
  3. Langit-langit lobi. Dalam waktu tertentu dan suhu udara tertentu, di area lobi biasanya sering timbul sarang laba laba. Jika tidak dibersihkan secara berkala, maka tentu gedung yang kita kelola kebersihannya akan terlihat kumuh.
  4. Area lantai lobi.

Gedung yang nyaman pasti memiliki tingkat kebersihan yang baik. Untuk menjaga tingkat kebersihan lobi tetap terjaga, dapat ditempatkan satu petugas cleaning service khusus yang selalu berjaga di area lobi terutama pada musim penghujan.

  1. Area Koridor

Wilayah koridor sering kali terlupakan oleh petugas cleaning service. Untuk itu petugas housekeeping harus melakukan pengontrolan petugas cleaning secara berkala. Khusus gedung seperti apartemen, area ini merupakan area yang sangat penting untuk kenyamanan penghuninya. Hal yang harus diperhatikan di titik area koridor adalah:

  1. Area garbage room. Area garbage room merupakan area yang paling sering di datangi oleh penghuni yang tinggal. Untuk itu untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan penghuni, area garbage room harus diperhatikan dengan penggantikan polyback setiap hari dan sekaligus melakukan pengangkatan sampah secara rutin. Biasanya pengangkatan sampah dapat dilakukan pada pagi hari dan malam hari.
  2. Lantai koridor. Setiap hari petugas cleaning service wajib membersihkan lantai koridor sedikitnya dua kali sehari untuk menjaga tingkat kebersihan koridor.
  3. Dinding koridor. Untuk menjaga tingkat kebersihan udara yang masuk koridor dan agar tidak terasa pengap petugas cleaning service wajib membersihkan dinding yang berada di koridor. Setidaknya dilakukan satu kali dalam seminggu.
  1. Area parkir

Jika area parkir gedung atau property bersih dari sampah yang berserakan, tentu pasti akan menjadi tempat hunian yang nyaman. Untuk itu petugas housekeeping dapat menugaskan cleaning service untuk melakukan brushing lantai parkir serta melakukan sweeping sampah yang berada di area parkir secara berkala.

  1. Kebersihan bagian luar gedung

Pembersihan bagian luar gedung diperlukan kemampuan khusus karena mengandung risiko yang tinggi. Untuk itu petugas housekeeping harus menugaskan personil gondola yang bersertifikasi untuk melakukan pembersihan bagian luar gedung.

  1. Area Fasilitas

    Area Fasilitas merupakan area yang selalu ramai di kunjungi oleh para penghuni, untuk itu petugas cleaning service dapat melakukan cleaning area setiap hari secara rutin agar peralatan dan ruang fasilitas tetap nyaman untuk di gunakan oleh penghuni.

Dengan tulisan artikel ini diharapkan anda mendapatkan pengetahuan dan wawasan perihal ruang lingkup housekeeping untuk mencapai kesuksesan di pekerjaan Anda maupun di lingkungan tempat dimana Anda bekerja saat ini.