12 Ide Pemasaran Murah Untuk Usaha Kecil (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Marketing & Service)

Usaha kecil sangat bergantung pada pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek, menjangkau audiens target, dan menghasilkan penjualan. Karena sebagian besar bisnis ini bekerja dengan anggaran pemasaran yang ketat, promosi dan periklanan yang efektif dapat menjadi suatu tantangan. Untungnya, ada banyak ide pemasaran yang terjangkau untuk usaha kecil. Dalam artikel ini, kami melihat lebih dekat strategi pemasaran untuk usaha kecil sekaligus memberi Anda tip dan ide pemasaran murah yang berfungsi dengan baik dalam skala kecil.

Apa cara terbaik untuk memulai ide pemasaran untuk bisnis kecil?
Dengan banyaknya ide pemasaran untuk usaha kecil yang tersedia saat ini, mengetahui dari mana memulainya bisa jadi sulit. Bagi usaha kecil, kurangnya sumber daya dan kurangnya visibilitas dapat membuat keseluruhan proses menjadi lebih menegangkan. Salah satu cara mudah untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan mengembangkan strategi pemasaran yang unik. Strategi pemasaran dengan jelas menguraikan bagaimana Anda dapat menjangkau audiens target dan mengubah mereka menjadi pelanggan yang membayar. Ini adalah bentuk perencanaan strategis yang melibatkan banyak analisis, persiapan dan penelitian. Dengan cara ini, Anda dapat menempatkan nama bisnis langsung di hadapan pelanggan yang tepat.

Bagaimana mengembangkan strategi pemasaran untuk usaha kecil
Baik Anda sedang berjuang dengan keterbatasan waktu, anggaran terbatas, atau tim yang lebih kecil, strategi pemasaran dapat memandu Anda saat Anda meningkatkan skala bisnis. Berikut cara mengembangkan strategi pemasaran bisnis kecil yang fungsional:

1. Mulailah dengan sebuah tujuan
Tentukan dengan jelas apa yang ingin Anda capai dengan kampanye pemasaran Anda. Apakah untuk meningkatkan pengunjung website dan konversi dalam jumlah tertentu atau menjangkau lebih banyak konsumen di media sosial? Apa pun tujuan pemasaran Anda, pastikan tujuan tersebut sejalan dengan tujuan bisnis kecil secara keseluruhan.

2. Sempurnakan target audiens dan niche Anda
Banyak usaha kecil berasumsi siapa pun bisa menjadi pelanggan yang membayar, namun kenyataannya tidak demikian. Beriklan ke semua orang hanya akan melemahkan upaya pemasaran Anda, sehingga secara signifikan memengaruhi keuntungan Anda. Adalah bijaksana untuk mengetahui siapa audiens Anda, termasuk penderitaan, masalah, minat, dan pemicunya, sehingga Anda dapat bertemu dan mengatasinya secara efektif melalui pemasaran. Demikian pula, kembangkan ceruk pasar dan identifikasi bagaimana Anda dapat menarik pembeli dalam ceruk tersebut.

3. Mengembangkan proposisi nilai
Ketika sebuah usaha kecil menawarkan sesuatu yang unik, ia memperoleh keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan lain di bidang yang sama. Penting untuk mengembangkan proposisi nilai yang membedakan Anda dari pesaing. Apa pun itu, pastikan itu cukup menarik untuk meyakinkan klien agar bekerja sama dengan Anda, bukan dengan merek lain. Anda bisa memulai dengan menulis proposisi penjualan unik (USP) seperti pengiriman gratis atau layanan dukungan tambahan.

4. Kenali produk/jasa Anda
Sangat penting untuk menentukan fitur dan spesifikasi produk/layanan Anda untuk mengetahui posisi bisnis di industri. Salah satu caranya adalah melalui teknik pemasaran 4P, yang meliputi:
Produk: Periksa apa yang Anda berikan, apa yang membuatnya unik, bagaimana memenuhi kebutuhan prospek Anda dan apakah ada fitur yang dapat Anda tambahkan.
Harga: Berapa tarif yang Anda rencanakan untuk produk/layanan Anda, dan bagaimana harganya dibandingkan dengan pesaing? Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan pangsa pasar Anda.
Promosi: Tentukan bagaimana dan di mana Anda dapat mempromosikan produk/layanan Anda dan apa yang paling menarik bagi audiens Anda.
Tempat: Pertimbangkan tempat menjual produk/jasa Anda, misalnya toko online atau fisik.

5. Tetapkan anggaran
Terakhir, tetapkan anggaran untuk kampanye pemasaran Anda. Sebagai bisnis kecil, pastikan aktivitas pemasaran Anda bermanfaat dan Anda mendapatkan laba atas investasi yang cukup tanpa mengeluarkan terlalu banyak uang. Pikirkan baik-baik tentang alat gratis apa yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran untuk menghemat uang.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)