Cara Menulis Rencana Penjualan (Bagian 2)

Apakah Ekperimen Pemasaran dan Kapan Perusahaan Menggunakannya? (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Marketing & Service)

Pelanggan merespons materi pemasaran yang berbeda dengan cara yang berbeda-beda, bergantung pada sifat spesifik produk dan iklan yang dimaksud. Ini berarti bahwa perusahaan yang menemukan kombinasi sempurna antara produk dan periklanan adalah kunci untuk mencapai tingkat penjualan setinggi mungkin. Di sinilah penggunaan eksperimen pemasaran adalah kunci untuk mendapatkan hasil bisnis terbaik. Dalam artikel ini, kita membahas apa itu ekperimen pemasaran, waktu perusahaan menggunakan eksperimen pemasaran, dan beberapa manfaat utama bagi perusahaan yang menggunakan eksperimen pemasaran dalam berbagai situasi berbeda.

Apa itu ekperimen pemasaran?
Ekperimen pemasaran, adalah alat penelitian yang digunakan perusahaan, untuk mengidentifikasi teknik dan pesan pemasaran terbaik untuk memengaruhi sebanyak mungkin pelanggan. Departemen pemasaran menggunakan eksperimen pemasaran sebelum menerapkan kampanye pemasaran penuh. Hal ini karena eksperimen pemasaran memberikan perspektif menyeluruh tentang praktik pemasaran yang lebih baik dan bagaimana perusahaan memanfaatkan peluang pemasaran yang tersedia. Eksperimen pemasaran menetapkan tiga aspek kunci dari kampanye pemasaran di masa depan.

Masing-masing aspek berikut mempengaruhi konten dan kinerja kampanye pemasaran:
-Subyek : Ini mencakup target konten pemasaran. Misalnya, menetapkan kelompok usia, tingkat pendidikan, dan perilaku pembelian audiens potensial yang berbeda akan mempengaruhi konten dan sifat kampanye pemasaran.
-Kondisi: Kondisi dimana jenis pemasaran tertentu paling efektif. Peneliti mengubah variabel ini saat mereka mencari kesimpulan yang lebih akurat tentang perilaku konten pemasaran mereka.
-Efek: Ini mengukur pengaruh kampanye pemasaran terhadap audiens target. Efek pelacakan secara konsisten memastikan hasil yang lebih baik bagi perusahaan saat menggunakan kampanye mereka.

Kapan perusahaan menggunakan eksperimen pemasaran?

Perusahaan menggunakan eksperimen pemasaran dalam berbagai situasi berbeda. Ini adalah bagian penting dari keberhasilan departemen pemasaran, karena mengatur waktu eksperimen dengan baik berarti perusahaan memiliki kampanye pemasaran seefektif mungkin. Pelajari lebih lanjut tentang kapan perusahaan menggunakan eksperimen pemasaran dan mengapa saat-saat ini bermanfaat bagi perusahaan:

Sebelum kampanye pemasaran
Salah satu waktu terpenting untuk eksperimen pemasaran adalah sebelum memulai kampanye pemasaran. Hal ini terjadi karena beberapa alasan. Terutama, perusahaan merencanakan kampanye pemasaran berdasarkan pengetahuan mereka tentang pelanggan dan seluruh pasar. Eksperimen pemasaran adalah peluang untuk membangun tingkat pengetahuan pasar yang lebih tinggi, jadi menggunakan eksperimen pemasaran sebelum merencanakan kampanye pemasaran memastikan bahwa Anda memiliki pengetahuan penuh tentang konteksnya segera sebelum menggunakan informasi yang tersedia.

Dalam pengembangan produk
Tahap pengembangan produk dalam operasi perusahaan Anda adalah bagian penting lainnya dari proses eksperimen pemasaran. Sebuah produk berhasil, setidaknya sebagian, berkat kekuatan kampanye pemasarannya. Perusahaan menggunakan eksperimen pemasaran sebelum mengembangkan produk sepenuhnya, sehingga menciptakan pemahaman tentang bagaimana pengembangan produk bekerja bersama-sama dengan rencana pemasaran. Perusahaan menyesuaikan produk agar sesuai dengan target audiens idealnya, dan produk mendapat manfaat dari tingkat informasi yang lebih besar yang dimiliki perusahaan mengenai target pasarnya.

Ketika hasil pemasaran terhenti
Dalam beberapa kasus, sebuah perusahaan menggunakan satu produk selama beberapa tahun pada suatu waktu. Artinya, satu kampanye pemasaran berpotensi kehilangan dampak terhadap pelanggan dalam jangka panjang. Sebagai tanggapannya, perusahaan menggunakan eksperimen pemasaran jika diperlukan, memperbarui pengetahuan mereka tentang lanskap pemasaran dan membangun pemahaman yang lebih baik tentang audiens target. Artinya, perusahaan memperbarui materi pemasaran secara kompeten dan mengembangkan periklanan terbaik dalam jangka panjang, terutama bila berkaitan dengan produk dengan umur panjang di industri.

Apa manfaat menggunakan eksperimen pemasaran?

Ada beberapa manfaat signifikan menggunakan eksperimen pemasaran dalam perusahaan, yang semuanya memandu dan meningkatkan kampanye pemasaran dalam jangka panjang. Memahami hal ini berarti departemen pemasaran mendapat manfaat dari pemahaman yang lebih baik tentang target pasar dan menghasilkan konten pemasaran yang jauh lebih efektif. Pelajari beberapa manfaat utama eksperimen pemasaran di bawah ini dan dampaknya terhadap kampanye pemasaran dalam jangka panjang:

Belanja lebih efisien
Salah satu manfaat utama menggunakan eksperimen pemasaran adalah organisasi mengeluarkan biaya dengan cara yang jauh lebih efisien. Memiliki pemahaman pasar yang komprehensif berarti pembelanjaan menargetkan bagian pasar yang sangat spesifik. Perusahaan membelanjakan visibilitas terhadap orang-orang yang memiliki minat khusus terhadap produk dibandingkan menggunakan sumber daya untuk prospek pembelian yang kurang layak. Ini berarti bahwa perusahaan mengeluarkan lebih sedikit uang untuk kampanye pemasaran mereka dan menargetkan lebih banyak pembelian, yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi kampanye pemasaran.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)