Komponen yang Harus Ada Dalam Suatu Perencanaan Bisnis

(Business Lounge – Manage Your Business) – Ada pepatah yang mengatakan “Failing to plan is planning to fail.” Sebagai seorang pemilik bisnis, penting sekali untuk kita melihat nilai perencanaan dan persiapan yang matang.

Bila Anda baru saja memulai bisnis Anda, mungkin Anda tergoda untuk terjun langsung ke bagian yang lebih kreatif dan lebih menarik. Tetapi penting sekali untuk Anda meletakkan dasar pertama yang kuat. Apa sebenarnya artinya ini? Anda perlu membuat rencana bisnis untuk startup Anda. Terdengar tidak menarik dan membosankan, kan? Tetapi jika dilakukan dengan baik, rencana bisnis Anda akan menjadi roadmap menuju kesuksesan.

Tidak ada keraguan tentang hal itu, perencanaan bisnis dapat menjadi sesuatu yang menakutkan. Mendengar seseorang mengucapkan hal itu sudah cukup membuat kita tergetar. Tapi saya jamin, itu tidak serumit kelihatannya. Anggap saja seperti sedang mengerjakan suatu teka-teki: Anda hanya perlu memiliki potongan yang tepat.Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sih untuk mengetahui potongan apa yang Anda butuhkan. Jangan takut! Penjelasan di bawah ini akan menjelaskan komponen penting dari perencanaan bisnis.

Tentu saja, perencanaan bisnis akan bervariasi berdasarkan jenis bisnis Anda dan tujuan dari perencanaan bisnis itu sendiri (apakah itu hanya untuk referensi Anda atau Anda menggunakannya untuk mendekati investor?). Tapi elemen penting ini akan membantu Anda memulai suatu perencanaan bisnis. Selamat membuatnya !

1. Overview

Sebelum Anda bisa masuk ke hal-hal seperti anggaran dan strategi pemasaran, Anda harus terlebih dahulu memberikan gambaran umum dari bisnis Anda. Ringkasan ini harus menyentuh semua aspek tentang bisnis Anda.

Apa struktur bisnis Anda? Apakah Anda kepemilikan tunggal, kemitraan dan lainnya? Apa misi dan tujuan? Di mana akan Anda berada? Apa cara Anda melakukan bisnis? Apakah Anda seorang bisnis online atau akan Anda memerlukan para ahli?

Anda mungkin merasa sedikit kewalahan oleh pertanyaan-pertanyaan ini pada awalnya dan itu benar-benar normal. Hanya duduk dengan notepad dan pena, melakukan penelitian, dan mulai mencatat dasar-dasar bisnis Anda. Anda akan membuat pertanyaan-pertanyaan ini dijawab dalam waktu singkat!

2. Produk dan Layanan

Dalam suatu bisnis, Anda perlu menawarkan sesuatu kepada pelanggan. Jadi, rencana bisnis Anda juga harus menjelaskan produk dan/atau jasa.

Demi organisasi, itu ide yang bagus untuk mengkategorikan produk dan jasa Anda. Misalnya, jika Anda memulai bisnis desain undangan, Anda mungkin ingin mengklasifikasikan jasa desain Anda dengan jenis acara, seperti pernikahan, acara perusahaan, liburan, dan lainnya.

Ketika melakukan hal ini, Anda juga harus menulis deskripsi singkat dari setiap produk atau layanan.
Hal ini tidak hanya membuat rencana bisnis yang rinci dan komprehensif, tetapi juga akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk menyelesaikan bagian lainnya.

3. Penjualan dan Marketing Plan

Setelah Anda menuliskan produk dan jasa Anda, Anda perlu untuk menggambarkan struktur harga untuk produk tersebut. Berapa banyak Anda akan mengenakan biaya dan apa alasan yang Anda miliki untuk membuat harga itu?

Tentu saja, pengaturan harga adalah satu hal-tapi bagaimana tepatnya akan Anda menjangkau pelanggan?

Bagian pemasaran dalam rencana bisnis akan menuliskan detail strategi dan taktik Anda untuk diterapkan dalam rangka menjangkau pembeli potensial. Mungkin Anda berencana untuk meluncurkan kampanye media sosial menarik atau Anda akan menempatkan iklan banner di situs yang ditargetkan atau blog. Apapun taktik dan strategi Anda tuliskan di sini!

4. Analisis Pasar

Dalam rangka untuk secara efektif menjangkau pelanggan Anda, Anda perlu tahu siapa sebenarnya mereka. Di sinilah analisis pasar Anda perlu dilakukan.Hal ini jelas merupakan bagian penting dari rencana bisnis Anda.

Untuk memulai, Anda perlu menggambarkan keadaan saat ini dari industri Anda. Melakukan penelitian untuk menemukan indikator kunci dalam industri Anda, setiap tren penting, dan juga proyeksi pertumbuhan.

Bagian penting lain dari analisis pasar Anda mengidentifikasi target pelanggan Anda. Apa jenis kelamin yang mau Anda capai? Usia berapa kisarannya? Apa perilaku yang mendefinisikan mereka dan juga karakteristik? Di mana mereka ingin mendapatkan informasi tentang produk ini? Ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda menyalurkan upaya pemasaran Anda tepat.

5. Analisis Kompetitif

Sayangnya, ada banyak persaingan di dunia bisnis. Tapi, itu sangat penting untuk dikenali siapa sebenarnya pesaing langsung Anda. Bagian ini akan menjelaskan siapa pesaing saat ini, serta beberapa fakta lain tentang bisnis mereka. Apa yang sudah mereka lakukan dengan baik? Hal apa yang bisa mereka lakukan lebih baik?

Selain itu, luangkan waktu untuk berpikir tentang apa yang sebenarnya membuat Anda berbeda dari pesaing ini. Apakah produk Anda lebih berkualitas? Apakah Anda mengkhususkan diri dalam hal tertentu yang sangat khusus? Apakah Anda memiliki lebih banyak pengalaman dan keahlian? Tentukan apa yang membedakan Anda, dan kemudian jelaskan metode yang akan Anda gunakan untuk secara konsisten lebih cemerlang dr kompetitor itu.

6. Keuangan Rencana / Anggaran

Akhirnya, inilah bagian yang paling penting dibuat: anggaran. Bagian ini harus berisi informasi keuangan setiap dan semua hal yang relevan dengan bisnis Anda.

Jika Anda menggunakan rencana bisnis Anda untuk mendekati seorang investor atau bank, pertama menetapkan jumlah yang Anda butuhkan untuk memulai dan mempertahankan bisnis Anda. Di luar itu, Anda harus menjelaskan setiap pengeluaran bisnis yang harus dikeluarkan.

Anggaran Anda harus rinci uang yang akan keluar, tetapi Anda juga bisa tidak mengabaikan lagi uang masuk. Apa pendapatan Anda harus diproyeksikan. Bagaimana titik impas Anda dan pada saat kapan?

Akhirnya, Anda akan menjelaskan rencana Anda untuk menggunakan dana untuk keuntungan bisnis Anda. Investor tidak mungkin untuk menginvest di bisnis Anda jika tidak untung. Sehingga Anda harus menunjukkan bahwa Anda sudah berpikir panjang dan keras tentang ini adalah tempat terbaik untuk mereka menginvest uangnya.

Daripada memikirkan hal ini sebagai kerumitan Anda perlu memeriksa dari daftar Anda sebelum memulai dengan bisnis Anda, melihat ini sebagai langkah pertama pada petualangan yang menyenangkan Anda. Plus, dengan rencana bisnis yang komprehensif ini akan membuat Anda selangkah lebih dekat untuk sukses!

 Endah Caratri/Managing Partner Financial, Accounting & Tax Services Vibiz Consulting/VMN/BL

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x