(Businesslounge Journal-Marketing & Services) Ada banyak ide pemasaran beranggaran rendah yang dapat Anda coba. Beberapa strategi ini melibatkan biaya kecil, tetapi ada juga yang gratis untuk diterapkan. Strategi yang berbeda lebih sesuai untuk jenis bisnis yang berbeda pula. Penting untuk memikirkan cara Anda menjangkau pelanggan dan ide mana yang kemungkinan besar akan memberikan manfaat terbesar. Berikut adalah lanjutan daftar 16 ide pemasaran beranggaran rendah:
11. Adakan Acara
Mengadakan acara adalah cara yang bagus untuk mendapatkan eksposur dan menunjukkan produk serta layanan yang ditawarkan bisnis Anda. Merencanakan dan menjalankan acara mungkin membutuhkan biaya, tetapi tergantung pada jenis acara, Anda mungkin dapat mengatur sesuatu dengan anggaran kecil. Penting untuk memikirkan jenis acara yang relevan dengan bisnis Anda. Setelah Anda merencanakan sesuatu, Anda dapat mengiklankannya secara online dan di area lokal Anda.
12. Selenggarakan Webinar
Untuk beberapa bisnis, acara tatap muka lokal mungkin kurang efektif dibandingkan dengan menjalankan webinar atau acara online. Acara online memungkinkan Anda menjangkau audiens yang jauh lebih luas. Webinar biasanya berupa sesi informatif di mana Anda dapat membagikan keahlian industri dan wawasan Anda kepada calon pelanggan. Ini dapat membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan visibilitas Anda. Anda dapat mempromosikan webinar Anda menggunakan berbagai platform online, termasuk saluran media sosial. Anda juga dapat mempromosikan acara tersebut melalui pemasaran email.
13. Hadiri Acara Jaringan
Menghadiri acara jaringan adalah cara yang berharga untuk bertemu calon pelanggan dan kontak profesional. Ini juga membantu meningkatkan eksposur untuk bisnis Anda. Di acara jaringan dan industri, Anda mungkin juga bertemu dengan kontak yang dapat Anda bentuk kemitraan di masa depan, yang juga dapat mendukung strategi pemasaran Anda. Beberapa acara industri juga dapat memberi Anda ide untuk cara baru dalam memasarkan bisnis Anda.
14. Mulai Program Referensi Pelanggan
Program referensi pelanggan mendorong pelanggan yang ada untuk merekomendasikan orang lain ke bisnis Anda. Biasanya, Anda memberi hadiah kepada kedua pelanggan dengan diskon saat pelanggan baru melakukan pembelian. Ini mendorong loyalitas pelanggan dan membantu merek Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Orang biasanya lebih cenderung membeli produk jika seseorang yang mereka kenal merekomendasikannya, yang berarti bahwa mendorong referensi pelanggan dapat memiliki dampak besar pada penjualan Anda.
15. Gunakan Iklan Facebook
Iklan Facebook dapat menjadi alat yang baik jika Anda memiliki anggaran pemasaran yang kecil. Hal ini karena biaya per klik untuk iklan Facebook bisa cukup rendah. Berbagai faktor memengaruhi biaya rata-rata, termasuk industri tempat Anda beroperasi. Beriklan di Facebook dapat membantu Anda menjangkau audiens yang luas. Jika Anda enggan menghabiskan terlalu banyak uang untuk iklan bayar per klik, menggunakan jenis iklan ini hanya melalui Facebook bisa menjadi pendekatan yang masuk akal.
16. Beli Kartu Nama
Membeli kartu nama biasanya memerlukan biaya, tetapi Anda dapat membeli kartu nama dalam jumlah besar dengan harga yang cukup rendah. Ini adalah cara sederhana untuk membuat bisnis Anda mudah diingat. Jika Anda memiliki kartu nama, sebaiknya selalu membawa beberapa kartu dengan Anda. Ini memudahkan Anda untuk berbagi detail dengan kontak bisnis baru dan calon pelanggan. Anda dapat membuat kartu nama yang menarik secara estetika atau inovatif sehingga orang lebih cenderung menyimpannya.