(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Guerrilla Marketing atau Pemasaran Gerilya adalah satu bentuk strategi pemasaran dengan menggunakan suatu strategi dan taktik Gerilya yang inovatif dan efisien. Gerilya adalah salah satu strategi perang yang dikenal luas dimana perang gerilya sangatlah efektif untuk mengelabui musuh bahkan melakukan serangan kilat. Strategi / taktik ini juga dinilai jitu pada saat menyerang musuh dalam jumlah besar dimana musuh sedang kehilangan arah dan tidak menguasai medan. Kadang taktik ini juga mengarah pada taktik mengepung secara tidak terlihat (invisible).
Pemasaran gerilya seperti layaknya perang gerilya adalah strategi yang menggunakan strategi / taktik untuk membidik target marketnya dalam persaingan pasar yang kompetitif dan ketat pada saat ini
Pemasaran gerilya merupakan satu strategi pemasaran yang dinilai cukup sukses. Dimana pemasaran gerilya dapat dilakukan tanpa mengeluarkan anggaran yang mahal. Dalam pemasaran gerilya yang dibutuhkan adalah suatu ide yang cemerlang untuk mempromosikan suatu produk.
Pada tahun 1984, Jay Conrad Levinson memperkenalkan istilah formal dalam bukunya disebut, “Pemasaran Gerilya.” Levinson berasal dari latar belakang sebagai Senior Vice-President di J. Walter Thompson dan Direktur Kreatif dan Anggota Dewan di Advertising Burnett Leo. Dalam bukunya, ia mengemukakan cara yang unik untuk mendekati dan memerangi bentuk-bentuk tradisional dari periklanan. Tujuan dari pemasaran gerilya adalah menggunakan taktik yang tidak konvensional untuk beriklan dengan menggunakan anggaran kecil. Pada saat itu promosi melalui radio, televisi dan media cetak demikian meningkat, namun tampaknya konsumen mulai merasa jenuh dengan iklan-iklan tersebut. Levinson menunjukkan bahwa dalam melakukan kampanye periklanan perlu dilakukan dengan cara yang menarik, mengejutkan, unik dan pandai. Dan perlu menciptakan suatu buzz.
Seperti yang dilakukan oleh salah satu merek terkenal yang telah melakukan pemasaran gerilya secara sukses adalah Coca-Cola.
Pada bulan Januari 2010, Perusahaan Coca-Cola menciptakan ” Happiness Machine ” video dengan bantuan interactive marketing agency. Video ini menampilkan vending mesin Coca-Cola yang menjajakan minuman dingin. Film ini diambil di sebuah toko di St John University, Queens, New York, dengan menggunakan 5 kamera tersembunyi yang ditempatkan secara strategis. Reaksi dari para mahasiswa benar-benar sangat menggembirakan. Hasilnya adalah Video ini beredar dan memiliki lebih dari 4,5 juta pemirsa di YouTube . Pada bulan Mei 2010, ia berhasil memenangkan penghargaan bergengsi CLIO Gold Interactive Award. Film ini tersebar ke seluruh dunia dengan pemirsa tertinggi di negara Brasil, Meksiko, Jepang dan Rusia.
Melihat kesuksesan yang menakjubkan dari video ini, maka Coca-Cola memutuskan untuk melanjutkan tema ‘” Happiness Machine ” dengan menggunakan konsep yang sama dalam promosi videonya.
Demikianlah dalam melakukan pemasaran gerilya yang Anda butuhkan adalah kreativitas dan imajinasi. Pemasaran gerilya adalah cara yang unik untuk mempromosikan merek dan produk dengan mengandalkan strategi yang tinggi pada kreativitas dan menggunakan anggaran yang relatif kecil. Teknik-teknik pemasaran cenderung unik, tidak konvensional dan mengejutkan, itulah sebabnya mereka mendapatkan perhatian dari konsumen.
Contoh-Contoh Pemasaran Gerilya Yang Sukses :
Beberapa contoh pemasaran gerilya yang sangat menarik dapat kita ditemukan diberbagai sudut jalan di kota besar dan ‘ ini benar-benar menarik ‘. Konsep kreatif pemasaran gerilya diciptakan sebagai sistem promosi yang tidak konvensional dan hanya memerlukan anggaran promosi yang kecil. Strategi kampanye dari pemasaran gerilya ini ditargetkan pada tempat-tempat tak terduga dan berpotensi / memiliki potensi interaktif. Pada dasarnya iklan tersebut dibuat sedemikian unik dan menarik konsumen. Ada banyak strategi pemasaran gerilya yang digunakan secara smart lebih berhasil daripada promosi yang mahal.
Lihatlah beberapa contoh pemasaran gerilya di bawah ini :
Nikon Campaign
Menggunakan billboard berukuran besar dan bergambar paparazzi dengan kamera Nikon berkedip-kedip memotret orang yang berjalan di sepanjang sisi jalan.
Discovery Channel Campaign
Iklan billboard dimana papan selancar dipotong sedemikian rupa, ternyata hiu telah menggigit bagian dari papan itu. Iklan ini adalah untuk promosi dari Discovery Channel “ Shark “ (ikan hiu). Ketika orang pergi untuk mengambil papan, mereka melihat iklan.
Tyskie Campaign
Salah satu contoh pemasaran gerilya yaitu gagang pintu yang dibuat sebagai pegangan mug bir Tyskie. Mereka mempromosikan iklan ini di restoran dan hotel yang menggunakan produk mereka.
Audi Campaign
Dengan menggunakan poster, terlihat salah satu mobil Audi diparkir di garasi. Sepertinya pintu garasi terbuka dengan mobil Audi yang diparkir didalamnya, tapi itu hanya poster yang diletakkan di pintu garasi.
Smoking Awareness Campaign
Ini adalah salah satu contoh terbaik dari pemasaran gerilya, dimana di tempat-tempat sampah di trotoar jalan-jalan dicat seperti mata dan mulut dengan sekelilingnya ditulis kata-kata , ” merokok menyebabkan kebutaan “.
McDonald’s Campaign
Ini adalah suatu ide pemasaran gerilya yang kreatif untuk promosi kopi gratis. Iklan dibuat pada lampu jalan raya dengan cangkir kopi di dasar, dan sebuah stoples kopi di tempat bolam lampu. Hal ini tampak seperti toples itu sedang menuangkan kopi ke cangkir kopi McDonald’s.
Bukankah contoh-contoh diatas merupakan pemasaran gerilya yang luar biasa, dengan ide-ide benar-benar kreatif ? Ada lebih banyak, yang dapat Anda lihat sendiri di jalan-jalan raya Jika Anda menemukan sesuatu yang aneh di jalan, maka Anda dapat menganggapnya sebagai strategi pemasaran yang digunakan oleh beberapa perusahaan untuk mempromosikan produk mereka.
Anda dapat menemukannya di tempat umum seperti jalan raya, pasar, bilik telepon, kereta bawah tanah, tempat perhentian bus yaitu di tempat-tempat yang sering dikunjungi orang-orang secara teratur. Sasaran dari pemasaran gerilya, adalah mentargetkan area tersebut dengan menempatkan iklan mereka ditengah-tengah keramaian dan mempromosikan produk mereka melalui baliho atau poster sederhana. Strategi pemasaran gerilya dengan poster ini, adalah yang paling inovatif dan menarik perhatian orang yang lalu lalang. Tujuannya adalah Anda dapat berhubungan dengan konsumen secara langsung dan konsumen dapat mengenal produk Anda. Sehingga hasil maksimal dapat Anda peroleh melalui strategi pemasaran gerilya ini. Pada saat ini konsumen semakin cerdas dalam menilai taktik periklanan, sehingga pemasaran gerilya adalah cara yang tepat dan bagus untuk mempromosikan produk Anda secara halus dan smart.
Silahkan Anda mencobanya …..
(Debbie Kusuma/AA/TML)