Guerrilla Marketing Tactics

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Guerrilla Marketing atau Pemasaran Gerilya adalah satu bentuk strategi pemasaran dengan menggunakan suatu strategi dan taktik Gerilya yang inovatif dan efisien.  Gerilya adalah salah satu strategi perang yang dikenal luas  dimana perang gerilya sangatlah efektif untuk  mengelabui musuh  bahkan melakukan serangan kilat.  Strategi / taktik ini juga dinilai jitu pada  saat menyerang musuh dalam jumlah besar dimana musuh sedang  kehilangan arah dan tidak menguasai medan. Kadang taktik ini juga mengarah pada taktik mengepung secara tidak terlihat (invisible).

Pemasaran gerilya seperti layaknya  perang gerilya adalah strategi yang menggunakan strategi / taktik untuk membidik target marketnya dalam persaingan pasar  yang kompetitif dan ketat pada saat ini

 

Pemasaran gerilya  merupakan  satu strategi pemasaran yang dinilai cukup sukses. Dimana pemasaran gerilya dapat dilakukan tanpa mengeluarkan anggaran yang mahal. Dalam pemasaran gerilya yang dibutuhkan adalah suatu ide yang cemerlang untuk mempromosikan suatu produk.

 

Pada tahun 1984,  Jay Conrad Levinson memperkenalkan istilah formal dalam bukunya disebut, “Pemasaran Gerilya.”  Levinson berasal dari latar belakang sebagai Senior Vice-President di J. Walter Thompson dan Direktur Kreatif dan Anggota Dewan di Advertising Burnett Leo. Dalam bukunya, ia  mengemukakan cara yang unik untuk mendekati dan memerangi bentuk-bentuk tradisional dari periklanan. Tujuan dari pemasaran gerilya adalah menggunakan taktik yang tidak konvensional untuk beriklan dengan menggunakan anggaran kecil. Pada saat itu  promosi melalui radio, televisi dan media cetak demikian  meningkat, namun tampaknya konsumen mulai merasa jenuh dengan iklan-iklan tersebut. Levinson menunjukkan bahwa dalam melakukan kampanye periklanan perlu dilakukan dengan cara yang menarik, mengejutkan, unik dan pandai. Dan perlu menciptakan suatu buzz.

 

Seperti yang dilakukan oleh salah satu merek terkenal yang telah melakukan pemasaran gerilya secara sukses adalah Coca-Cola.

 

Pada bulan Januari 2010, Perusahaan Coca-Cola menciptakan ” Happiness Machine ” video dengan bantuan interactive marketing agency. Video ini menampilkan vending mesin  Coca-Cola yang menjajakan minuman dingin.  Film  ini diambil di sebuah toko di St John University, Queens, New York, dengan menggunakan 5 kamera tersembunyi yang ditempatkan secara strategis. Reaksi dari para mahasiswa benar-benar sangat menggembirakan.  Hasilnya adalah Video ini beredar dan  memiliki lebih dari 4,5 juta pemirsa di YouTube . Pada bulan Mei 2010, ia berhasil memenangkan penghargaan bergengsi  CLIO Gold Interactive Award. Film ini tersebar ke seluruh dunia dengan pemirsa tertinggi di negara Brasil, Meksiko, Jepang dan Rusia.

 

Melihat kesuksesan yang  menakjubkan dari video ini, maka  Coca-Cola memutuskan untuk melanjutkan  tema ‘” Happiness Machine ”  dengan  menggunakan konsep yang sama dalam promosi videonya.

 

Demikianlah dalam melakukan pemasaran gerilya yang Anda butuhkan adalah  kreativitas dan imajinasi. Pemasaran gerilya adalah cara yang unik untuk mempromosikan merek dan produk dengan  mengandalkan strategi yang tinggi pada kreativitas dan menggunakan anggaran yang relatif  kecil. Teknik-teknik pemasaran cenderung  unik, tidak konvensional  dan mengejutkan, itulah sebabnya mereka mendapatkan perhatian dari konsumen.

 

Contoh-Contoh Pemasaran Gerilya Yang Sukses :

 

Beberapa contoh pemasaran gerilya yang sangat menarik dapat kita ditemukan diberbagai sudut jalan di kota besar dan ‘ ini benar-benar menarik ‘.  Konsep kreatif pemasaran gerilya diciptakan sebagai sistem promosi yang tidak konvensional dan hanya memerlukan anggaran promosi  yang kecil.  Strategi kampanye dari pemasaran gerilya ini ditargetkan pada tempat-tempat tak terduga dan berpotensi / memiliki potensi interaktif. Pada dasarnya  iklan tersebut  dibuat sedemikian  unik dan menarik konsumen. Ada banyak strategi  pemasaran  gerilya yang digunakan secara smart lebih berhasil daripada promosi yang mahal.

 

Lihatlah beberapa contoh pemasaran gerilya di bawah ini :

 

Nikon Campaign

 

Menggunakan billboard berukuran besar dan bergambar  paparazzi dengan kamera Nikon berkedip-kedip memotret   orang yang berjalan di sepanjang sisi jalan.

 

Discovery Channel Campaign

 

Iklan  billboard dimana  papan selancar dipotong sedemikian rupa, ternyata hiu telah menggigit bagian dari papan itu. Iklan ini adalah untuk promosi dari Discovery Channel “ Shark “  (ikan hiu). Ketika orang pergi untuk mengambil papan, mereka melihat iklan.

 

Tyskie Campaign

 

Salah satu contoh pemasaran gerilya yaitu  gagang pintu yang dibuat sebagai pegangan mug bir Tyskie. Mereka mempromosikan iklan ini di restoran dan hotel yang menggunakan produk mereka.

 

Audi Campaign

 

Dengan menggunakan  poster,  terlihat salah satu mobil Audi  diparkir di garasi. Sepertinya pintu garasi terbuka dengan mobil Audi yang diparkir didalamnya, tapi itu hanya poster yang diletakkan di pintu garasi.

 

Smoking Awareness Campaign

 

Ini adalah salah satu contoh terbaik dari  pemasaran gerilya, dimana di tempat-tempat  sampah di trotoar jalan-jalan dicat seperti mata dan mulut  dengan   sekelilingnya ditulis  kata-kata , ” merokok menyebabkan kebutaan “.

 

McDonald’s Campaign

 

Ini adalah suatu ide pemasaran gerilya yang kreatif  untuk promosi kopi gratis. Iklan dibuat pada lampu jalan raya dengan cangkir kopi di dasar, dan sebuah stoples kopi di tempat bolam lampu. Hal ini tampak seperti toples itu sedang menuangkan kopi ke cangkir kopi McDonald’s.

 

Bukankah contoh-contoh  diatas merupakan  pemasaran gerilya yang luar biasa, dengan ide-ide benar-benar kreatif  ? Ada lebih banyak, yang dapat Anda lihat sendiri di jalan-jalan raya  Jika  Anda menemukan sesuatu yang aneh di jalan, maka Anda dapat menganggapnya sebagai strategi pemasaran yang digunakan oleh beberapa perusahaan untuk mempromosikan produk mereka.

 

Anda dapat menemukannya di tempat umum seperti jalan raya, pasar, bilik telepon, kereta bawah tanah, tempat perhentian bus yaitu  di tempat-tempat  yang sering dikunjungi orang-orang secara teratur. Sasaran dari  pemasaran gerilya, adalah mentargetkan   area tersebut dengan  menempatkan iklan mereka ditengah-tengah  keramaian   dan mempromosikan produk mereka melalui baliho atau poster sederhana. Strategi pemasaran gerilya dengan  poster ini, adalah yang paling inovatif dan menarik perhatian orang yang lalu lalang. Tujuannya adalah  Anda dapat berhubungan dengan  konsumen secara langsung  dan  konsumen dapat mengenal produk Anda. Sehingga hasil maksimal dapat Anda peroleh melalui strategi pemasaran gerilya ini.   Pada saat ini konsumen semakin  cerdas dalam menilai  taktik periklanan, sehingga pemasaran gerilya adalah cara yang tepat dan bagus untuk mempromosikan produk Anda secara halus dan smart.

 

Silahkan Anda mencobanya …..

 

(Debbie Kusuma/AA/TML)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x