Tips Menemukan Influencer di Media Sosial

(Business Lounge – Dominate The Market) Ketika Anda ingin meluncurkan sebuah brand atau bisnis baru di media sosial, penting sekali untuk menggunakan jasa influencer guna mendapatkan berbagai keuntungan dan keberhasilan di bisnis tersebut.

Untuk sebagian bisnis, kehadiran influencer sepertinya tampak sulit untuk dipahami. Tapi jika Anda mengerti tentang apa itu influencer dan bagaimana cara untuk menemukan influencer yang mampu menarik perhatian, tentu hal tersebut akan memberikan keuntungan yang sangat luar biasa bagi bisnis Anda.

Apa yang dimaksud dengan influencer

Ada banyak definisi yang diberikan untuk kata influencer, namun semua definisi tersebut mengarah pada maksud yang serupa, yakni orang-orang yang mampu mempengaruhi orang lain. Influencer di dalam media sosial artinya kemampuan untuk mempengaruhi melalui Facebook, Twitter, Google+, Instagram dan media sosial lainnya.

Josh Peskowitz, seorang fashion editor mendefinisikan bahwa influencer adalah seseorang yang menjadi perhatian banyak orang karena kreatif dan inovatif, mereka juga dapat mengenali apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang dan dapat mempopulerkannya lebih dulu dibanding orang lain.

Sementara Jeff Staple memberikan definsi yang juga hampir mirip, bahwa influencer adalah seseorang yang opininya didengar banyak orang, dipercayai dan membuat orang lain bereaksi setelahnya.

Seorang influencer tidak hanya pintar berbicara, namun juga tergambar jelas melalui aktifitas kehidupannya sehari-hari, baik di dunia edukasi, musik, fashion, dll.

Langkah-langkah untuk menemukan influencer

1. Traditional online search.
Traditional online search, atau pencarian online tradisional adalah salah satu metode yang paling efektif untuk menemukan influencer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sumber yang mungkin bisa Anda dapatkan adalah melalui teman, keluarga, blog, atau media lainnya.

2. Online tools
Ada banyak online tools yang dapat Anda gunakan untuk menemukan dan terhubung dengan orang-orang yang mungkin relevan dengan bisnis Anda. Tools tersebut termasuk SocialBro, FollowerWonk, dan Twellow. Dengan menggunakan tools ini, Anda dapat menemukan orang-orang yang memiliki kepentingan pada apa yang Anda tawarkan, atau yang mungkin baru saja membahas topik online yang serupa.

3. Search conversation data
Untuk menentukan influencer, yang terpenting adalah apakah seorang individu tersebut sering membahas topik yang menarik bagi merek Anda. Tools mendengarkan media sosial, seperti Brandwatch memberikan Anda kemampuan untuk menginput keyword relevan yang mampu mengidentifikasi individu yang mencakup topik-topik yang relevan untuk brand Anda.

Kunci untuk membuat strategi ini bekerja adalah memastikan bahwa keyword Anda tidak terlalu meluas.

4. Measuring Influence
Sekedar mengidentifikasi individu yang mungkin cenderung memiliki pengaruh di atas target demografis Anda, itu juga penting untuk meneliti pengaruh sosial yang sebenarnya. Tools seperti Kred dan PeerIndex memberikan wawasan yang mungkin berpengaruh dalam niche atau area tertentu.

5. Online circles
Menemukan influencer secara online mungkin sudah Anda lakukan. Sebagai contoh, Twitter memberikan Anda kemampuan untuk mengikuti group Twitter secara bersama-sama. Tools seperti Listorious juga dapat membantu Anda dalam mencari daftar tersebut.

Mencari influencer untuk memasarkan brand dan bisnis memang sepertinya cukup menyita waktu, namun dengan sedikit perencanaan dan penelitian maka Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi daftar influencer yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan awareness dan traffic terhadap produk Anda.

Silahkan dicoba!

Lidia Wulan

Lidia Wulan/VMN/BL/Head of Vibiz Internet Marketing Academy

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x