(Business Lounge Journal – Global News)
Dengan basis konsumen Amerika Serikat yang boros, makmur, dan semakin muda, sahamnya menghindari sebagian besar kekhawatiran tentang pembelanja Amerika. Namun, sahamnya mengalami sedikit hambatan setelah laporan laba kuartal kedua perusahaan pada hari Jumat lalu.
Amex melaporkan bisnis layanan konsumennya tumbuh 6% tahun ke tahun pada kuartal kedua, turun dari 8% pada kuartal pertama—periode yang dicatatnya memiliki satu hari tambahan tahun ini. Tingkat pertumbuhan itu adalah 10% pada kuartal kedua tahun lalu, dan 27% dua tahun sebelumnya. Saham Amex turun lebih dari 4% pada tengah hari Jumat. Saham ditutup turun 2,7%.
Tentu saja, beberapa dari tingkat pertumbuhan sebelumnya sebagian didorong oleh pemulihan dari kelesuan belanja era pandemi. Namun, investor mungkin khawatir bahwa bahkan lingkungan yang sedikit lebih lunak untuk belanja konsumen kaya dari sini dapat mengancam tujuan perusahaan untuk pertumbuhan pendapatan tahunan dua digit jangka panjang.
Amex memiliki beberapa hal yang mungkin dapat membantu pasar mengatasi kekhawatiran tentang lintasan pengeluaran terbaru dengan cepat.
Pertama-tama, perusahaan memiliki mesin pemasaran yang dapat diandalkan. Hal besar yang membantu perusahaan mendorong pertumbuhan kartu dan menanggapi kekhawatiran tentang dampak pandemi pada kartu, dan daya tarik kartu yang lebih umum bagi konsumen yang lebih muda adalah keberhasilan “penyegaran” produk seperti kartu Gold dan Platinum. Di masa lalu, hal ini menarik banyak perhatian. Dalam beberapa tahun terakhir, Amex menambahkan fasilitas seperti kredit untuk layanan streaming dan pengiriman makanan.
Amex memberi tahu analis bahwa mereka akan meluncurkan penyegaran kartu Gold konsumen AS “dalam beberapa minggu mendatang,” meskipun tidak memberikan rincian lebih lanjut. Jika ini mengulangi keberhasilan sebelumnya, hal itu dapat membantu mendorong akuisisi pemegang kartu yang kuat. Selain itu, hal itu akan membantu perusahaan mengatasi kekhawatiran tentang fakta bahwa mereka memproyeksikan pengeluaran pemasarannya untuk tahun 2024 akan menjadi sekitar $6 miliar, naik $800 juta dari tahun lalu.
Mungkin ada sedikit hubungan terbalik antara pengeluaran konsumen Amex dan kualitas kredit. Sementara konsumen yang kurang mampu mungkin harus membantu anggaran mereka dengan tidak membayar cicilan bulanan, mereka yang lebih kaya dapat mengurangi pembelian untuk bersenang-senang dan fokus membayar tagihan mereka.
Tingkat tunggakan selama 30 hari lebih di Amex untuk pinjaman dan piutang anggota kartu turun menjadi 1,2% pada kuartal kedua setelah naik menjadi 1,3% pada dua kuartal sebelumnya. Rasio cadangan Amex, atau yang disisihkan untuk potensi utang macet sebagai persentase portofolionya, turun dari 2,9% pada kuartal pertama menjadi 2,8%.
Jumlah dolar cadangan yang dibangunnya adalah yang terendah dalam beberapa kuartal, membantu menjaga total biaya penyisihannya tetap stabil dari kuartal ke kuartal. Itu adalah salah satu faktor di balik pertumbuhan laba bersih tahun ke tahun yang melonjak menjadi 39% pada kuartal kedua dari 34% pada kuartal pertama. Kuartal terakhir bisa menjadi jeda yang menyegarkan.