(Business Lounge Journal-Entrepreneurship)
Untuk membantu Anda menentukan apakah Anda memiliki apa yang diperlukan, inilah yang dikatakan 25 pendiri perusahaan dan pemimpin bisnis tentang apa yang menurut mereka membuat wirausahawan yang benar-benar sukses:
“Kewirausahaan adalah panggilan hidup yang tak terhindarkan yang dikejar oleh mereka yang cukup beruntung untuk mengambil peluang. [Mereka] cukup optimis untuk percaya pada diri mereka sendiri, cukup sadar untuk melihat masalah di sekitar mereka, cukup keras kepala untuk terus maju, dan cukup berani untuk bertindak lagi dan lagi. Kewirausahaan bukanlah sesuatu yang Anda lakukan karena Anda memiliki ide. Ini tentang memiliki kreativitas untuk mempertanyakan, kekuatan untuk percaya dan keberanian untuk bergerak.” – Jordan Fliegel, direktur pelaksana di Techstars
“Kamu mungkin juga perlu sedikit penantang. Terkadang dibutuhkan seseorang yang berpikir berbeda dari kawanan untuk memulai sesuatu yang baru dan menentang peluang.” – Akshay Khanna, pendiri dan CEO CareClinic
“Kewirausahaan adalah melihat peluang dan mengumpulkan sumber daya untuk mengubah kemungkinan menjadi kenyataan. Ini mewakili kebebasan untuk membayangkan sesuatu yang baru dan mewujudkannya. Ini termasuk risiko, tetapi juga termasuk imbalan dari menciptakan warisan.” – Maia Haag, salah satu pendiri dan presiden I See Me! Buku dan Hadiah yang Dipersonalisasi
“Seorang pengusaha harus bisa menerima kegagalan. Semua orang berpikir bahwa mereka dapat menerima kegagalan sampai mereka berhadapan langsung dengan kegagalan dalam hal utama yang telah mereka lakukan. Untuk menjadi pengusaha sukses, Anda harus menjadi seseorang yang mampu mengambil risiko kegagalan di tingkat pribadi yang paling dalam.” – Steven Benson, pendiri dan CEO Badger Maps
“[Pengusaha] harus bisa pivot. Jika sesuatu tidak berhasil, mempertahankannya tidak akan membuat Anda sukses. Tetapi mengubah pendekatan Anda, mengubah model bisnis Anda, mengubah rencana Anda agar berhasil adalah kekuatan porosnya. Anda mudah beradaptasi terlepas dari apa yang dilemparkan kepada Anda. ” – Michael Maher, kepala petugas ide Kartologi
“Kewirausahaan adalah tentang selalu bergerak maju: tidak pernah berhenti, tidak pernah membiarkan keraguan diri atau ketakutan mengambil alih dan percaya dengan sepenuh hati bahwa bahkan keputusan yang salah lebih baik daripada tidak sama sekali.” – Adam Sherwin, pendiri Viakix
“Pengusaha adalah para pemimpi dan visioner. Tanpa mereka, dunia mandek dan kemajuan berhenti. Masyarakat membutuhkan pengusaha dengan cara yang sama seperti tubuh membutuhkan udara.” – Cynthia Kirkeby, pendiri Seasonally Fresh
Bagaimana menjadi seorang pengusaha
Tidak ada jalan tunggal untuk menjadi pengusaha sukses. Banyak dari itu bisa terjadi karena memiliki keterampilan, pola pikir, dan ide yang tepat pada waktu yang tepat untuk beresonansi dengan publik. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda memulai bisnis yang berkembang.
Temukan ide yang tepat. Kewirausahaan bukan hanya tentang menemukan ide yang menguntungkan; ini tentang menemukan seseorang yang Anda sukai untuk dikejar. Hampir semua industri memiliki ruang untuk wirausahawan baru, dan mengidentifikasi subjek yang paling Anda minati dapat memotivasi Anda untuk tetap berada di jalur.
Kembangkan rencana untuk bisnis Anda. Tidaklah cukup untuk mengatakan Anda ingin memulai bisnis; Anda juga membutuhkan rencana yang solid tentang bagaimana melakukannya. Rencana bisnis dapat membantu memperkuat tujuan keuangan yang ingin Anda capai. Ini juga dapat memberi tahu Anda cara menjangkau mereka sambil menarik calon investor untuk mendanai usaha Anda.
Tentukan klien Anda. Tidak banyak bisnis menjadi sukses tanpa melayani pelanggan atau klien. Sebagian besar usaha tidak akan menarik bagi setiap anggota masyarakat secara setara, tetapi Anda dapat mengukur minat pada ide Anda sebelum membuka pintu. Demografi orang-orang yang paling tertarik dengan bisnis Anda dapat membantu Anda membuat keputusan lain, seperti lokasi toko dan pembelian iklan.
Jual ide Anda. Bahkan jika produk atau layanan Anda telah menarik minat di antara teman, keluarga, atau forum online, itu adalah ukuran sampel yang kecil. Anda perlu memahami apa yang dipikirkan publik. Memasarkan ide Anda di tempat yang tepat dan menyoroti apa yang membedakannya dari pesaing dapat membantu menarik orang ke bisnis Anda.
Temui orang lain di bidang Anda. Kemungkinan besar ada orang-orang di industri Anda yang keahliannya di bidang tertentu dapat menguntungkan bisnis pemula Anda. Jaringan yang tepat dapat menghubungkan Anda dengan orang-orang yang darinya Anda dapat memperoleh pengetahuan yang berharga atau mendapatkan dukungan keuangan. Anda bahkan layak mengikuti akun Instagram bisnis untuk belajar dari rekan dan pakar.
Internet telah menyediakan banyak sumber daya bagi orang-orang tanpa gelar sarjana untuk mempelajari keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.
Nilai Panduan
Nilai-nilai apa yang mungkin sangat penting dalam membimbing wirausahawan? Satu set nilai yang sangat provokatif dan mencerahkan telah muncul dari komunitas penduduk asli Amerika. Michele Lansdowne, dari suku Salish dan Kootenai di Montana, dan Lisa Little Chief Bryan, dari suku Lakota di South Dakota, telah mengembangkan kurikulum kewirausahaan yang berfokus pada pertanyaan, pilihan, dan hambatan yang mungkin dihadapi pengusaha ketika mengembangkan bisnis mereka di India. Daftar nilai mereka dan cara mereka mengikat nilai-nilai ini dengan pengembangan bisnis dapat menjadi panduan bagi kita masing-masing.
Keberanian. Dalam mengenali dan mengejar serta peluang, seorang wirausahawan membutuhkan keberanian. Keberanian, yang muncul dari kreativitas alami dan semangat yang teguh, membantu wirausahawan mengatasi keputusasaan dan bahkan kekalahan pada tahap awal pembentukan perusahaan.
Penglihatan. Visi memandu wirausahawan melalui proses perencanaan bisnis, memperjelas peluang, dan menetapkan tujuan bagi organisasi. Visi memungkinkan pengusaha untuk melihat masa lalu posisinya saat ini dan melampaui sumber daya yang terbatas untuk lebih menghargai potensi usaha.
Menghargai diri sendiri dan orang lain. Menghargai diri sendiri dan orang lain sangat penting. Hal ini memungkinkan individu untuk menghargai usahanya, berhubungan secara efektif dengan keluarga dan masyarakat, dan memotivasi orang lain. Rasa hormat ini, yang berasal dari kebanggaan, harapan, dan semangat, membebaskan pengusaha dari hambatan harga diri rendah, keputusasaan, dan kemarahan.
Memercayai. Kepercayaan adalah bagian tak terpisahkan dari upaya pemasaran seiring pertumbuhan perusahaan. Kepercayaan, yang dihasilkan dari keandalan, kasih sayang, dan kelembutan, memungkinkan wirausahawan mengatasi ketidakpercayaan, keegoisan, dan kekejaman saat perusahaan berurusan dengan karyawan, pelanggan, dan vendor.
Kejujuran. Seorang wirausahawan harus jujur dalam membiayai perusahaan dan mengelola aset perusahaan. Kejujuran, yang berasal dari ketegasan dalam mengambil risiko dan membuat pilihan, memungkinkan pengusaha menghindari keamanan palsu dan tetap tenang di tengah situasi yang membingungkan.
Kemurahan hati. Dalam mengarahkan manajemen dan operasi bisnis yang sedang berkembang, seorang wirausahawan harus bermurah hati. Kedermawanan, yang berkembang dari mendukung dan memimpin orang lain, memungkinkan seorang wirausahawan untuk menghilangkan bias rasial, mengurangi penolakan terhadap perubahan, dan menyembuhkan disfungsi dalam organisasi.
Ketabahan. Seorang wirausahawan membutuhkan ketabahan untuk menjaga bisnisnya tetap kuat dan pada akhirnya membuahkan hasil. Ketabahan, yang berasal dari ketekunan, realisme, dan konsistensi, memperkuat wirausahawan dari pemikiran yang tersebar dan menyerah
Nilai kewirausahaan
Menjadi pengusaha sukses bukanlah jalan yang mudah. Seringkali dibutuhkan kerja keras, kecerdikan, dan ketekunan yang jauh lebih banyak daripada pekerjaan yang biasa, namun tetap saja tidak berhasil dalam jangka panjang. Namun, berhasil sebagai pengusaha bisa menjadi salah satu pengalaman yang paling berharga, karena Anda melakukannya dengan cara Anda sendiri dan mempengaruhi masyarakat pada saat yang sama. Bagi banyak orang, penghargaan itu sangat berharga. Tidak pernah ada jaminan bahwa sebuah ide akan berhasil, tetapi Anda tetap akan melihat banyak orang memulai bisnis mereka sendiri. Bagaimanapun, kegagalan itu adalah sesuatu yang tidak pasti.