(Business Lounge Journal – Interview Session)
Vidjongtius, Dirut Kalbe Farma adalah seseorang yang berpikir visioner. Di dalam wawancara eksklusif dengan Vibiz Media baru-baru ini, Vidjongtius menyampaikan bahwa pada masa kini, terlebih setelah pandemi terjadi penting untuk memperhatikan konsumen milenial.
Kita tahu bahwa pada saat ini mereka yang berada di usia produktif adalah generasi milenial. Definisi milenial disini adalah mereka yang lahir di antara tahun 1980 hingga tahun 2000. Konsumen milenial ini sangat perlu diperhitungkan. Jumlah milenial di Indonesia menurut Biro Pusat Statistik pada tahun 2019 adalah 63,5 juta orang. Sedangkan jumlah usia produktif di Indonesia adalah 179,1 juta orang. Hal ini membuat milenial Indonesia menjadi mesin utama pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Milenial sangat akrab dengan teknologi dan segala sesuatunya mengikuti jaman ketika milenial hidup. Di jaman serba digital seperti ini, konsumen milenial menginginkan segala sesuatunya serba cepat dan mudah. Milenial juga sangat akrab dengan sosial media dan teknologi. Milenial sangat mau merogoh koceknya untuk barang atau jasa yang mereka sukai dan menarik hatinya. Milenial tidak peduli apa kata orang tapi cenderung percaya pada pengalaman mereka sendiri. Itu sebabnya customer experience menjadi sangat penting bagi milenial. Studi Nielsen pada tahun 2015 menunjukkan bahwa milenial yang merupakan lebih royal menghabiskan duitnya untuk kebutuhan yang bersifat lifestyle dan experience. Contohnya misalnya nonton di bioskop, jalan-jalan, fine dining perawatan tubuh, wajah, rambut bahkan juga perbankan yang mengedepankan customer experience ataupun belanja online dengan good services.
Bila sudah merasakan sendiri pengalaman membeli, memakai, menggunakan servis dari suatu produk atau jasa maka milenial dapat menjadi corong “mouth to mouth” marketing. Nilai-nilai dan aspirasi generasi milenial ini sangat membentuk perilaku mereka sendiri sebagai konsumen.
Sedangkan menurut Vidjongtius, konsumen milenial memiliki ciri sebagai berikut:
- Merupakan konsumen yang cepat belajar sehingga informasi dan edukasi menjadi penting bagi mereka
- Milenial adalah konsumen yang menuntut kalau sedang butuh apa harus ada. Itu sebabnya same day service, kualitas service adalah keharusan, services online benar-benar harus ditingkatkan.
Semua ini akan menjadi perubahan perilaku konsumen dan menjadi cara baru di masa depan walaupun suatu hari nanti COVID-19 mungkin sudah selesai. Namun semua tentunya harus beradaptasi menjadi cara baru tadi.
Nah, bagaimana melibatkan konsumen milenial di dalam produk kita, benar-benar harus dipikirkan. Ya memang, hal ini memang harus diusahakan oleh setiap pebisnis untuk memikirkan agar tidak kehilangan konsumen potensial ini. Jadi pada masa kini dan di kondisi pandemi yang mempercepat digitalisasi sudah jelas bahwa industri yang tidak mau berubah akan tertinggal. Semua harus mengikuti percepatan jaman. Siap atau tidak siap semua kita harus menyadari bahwa jaman telah berubah dan kita sedang menyongsong suatu era baru yang penuh dengan digitalisasi. Siap-siaplah bertransformasi atau tertinggal!