Pirelli Harapkan Pertumbuhan yang Tinggi di Asia Pasifik

(Business Lounge – Business Insight) – Perusahaan ban Italia Pirelli menargetkan memiliki 4.500 toko di daratan Tiongkok pada tahun 2017 setelah mencapai hampir 3.000 poin penjualan pada akhir 2014, ketika mereka memperkuat jaringan ritel di bawah pasar Asia-Pasifik yang sangat menjanjikan.

“Pirelli mengharapkan pertumbuhan tahunan rata-rata di kawasan Asia-Pasifik sekitar 16 persen dalam beberapa tahun mendatang menjadikan perusahaan memiliki pertumbuhan pasar tercepat  di seluruh dunia,” kata Giuseppe Cattaneo, CEO Pirelli Asia-Pasifik.

Pirelli saat ini adalah pemasok ban tunggal untuk Formula Satu. Perusahaan mengatakan manfaat dari olahraga motor, penjualan motorsport mereka telah menjadi empat kali lipat dalam enam tahun terakhir di Asia-Pasifik, dengan brand awareness di ban premium secara dramatis meningkat.

Untuk Pirelli, kawasan Asia-Pasifik pada tahun 2014 menunjukkan peningkatan pendapatan sebesar 16 persen, dengan kenaikan 28,3 persen di segmen premium dilansir dari Shanghaidaily.

Dalam sebuah wawancara pada Formula Satu Grand Prix Cina 2015 awal bulan ini, Cattaneo menekankan fokus perusahaan di pasar premium di Asia-Pasifik, terutama di Tiongkok.

Perusahaan mengatakan pada tahun 2014 kawasan Asia-Pasifik naik lebih dari 2 persen dari pangsa pasar sebagai akibat dari kemitraan konsolidasi dengan produsen mobil premium terkemuka seperti Audi, BMW, Volvo, Peugeot, Daimler, dan Land Rover.

Investasi global Pirelli dalam penelitian dan pengembangan sebesar € 205,5 juta, sama dengan 3,4 persen dari penjualan. Hampir 85 persen dari investasi masuk ke produk premium, atau 6,9 persen dari penjualan segmen ini.

Penekanan Pirelli pada pembangunan daerah dan keseimbangan telah diperkuat dengan mendedikasikan 80 persen dari produksi untuk memasok permintaan dari pasar lokal.

Pada 2015 Pirelli akan membuka di Indonesia pabrik manufaktur kedua di kawasan Asia-Pasifik dengan kapasitas produksi 7 juta ban moto kalau sepenuhnya beroperasi.

Pirelli juga akan berinvestasi lebih banyak dalam pelatihan personil pada produk dan jasa untuk menciptakan sebuah tim konsultan ban, serta menjaga kualitas toko instalasi dan alat-alat di toko-toko tetap terjaga.

Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x