Apa Itu Manajemen Merek Strategis Dan Mengapa Itu Penting? (Bagian 3)

(Businesslounge Journal – Marketing) Penting untuk mengikuti proses manajemen merek yang eksklusif saat membuat strategi merek Anda. Ini memastikan bahwa Anda mempertimbangkan semua sudut pandang dan menyelaraskan strategi Anda dengan tujuan jangka panjang lainnya, seperti retensi pelanggan, peningkatan pendapatan, dan lainnya. Berikut kelanjutan struktur ini saat membuat strategi merek Anda:

6. Membuat strategi pesan
Terjemahkan posisi merek unik Anda menjadi pesan-pesan untuk audiens target Anda. Ingatlah untuk juga memperhitungkan pemegang saham dan karyawan dalam strategi pesan merek Anda dengan menguraikan apa arti posisi merek bagi mereka. Pastikan Anda mendukung klaim tentang perusahaan Anda dengan bukti yang dapat ditunjukkan sehingga audiens mempercayai pesan Anda sejak pertama kali mendengarnya.

7. Mengembangkan materi pemasaran
Perbarui elemen-elemen merek yang ada untuk mempromosikan nilai-nilai perusahaan baru Anda. Materi pemasaran merek meliputi gambar, logo, simbol, slogan, dan materi promosi lainnya. Ada beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan saat mengembangkan materi pemasaran Anda, termasuk font, warna, ukuran, dan tampilan gambar. Elemen-elemen ini memiliki dampak psikologis pada bagaimana audiens memandang merek Anda. Pastikan bahwa materi pemasaran Anda konsisten di semua platform untuk meningkatkan asosiasi merek.

8. Merencanakan program pemasaran Anda
Pilih platform tradisional dan digital apa yang akan Anda gunakan untuk mengiklankan merek Anda sebelum membuat kampanye iklan. Rencana kampanye Anda perlu menunjukkan bagaimana Anda berencana menggunakan materi pemasaran Anda untuk mengomunikasikan nilai-nilai perusahaan dan posisi merek. Ini dapat memungkinkan Anda mengkomunikasikan pesan perusahaan dengan lebih efektif dan dengan cara yang lebih hemat biaya.

9. Memantau reputasi merek Anda
Penting untuk memantau bagaimana konsumen berinteraksi dengan merek Anda segera setelah Anda meluncurkan kampanye pemasaran. Pantau komentar dan pembagian di media sosial dan identifikasi saluran digital mana yang paling sesuai dengan audiens target Anda. Reaksi awal konsumen terhadap merek Anda membantu Anda memahami poin kuat dan di mana Anda dapat melakukan perbaikan. Ingatlah untuk terlibat dengan umpan balik dan ulasan baik yang positif maupun negatif. Melakukan hal ini memastikan bahwa audiens target Anda mempertahankan pandangan positif tentang merek Anda dan memungkinkan Anda mengontrol bagaimana mereka memandang merek Anda.

10. Sentralisasi materi merek Anda
Sentralisasikan komunikasi dan materi merek Anda sehingga semua kreatif perusahaan tetap sesuai dengan merek. Sentralisasi aset merek berarti aset tersebut mudah diakses dan mudah diukur. Ini juga memastikan bahwa branding konsisten di berbagai saluran dan bahwa semua kreatif bertindak sesuai dengan tujuan perusahaan. Beberapa perusahaan lebih suka menyentralisasi materi merek melalui cara tradisional dengan berbagi pedoman merek dengan pemangku kepentingan secara individual. Sistem manajemen berbasis cloud lebih sering digunakan sebagai mekanisme sentralisasi. Pedoman merek Anda dapat mencakup panduan gaya tentang cara berinteraksi dengan audiens di berbagai saluran, template email, dan frasa umum yang harus dihindari.