(Businesslounge Journal-Finance Tax)
Manajer dan pemilik bisnis sering kali menyusun rencana komprehensif untuk melihat potensi masa depan bisnis mereka dan mengapa calon investor dapat berinvestasi di perusahaan tersebut. Rencana ini menunjukkan pertumbuhan bisnis yang diharapkan dari waktu ke waktu dan strategi untuk mencapainya. Rencana lima tahun adalah salah satu rencana strategis tersebut, yang secara eksklusif melihat periode lima tahun untuk proyeksi kesuksesan. Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu rencana bisnis strategis 5 tahun, nilai pembuatannya, dan membahas 11 langkah untuk menyusun rencana bisnis.
Apa Itu Rencana Bisnis 5 Tahun?
Rencana bisnis 5 tahun adalah pendekatan strategis yang melihat apa yang dilakukan dan ingin dilakukan oleh suatu bisnis. Rencana ini sering kali mencakup tujuan bisnis inti dan cara terbaik untuk mencapainya. Elemen penting lainnya dapat mencakup riset pasar, peramalan keuangan, dan perencanaan operasional.
Rencana ini memberikan wawasan berharga tentang proyeksi masa depan suatu organisasi. Investor akan membaca rencana lima tahun suatu bisnis untuk membantu menentukan risiko ketika memutuskan apakah akan berinvestasi di suatu perusahaan. Rencana lima tahun yang kuat memberikan investor gambaran yang lebih jelas tentang strategi bisnis dan peta jalan yang dirancang untuk mencapai tujuannya.
Mengapa Membuat Rencana Bisnis 5 Tahun?
Rencana lima tahun yang diteliti dan disusun dengan baik sangat berharga bagi bisnis. Rencana ini juga merupakan dokumen penting bagi investor yang mempertimbangkan bisnis tersebut sebagai investasi berikutnya. Rencana ini menunjukkan kepada investor mengapa bisnis tersebut merupakan akuisisi yang baik dan berapa imbal hasil yang dapat mereka harapkan secara finansial. Berikut adalah alasan utama untuk membuat rencana:
Menunjukkan visi bisnis
Pastikan untuk mendefinisikan dan menunjukkan visi bisnis dengan jelas jika Anda ingin mendapatkan dana dari investor. Seorang investor kemungkinan akan menanyakan pertanyaan seperti di mana Anda berencana untuk berada dalam satu tahun, tiga tahun, dan lima tahun. Visi menguraikan ekspektasi-ekspektasi ini.
Menentukan tujuan bisnis jangka panjang
Setelah menetapkan visi, langkah logis berikutnya adalah menentukan tujuan bisnis jangka panjang. Tujuan ini memperjelas apa yang ingin Anda lakukan selama lima tahun dan membantu menentukan proses perencanaan dan operasional. Ini juga memberi perusahaan dan staf fokus dan arahan yang lebih besar. Sasaran-sasaran ini tidak terlalu rinci dalam rencana. Bisnis pasti akan menambahkan lebih banyak detail seiring waktu. Menjaganya tetap umum akan lebih bermanfaat untuk mendorong revisi dan penyempurnaan selama periode tersebut.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)