Area Yang Perlu Ditingkatkan Untuk Membantu Kinerja Karyawan (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Human Resources)  Meskipun setiap karyawan harus diperlakukan sebagai individu dan diberikan umpan balik berdasarkan posisi, keahlian, dan hasil kerja mereka, ada beberapa area umum yang perlu ditingkatkan untuk dipertimbangkan saat mengevaluasi kinerja, termasuk:

Kerja sama tim
Tim yang bekerja sama dengan baik dan berkolaborasi secara efektif untuk mencapai tujuan sering kali memecahkan masalah dengan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih baik. Kolaborasi tim juga dapat meningkatkan keberagaman dalam pengambilan keputusan dan meningkatkan alur kerja, membuat segala sesuatunya berjalan lancar dan menghasilkan hasil produk atau layanan yang lebih baik. Cara untuk meningkatkan kerja tim meliputi:
• Bicaralah dengan rekan kerja Anda secara langsung daripada selalu berkomunikasi secara digital
• Berikan umpan balik positif dan pujian kepada rekan kerja saat mereka melakukannya dengan baik
• Jadwalkan aktivitas dan acara tim secara teratur untuk mendorong ikatan di luar tempat kerja

Keterampilan interpersonal
Keterampilan interpersonal menggambarkan kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Keterampilan interpersonal yang baik dapat membantu orang untuk terhubung lebih baik dengan rekan kerja dan pelanggan, menjadikan mereka anggota tim yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan mereka untuk memberikan layanan pelanggan yang hebat. Cara untuk meningkatkan keterampilan interpersonal meliputi:
• Berlatih empati dan mendengarkan secara aktif
• Jaga kontak mata
• Perhatikan bahasa tubuh Anda

Komunikasi
Keterampilan komunikasi yang baik, baik tertulis, verbal, maupun nonverbal, dapat membantu individu untuk bekerja lebih efektif, efisien, dan produktif. Ini juga baik untuk moral dan menciptakan budaya kerja yang positif. Cara untuk meningkatkan komunikasi verbal dan nonverbal meliputi:
• Berbicaralah dengan kolega Anda secara langsung dan
• Dengarkan dengan saksama apa yang dikatakan orang lain
• Latihlah apa yang ingin Anda katakan
• Pantau bahasa tubuh dan nada bicara Anda

Menulis
Banyak pekerjaan yang memerlukan beberapa bentuk penulisan, baik itu membuat laporan, presentasi, proposal, atau korespondensi dengan pelanggan, klien, atau kolega. Jadi, meningkatkan keterampilan menulis Anda dapat menjadi vital bagi pengembangan profesional Anda. Cara untuk meningkatkan keterampilan menulis meliputi:
• Gunakan pemeriksa ejaan dan tata bahasa gratis
• Minta kolega atau manajer untuk mem Baca pekerjaan Anda dan
• Minta umpan balik tentang area yang perlu ditingkatkan
• Tinjau format dan panduan secara berkala

Terima umpan balik
Menerima dan menerapkan umpan balik yang membangun dapat membantu Anda meningkatkan kinerja dan membuat keputusan yang lebih baik, meskipun hal itu memerlukan latihan. Mintalah umpan balik dari kolega Anda sehingga Anda dapat terus meningkatkan kinerja Anda. Cara untuk meningkatkan penerimaan umpan balik adalah:
• Pertahankan sikap tenang dan positif saat menerima umpan balik
• Dengarkan dengan saksama dan ajukan pertanyaan tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan
• Ucapkan terima kasih kepada orang yang memberikan umpan balik untuk menunjukkan penghargaan Anda

Pengorganisasian
Menjadi lebih terorganisasi dapat membantu Anda fokus, menjadi produktif, dan menjadi efisien. Keterampilan berorganisasi yang baik akan membantu karyawan menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu dan dengan stres yang minimal. Cara untuk meningkatkan pengorganisasian dapat mencakup:
• Prioritaskan tugas yang perlu Anda selesaikan setiap hari
• Pertahankan meja yang bersih untuk menghindari kesalahan meletakkan dokumen
• Buat sistem pengarsipan elektronik untuk proyek
• Gunakan pengatur digital

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)