(Bussineslounge Journal-News & Insight) Sejak diluncurkannya aplikasi InaExport.id pada 11 April 2022 maka jumlah pengguna terus meningkat. Aplikasi pelayanan ekspor nonmigas satu pintu ini digunakan tidak hanya oleh mereka yang dari dalam negeri, tetapi juga yang berasal dari luar negeri.
Dalam aplikasi Inaexport terdiri atas informasi yang dapat diakses untuk umum dan juga terdapat informasi yang hanya bisa diakses oleh pengunjung yang sudah terdaftar sebagai anggota.
Aplikasi Inaexport ini memiliki beberapa jenis keanggotaan. Pertama adalah keanggotaan sebagai eksportir, dalam aplikasi ini eksportir memperoleh informasi lain yang lebih lengkap seperti laporan hasil intelijen pasar, informasi kegiatan pameran, misi dagang, serta pelatihan ekspor.
Melalui aplikasi ini eksportir yang terdaftar dapat mempromosikan perusahaannya, menampilkan profil produk yang diproduksi. Bahkan memiliki peluang untuk mendapatkan permintaan (inquiry) dari buyer dan perwakilan perdagangan di luar negeri. Eksportir juga bisa melakukan komunikasi langsung atau chatting.
Keanggotaan yang kedua, sebagai buyer, mendapatkan informasi tentang profil perusahaan pemasok dan produknya, mengajukan permintaan (inquiry) kepada satu atau beberapa pemasok, melakukan order produk, melakukan tawar menawar melalui komunikasi langsung dengan pemilik produk, serta informasi terkait lainnya.
Keanggotaan yang ketiga adalah perwakilan perdagangan di luar negeri, dimana mereka bertugas memverifikasi profil buyer yang berasal dari negara akreditasi dan juga dapat mengajukan permintaan
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi berbasis daring InaExport.id ini maka aplikasi ini dapat digunakan para pelaku eskpor untuk bisa melakukan promosi atas produk unggulan mereka. Aplikasi InaExport.id ini sendiri telah mengarahkan eksportir nasional untuk mengarah pada pengembangan yang positif dari ekspor nasional. Sehingga seluruh pelaku ekspor dapat mengoptimalkan manfaatnya.
Ada empat keunggulan yang utama dari aplikasi InaExport.id, yaitu keunggulan pertama, ciptakan ekosistem dagang yang kondusif bagi pelaku usaha dan buyer di InaExport.id dimana pengguna diverifikasi terlebih dahulu oleh Kemendag saat mendaftar sebagai anggota. Sehingga aplikasi InaExport.id ini akan meminimalisasi peluang kejahatan digital yang bisa terjadi dalam aktivitas ekspor di era digital.
Keunggulan kedua yaitu sediakan fasilitas etalase virtual sehingga pelaku usaha ekspor dapat menampilkan produk unggulan mereka, lengkap dengan informasi dan spesifikasinya untuk membantu buyer memilih produk.
Keunggulan ketiga, aplikasi ini di dalamnya menjadi media komunikasi langsung daring berbasis fitur chat yang membantu mempermudah terjadinya kontak antara pelaku usaha ekspor dengan buyer potensial.
Keunggulan keempat, aplikasi InaExport.id sediakan fitur inquiry dan rencana kegiatan penjajakan kesepakatan bisnis (business matching) dimana didalamnya pelaku usaha bisa aktif berkomunikasi mencari peluang ekspor.
Didi juga sampaikan bahwa pengembangan terus dilakukan atas aplikasi InaExport.id supaya nantinya memiliki fitur konsultasi bisnis, katalog elektronik, pameran virtual, aplikasi berbasis mobile, juga akan ditambahan bahasa asing lainnya untuk mengakomodasi kebutuhan buyer dari berbagai belahan dunia. Aplikasi ini akan terus diupdate sesuai dengan dinamisnya perubahan digital yang ada dan sesuai kebutuhan seluruh penggunanya.