16 Ide Pemasaran Beranggaran Rendah untuk Mempromosikan Bisnis (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Marketing & Services)

Menggunakan kombinasi pendekatan ini dapat membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran yang bernilai sambil tetap mengontrol biaya secara efektif. Strategi yang berbeda lebih sesuai untuk jenis bisnis yang berbeda pula. Penting untuk memikirkan cara Anda menjangkau pelanggan dan ide mana yang kemungkinan besar akan memberikan manfaat terbesar. Berikut adalah lanjutan daftar 16 ide pemasaran beranggaran rendah:

5. Klaim kredit iklan gratis
Iklan biasanya membutuhkan biaya, tetapi beberapa platform seperti Facebook menawarkan diskon dan kredit iklan gratis. Sebaiknya manfaatkan ini jika tersedia bagi Anda. Anda dapat menjangkau audiens yang besar dengan biaya sedikit atau bahkan tanpa biaya. Penting untuk memikirkan siapa yang ingin Anda targetkan dan bagaimana iklan tersebut dapat menarik mereka agar berhasil beriklan dengan cara ini.

6. Ajukan untuk Penghargaan Bisnis
Mengajukan diri untuk penghargaan bisnis dapat membantu mempromosikan bisnis Anda, bahkan jika organisasi lain yang akhirnya memenangkan penghargaan tersebut. Carilah penghargaan bisnis lokal atau penghargaan yang khusus untuk industri Anda. Biasanya, jika Anda memenangkan penghargaan, Anda akan mendapatkan lencana yang dapat dipasang di situs web Anda. Ini membantu meningkatkan kredibilitas Anda dan mungkin juga dapat meningkatkan penjualan.

7. Coba Pemasaran Guerilla
Pemasaran guerilla lebih cocok untuk jenis bisnis tertentu, misalnya organisasi kreatif. Gaya pemasaran ini lebih menekankan kreativitas daripada pengeluaran. Ada berbagai cara untuk memasarkan bisnis Anda dengan cara ini. Contohnya adalah membuat seni jalanan dengan kapur yang mempromosikan bisnis Anda atau menempatkan stiker bermerk di sekitar area lokal. Cara ini dapat menjadi cara yang berkesan bagi calon pelanggan untuk menemukan bisnis Anda meskipun dengan anggaran yang kecil.

8. Gunakan Pemasaran Konten
Pemasaran konten, seperti berita atau posting blog, adalah cara yang berguna untuk melibatkan audiens Anda tanpa biaya. Pemasaran konten menunjukkan keahlian Anda di bidang tersebut dan dapat membantu meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda. Anda dapat memikirkan berbagai topik menarik untuk audiens Anda dan menyediakan berbagai jenis konten, seperti daftar, posting instruksional, dan artikel pemikiran kepemimpinan. Memulai blog di situs web Anda adalah cara yang nyaman untuk mengelola pemasaran konten Anda.

9. Bermitra dengan Bisnis Lain
Bermitra dengan bisnis lain di industri Anda atau yang berbasis di komunitas lokal membantu Anda mendapatkan lebih banyak eksposur. Ini bisa berupa kemitraan online seperti giveaway atau kemitraan offline seperti acara khusus. Kemitraan juga dapat memberi Anda akses ke pengetahuan industri, strategi pemasaran, dan basis pelanggan yang mungkin sulit Anda jangkau sendiri. Jika Anda melakukan ini, penting untuk menilai secara hati-hati bagaimana Anda dan bisnis lain dapat bekerja sama dan manfaat apa yang dapat diperoleh masing-masing organisasi.

10. Jadikan Tim Anda Duta Merek
Tim Anda dapat bertindak sebagai duta merek dan mendorong teman serta keluarga mereka untuk terlibat dengan bisnis Anda. Ini dapat dilakukan melalui penggunaan produk dan layanan Anda atau dengan berinteraksi di akun media sosial Anda. Memperlakukan anggota tim Anda dengan baik dan mendorong mereka untuk merasa positif tentang bisnis Anda berarti mereka lebih mungkin mempromosikan organisasi kepada orang lain.

(bersambung ke Artikel Selanjutnya)