(Business Lounge Journal – Manage Your Business) Bukannya tanpa perjuangan beberapa miliarder ternama dunia mencapai kesuksesannya. Bukan seperti bangun di pagi hari lalu berkata bahwa ia akan menjadi miliarder hari itu, melainkan melalui perjalanan panjang yang tidaklah mudah. Hampir semua dari mereka mencapai keberhasilannya setelah memiliki cita-cita yang sangat terperinci. Menjalaninya dengan sangat disiplin, sebut saja Bill Gates, Warren Buffet, Steve Jobs, atau Henry Ford. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda pelajari dari tokoh-tokoh dunia tersebut yang dapat Anda terapkan dalam menjalankan bisnis Anda.
Bill Gates
“Pelanggan yang paling tidak puas adalah sumber terbesar untuk Anda belajar.”
Pelanggan yang paling tidak puas dengan produk Anda, adalah mereka yang paling tahu dengan sangat baik kelemahan produk Anda. Jangan hindari mereka, melainkan temui dan pelajari apa yang paling mereka tidak suka dan perubahan apa yang akan mereka rekomendasikan, kemudian buatlah perbaikan dan hasilkanlah produk yang lebih baik.
“Dalam bisnis, pada saat Anda sadar bahwa Anda berada dalam kesulitan, maka sudah terlambat untuk menyelamatkan diri. Kecuali Anda lari ketakutan sepanjang waktu, dan terhilang.”
Dalam bisnis, rasa khawatir dan pesimis dapat membantu Anda mengidentifikasi area yang berpotensi menyulitkan bisnis Anda.
“Cara yang paling berarti untuk membedakan perusahaan Anda dari pesaing Anda, cara terbaik untuk membuat jarak antara Anda dan orang banyak adalah dengan mengelola informasi. Bagaimana Anda mengumpulkan, mengelola, dan menggunakan informasi akan menentukan apakah Anda menang atau kalah.”
Kumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai industri Anda, pesaing Anda, perusahaan Anda, dan pelanggan Anda dan gunakanlah untuk membangun bisnis yang lebih baik.
Warren Buffet
“Peraturan # 1: Jangan pernah kehilangan uang. Peraturan # 2: Jangan pernah lupa Aturan # 1“
Apa pun yang membuat bisnis Anda rugi adalah tidak baik. Jika Anda tidak melihat keuntungan dari strategi, maka lakukanlah peningkatkan secara dramatis atau membuangnya sama sekali.
“Jangan pernah mengandalkan penjualan yang baik. Memiliki harga pembelian begitu menarik sehingga penjualan yang biasa-biasa saja dapat memberikan hasil yang baik.”
Harga merupakan salah satu aspek yang paling penting dari bisnis Anda. Jangan mengabaikannya. Menemukan keseimbangan yang sempurna, pada setiap penjualan dapat memberikan hasil yang baik.
Steve Jobs
“Anda tidak bisa hanya meminta pelanggan apa yang mereka inginkan dan kemudian memberikannya kepada mereka. Pada saat Anda membangunnya, mereka akan menginginkan sesuatu yang baru.”
Jobs sangat mengerti benar hubungan antara inovasi dan pelanggan. Itulah sebabnya Apple selalu berinovasi. Sementara Anda mempeljari rekomendasi pelanggan Anda untuk meningkatkan produk, maka lakukanlah inovasi dengan produk Anda tersebut. Anda perlu fokus pada menambahkan fitur yang menurut Anda akan memiliki dampak terbesar pada peningkatan nilai.
“Inovasi membedakan antara pemimpin dan pengikut.”
Follower adalah seseorang yang melakukan hal yang sama hari demi hari. Tidak ada pertanyaan yang diajukan; dia melakukan apa yang diberitahu kepadanya untuk dilakukan. Pemimpin, di sisi lain adalah orang yang berinovasi. Pemimpin datang dengan ide-ide baru untuk produk, teknik-teknik baru untuk membangun mereka, dan strategi baru untuk pasar mereka. Sebagai pengusaha, Anda dimaksudkan untuk menjadi pemimpin. Inovasi merupakan prasyarat hidup gaya hidup kewirausahaan.
Henry Ford
“Sebuah bisnis benar-benar ditujukan untuk layanan hanya akan memiliki satu kekhawatiran tentang keuntungan. Hal itu akan sangat memalukan besar.”
Pelanggan Anda = fokus # 1 Anda. Jangan pernah melupakan itu.
“Pesaing harus ditakuti adalah mereka yang tidak pernah mengganggu Anda sama sekali tapi terus membuat usaha sendiri yang lebih baik dari usaha Anda sepanjang waktu.”
Mengetahui bagaimana pesaing Anda bekerja dan apa yang mereka lakukan adalah penting. Tapi apa yang begitu jauh lebih penting adalah bagaimana perusahaan Anda melakukan hal-hal yang dapat diperhitungkan. Fokus pada yang terakhir, dan kemudian mulai khawatir dengan pendahulunya.
Bersambung: Entrepreneurial Tips : Beberapa Tips dari Miliarder Dunia (Part 2)
citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal