(Business Lounge Journal – Marketing)
Bagi banyak bisnis, upaya pemasaran diperlukan untuk menjangkau audiens lokal dan sekarang kita akan membahas pentingnya strategi pemasaran lokal untuk usaha kecil. Pemasaran lokal mengacu pada strategi yang menargetkan audiens regional di dekat bisnis Anda. Pemasaran lokal sangat efektif untuk bisnis yang terkait dengan lokasi fisik, seperti restoran, operasi ritel butik, dan juga jasa advisor profesional. Strategi pemasaran lokal bisnis kecil Anda dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan gratis; tips ini akan membantu Anda meningkatkan upaya pemasaran lokal Anda. Strategi ini ditujukan untuk pemilik bisnis kecil yang ingin menerapkan strategi pemasaran lokal untuk menargetkan audiens yang dekat dengan lokasi bisnis Anda.
Pemasaran lokal adalah elemen penting dari strategi pemasaran yang lebih besar untuk bisnis kecil, karena dapat menampilkan merek Anda di depan audiens lokal yang lebih luas. Tapi apa yang dapat Anda lakukan sebagai pengusaha untuk meningkatkan jangkauan bisnis kecil Anda dengan audiens lokal?
Apakah itu pemasaran lokal?
Pemasaran lokal menargetkan audiens yang berbasis di kota atau wilayah yang sama dengan bisnis Anda. Ini ditujukan untuk orang-orang yang berada dalam radius tertentu dari lokasi fisik Anda – umumnya berdasarkan jarak mengemudi yang wajar – yang mungkin secara realistis mereka akan membeli produk atau layanan Anda kapan saja.
Misalnya, jika Anda menjalankan restoran di daerah Tanjung Duren Jakarta Barat, maka mengarahkan lalu lintas situs web dari daerah Bogor tidak akan banyak membantu Anda. Sebaliknya, Anda perlu menggunakan taktik pemasaran lokal untuk memastikan bahwa mayoritas audiens Anda memang berada cukup dekat sehingga mereka dapat datang langsung ke restoran Anda atau memesan pengiriman secara online.
Pendekatan terbesar yang harus diambil seseorang adalah benar-benar memahami kepada siapa mereka mencoba menjual, manfaat apa yang dapat diperoleh orang dari produk atau layanan tersebut, dan kemudian menyampaikan informasi itu di awalnya. Hal itu benar di semua pemasaran, tetapi terutama dalam hal strategi pemasaran lokal. Bagian penting dari informasi utama yang harus Anda sampaikan kepada audiens Anda adalah di mana bisnis Anda berada.
Tujuan di balik strategi pemasaran lokal adalah membelanjakan anggaran pemasaran dan periklanan Anda dengan lebih efisien. Pemasaran digital adalah alat yang efektif untuk bisnis dari semua ukuran. Namun, jika Anda adalah bisnis lokal dan Anda gagal mendapatkan daya tarik dengan audiens lokal, biaya pemasaran Anda akan sia-sia. Tidak semua lalu lintas dibuat sama; strategi pemasaran lokal memastikan bahwa Anda menargetkan audiens yang tepat bagi bisnis Anda.
Pemasaran lokal menargetkan orang-orang dalam radius tertentu dari bisnis Anda. Ini dapat meningkatkan tingkat konversi dengan mempersempit fokus upaya pemasaran digital Anda ke calon pelanggan terdekat.
Jenis bisnis apa yang diuntungkan dari pemasaran lokal?
Banyak bisnis yang bisa mendapatkan keuntungan dari pemasaran lokal, tetapi ada beberapa jenis bisnis yang pemasaran lokalnya mutlak diperlukan. Restoran adalah contoh terbaik karena merupakan lokasi fisik yang menawarkan layanan makan di tempat, untuk dibawa pulang, atau pesan antar. Secara alami, sebuah restoran sangat berkaitan dengan lokasi fisiknya.
Contoh bagus lainnya dari bisnis yang membutuhkan pemasaran toko lokal adalah toko ritel. Meskipun operasi ritel kecil sering kali memiliki toko online pada akhir-akhir ini, pemasaran lokal dapat meningkatkan kunjungan toko dan juga kesadaran akan merek lokal. Ini sangat penting untuk toko ritel butik kecil yang bersaing dengan rantai besar.
Demikian pula, layanan profesional seperti kantor pengacara dan akuntan harus menggunakan strategi pemasaran lokal. Meskipun mungkin lebih tepat untuk memberikan jaringan regional untuk layanan ini, sangat penting bagi penasihat profesional untuk terhubung dengan sebagian besar audiens lokal. Ada beberapa pengecualian penting untuk aturan ini, seperti perusahaan pemasaran digital, yang sering beroperasi sepenuhnya secara digital.
Meskipun ada banyak bisnis yang memerlukan strategi pemasaran lokal, jenis bisnis lain juga harus mempertimbangkan untuk menerapkan pemasaran lokal. Hanya karena strategi lokal bukan prioritas Anda, bukan berarti Anda tidak dapat memperoleh manfaat dari menangkap audiens yang lebih luas di kota atau wilayah tempat bisnis Anda berada.