Jenis Saluran Pemasaran Apa Yang Tepat Untuk Anda? (Bagian 1)

(Businesslounge-Marketing & Service)

Saluran pemasaran adalah berbagai media yang digunakan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Ada banyak saluran pemasaran yang berbeda, termasuk saluran penjualan langsung dan saluran pemasaran terbalik. Mengetahui berbagai saluran pemasaran yang tersedia serta kekuatan dan kelemahan masing-masing saluran dapat membantu Anda menyesuaikan strategi pemasaran dengan audiens dan tujuan Anda. Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi sepuluh jenis saluran pemasaran yang paling umum digunakan dan menawarkan tips tentang cara memilih saluran pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda.

Apa saja jenis saluran pemasaran?
Berbagai jenis saluran pemasaran menggunakan platform online dan offline untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Tenaga penjualan dan pemasar menggunakan web, email, media sosial, iklan berbayar, pemasaran cetak, radio, TV, dan bahkan promosi dari mulut ke mulut untuk mempromosikan bisnis mereka dan meningkatkan kesadaran merek. Saluran pemasaran yang berbeda lebih efektif dalam menjangkau demografi yang berbeda dan mengkomunikasikan jenis pesan yang berbeda kepada calon pelanggan. Memilih saluran pemasaran yang paling sesuai untuk pesan yang ingin Anda sampaikan adalah langkah pertama dalam setiap kampanye pemasaran.

Beberapa kategori saluran pemasaran yang paling umum meliputi:
Penjualan langsung: Penjualan langsung adalah jenis saluran pemasaran yang mencakup penjualan barang dan jasa langsung kepada pelanggan baik online maupun offline. Panggilan dingin adalah contoh penjualan langsung.

Menjual dengan perantara: Beberapa saluran pemasaran mempromosikan barang dan jasa kepada pelanggan melalui perantara seperti pedagang grosir.

Distribusi ganda: Distribusi ganda mengacu pada ketika perusahaan menggunakan beberapa saluran pemasaran berbeda untuk menjual produk ke pelanggan.

Pemasaran terbalik: Pemasaran terbalik melibatkan mendorong pelanggan untuk mengembalikan barang ke produsen atau pemasok untuk didaur ulang.

Saluran pemasaran adalah kuncinya karena saluran tersebut memengaruhi jangkauan dan dampak pemasaran Anda. Memilih saluran pemasaran yang tepat membantu pemasar menjangkau pelanggan yang mungkin akan melakukan pembelian dan menyebarkan kesadaran akan merek mereka di pasar sasaran mereka. Pemasar mempertimbangkan banyak faktor ketika memilih saluran pemasaran, termasuk biaya pemasaran, produk yang ingin mereka pasarkan, demografi yang mereka tuju, dan pesan yang ingin mereka komunikasikan.

10 jenis saluran pemasaran
Jika Anda mencoba memutuskan jenis saluran pemasaran mana yang paling sesuai untuk kampanye pemasaran Anda berikutnya, berikut adalah sepuluh saluran pemasaran umum yang perlu dipertimbangkan, beserta kekuatan dan kelemahan masing-masing saluran:

1. Panggilan dingin (cold calling)
Panggilan dingin adalah metode komunikasi pemasaran yang memungkinkan pemasar menjangkau prospek baru. Saluran pemasaran ini melibatkan panggilan ‘dingin’ dan menjelaskan manfaat produk dan layanan perusahaan kepada calon pelanggan melalui telepon. Bentuk pemasaran ini memakan waktu dan pemasar sering kali melakukan beberapa panggilan sebelum mereka menemukan pelanggan yang terlibat dengan panggilan tersebut, namun ini juga merupakan cara yang efektif untuk menarik pelanggan baru bagi perusahaan yang memiliki waktu dan sumber daya untuk mendedikasikan diri pada panggilan dingin. Beberapa bisnis menindaklanjuti panggilan dingin dengan email untuk beralih ke pemasaran email.

2. Pencarian organik
Pencarian organik mengacu pada pelanggan yang mengunjungi situs web atau halaman media sosial Anda karena mereka menemukannya di mesin pencari. Perusahaan yang ingin meningkatkan jangkauannya melalui pencarian organik berinvestasi dalam SEO, atau optimasi mesin pencari. SEO melibatkan pengoptimalan konten halaman web agar tampil lebih menonjol ketika pengguna mencari istilah yang relevan di mesin pencari. Hal ini memudahkan lebih banyak calon pelanggan menemukan situs web Anda secara alami dan meningkatkan jangkauan Anda secara organik. Ini adalah solusi berbiaya relatif rendah yang sering dipasangkan oleh bisnis dengan jenis saluran pemasaran lainnya.

3. Media sosial
Pemasaran media sosial adalah cara efektif untuk menjangkau khalayak muda yang mungkin menggunakan media sosial sebagai metode komunikasi utama mereka dengan merek. Bisnis menyiapkan halaman media sosial dan memposting konten yang relevan untuk menghibur dan mendidik pengikut mereka dan menggunakan media sosial untuk memposting promosi dan informasi tentang produk dan layanan baru. Menumbuhkan kehadiran media sosial Anda adalah cara yang hemat biaya untuk meningkatkan jangkauan dan membangun kepercayaan antara merek dan pelanggannya, dan memilih situs media sosial yang tepat untuk memposisikan diri Anda dapat membantu Anda menjangkau audiens yang Anda targetkan.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)