(Businesslounge Journal-Marketing & Services)
Restoran dan bisnis makanan dapat meningkatkan penjualan dan laba mereka dengan menggunakan berbagai strategi pemasaran. Pemasaran untuk restoran dapat melibatkan pengembangan kehadiran daring dan di media sosial, membangun hubungan dengan pelanggan, membuat penawaran, mendiversifikasi bisnis, dan melibatkan audiens dan bisnis untuk meningkatkan kesadaran di area lokal. Jika Anda bekerja di pemasaran restoran dan ingin meningkatkan penjualan, ada berbagai teknik yang dapat Anda gunakan untuk memamerkan bisnis tersebut. Dalam artikel ini, kami memperkenalkan 20 strategi pemasaran restoran yang sukses, mulai dari pemasaran media sosial hingga melibatkan komunitas lokal.
20 strategi pemasaran restoran yang sukses
Berikut adalah daftar 20 strategi pemasaran restoran yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap restoran, mengembangkan reputasi bisnis, dan meningkatkan penawaran Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan. Daftar tersebut mencakup saran untuk mengembangkan strategi pemasaran daring, memanfaatkan pelanggan saat ini sebaik-baiknya, dan menarik pelanggan baru untuk mengunjungi restoran. Lihatlah daftar di bawah ini untuk membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran Anda sendiri:
1. Tingkatkan kehadiran online Anda
Mengembangkan situs web yang jelas, sederhana, dan menarik dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan memungkinkan calon pelanggan menemukan informasi tentang restoran tersebut. Situs web Anda merupakan cerminan dari gaya kuliner dan nilai-nilai restoran tersebut. Karena itu, pastikan Anda memilih desain, tata letak, citra, dan salinan situs web dengan hati-hati untuk memastikannya memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan dan pemahaman yang jelas tentang penawaran restoran tersebut.
2. Kembangkan saluran media sosial Anda
Saluran media sosial memberikan kesempatan untuk terlibat dengan audiens. Saluran tersebut juga dapat membantu Anda menarik pelanggan baru melalui konten yang dikurasi dengan cermat. Anda dapat menggunakan saluran sosial untuk berbagi penawaran, memposting foto dan konten video yang memamerkan hidangan Anda, atau membangun komunitas pengikut dan pendukung setia yang dapat membantu memperkuat pesan Anda ke audiens yang lebih luas.
3. Gunakan pemasaran influencer
Pemasaran influencer menggunakan kekuatan influencer media sosial untuk menyebarkan berita tentang produk dan bisnis. Anda mungkin dapat membayar influencer untuk mengunjungi restoran dan memposting konten promosi ke saluran media sosial mereka. Ini dapat membantu Anda meningkatkan profil restoran secara daring dan membantu Anda menjangkau pelanggan baru.
4. Siapkan layanan pengiriman daring
Menyiapkan bisnis untuk pengiriman daring dapat secara drastis meningkatkan jumlah pelanggan yang dapat dilayani restoran tanpa perlu melayani mereka di restoran itu sendiri. Ada banyak layanan daring dan aplikasi makanan yang menawarkan pengiriman ke rumah. Aplikasi ini dapat membantu restoran memperluas jangkauannya karena mereka menyajikan makanan yang disarankan
5. Gunakan sistem pemesanan daring
Pemesanan daring memungkinkan pelanggan memesan meja di restoran dengan cepat dan mudah. Ini dapat membantu menghemat biaya administrasi untuk bisnis dan menawarkan alternatif pemesanan melalui telepon bagi pelanggan. Sistem pemesanan daring dapat menunjukkan slot pemesanan yang tersedia dan membantu Anda memaksimalkan jumlah tempat duduk yang dipesan di restoran.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)