Ditology, Seni Lukis Menggunakan Media Jari Tangan

(Business Lounge – News) Apa yang Anda lakukan jika Anda memiliki seorang tokoh yang sangat Anda kagumi dan Anda sangat ingin mengabadikan wajahnya ke dalam suatu benda yang spesial? Beberapa orang pasti akan berpikir untuk mengoleksi sebanyak mungkin potret figur tersebut. Memang melalui foto kita dapat mengabadikan wajah orang yang kita cintai dan kagumi. Jadi walaupun Anda sudah lama sekali mengagumi karisma dari figur tersebut di saat pertama kali melihatnya Anda masih dapat merasakan spirit yang sama darinya.

Namun berbeda dari orang kebanyakan, adalah Dito Von Tease yang merupakan seorang seniman Italia, mengkreasikan sebuah gambaran unik dari tokoh-tokoh terkenal dengan caranya. Bukannya mengambil foto dari tokoh-tokoh tersebut, ia menambahkan sentuhan kreativitas dalam memanipulasi jarinya menjadi sebuah alas untuk membuat sketsa wajah menyerupai potret.

Potret artistik ini disebut Ditology. Ditology diambil dari akar kata “Dito”, yang dalam bahasa Italia berarti jari. Nama itu diberikan sebagai inti dari karya seni yang diprakarsai dan diinovasikan oleh Dito Von Tease, yaitu menggambar potret wajah pada jari. Ia menggambar wajah tokoh-tokoh terkenal pada jarinya dan menghiasinya sedemikian rupa hingga sungguh terlihat seperti sebuh potret. Hasilnya sangat realistik dan artistik. Penambahan beberapa atribut tertentu yang identik dengan tokoh-tokoh tertentu juga ditambahkan. Semua bagian seni ini diperhatikan hingga sedetail mungkin, sehingga hasilnya pun sangat mirip aslinya.

Ditology

Saat ini sudah ada banyak koleksi dari potret hasil Ditology ini. Dimana tokoh-tokoh tersebut diambil dari berbagai karakter di dalam kehidupan fiksi dan nyata. Nama-nama seperti Steve Job, Mr. T, Spock, Dalai Lama, Avatar, dan bahkan Obama termasuk di dalam koleksi Dito.

(Lingga Rizky/VMN/BL-Journalist)
Editor : Ruth Berliana