(Business Lounge Journal – Global News) Selama beberapa dekade pengiklan telah sangat bergantung pada iklan televisi untuk menjual produk mereka kepada publik. Tetapi terjadi sebuah perubahan kebiasaan para konsumen akibat pertumbuhan Web dan munculnya smartphone, perusahaan mencari bahan-bahan baru untuk ditambahkan ke formula iklan mereka.
Pemilik merek terkenal seperti biskuit Oreo, cokelat Cadbury, dan keripik Ritz kemudian merangkul berbagai pendekatan baru yang semula berfokus pada saluran digital menjadi menggunakan teknologi seperti hologram di lorong-lorong toko. Pada saat yang sama, perusahaan telah mengurangi belanja iklan TV di AS hampir 50% dari lima tahun yang lalu, menurut Kantar Media, seperti dilansir olehWSJ.
Perubahan ini tidak mudah, dan Dana Anderson, direktur pemasaran Mondelez, telah banyak meningkatkan upayanya. Deerfield, Illinois., Perusahaan berada di bawah tekanan dari dua investor aktivis profil tinggi, termasuk William Ackman, juga memotong biaya untuk meningkatkan penghasilan. Hal ini juga menjadi persaingan antar beberapa merek terkenal dengan permintaan konsumen seiring dengan pola hidup sehat atau pilihan makanan yang lebih alami.
Anderson berbicara dengan The Wall Street Journal tentang bagaimana Mondelez telah mendapat eksekutif untuk merangkul media digital, bagaimana mencari lebih dari sekedar iklan dari orang-orang seperti Google dan bagaimana hal itu berhubungan dengan pengencangan ikat pinggang. Menurut Anderson tantangan terbesar yang dihadapinya adalah adanya laju perubahan terutama dalam media digital. Mondelez berkomitmen untuk menggeser investasinya lebih ke media digital namun perlu mempelajari kemampuan baru oleh karena perubahan yang sangat cepat.
Mondelez pun melatih semua eksekutifnya termasuk pelatihan media sosial. Hal ini penting untuk meningkatkan kepecayaan diri dan memastikan bahwa orang tidak lagi kembali ke apa yang sekedar mereka ketahui seperti mengutamakan iklan TV dari media digital. Pada tahun 2018, mondelez berharap bahwa media digital akan mewakili 30% dari total belanja medianya secara global atau sekitar dua kali lipat dari tahun lalu. Di Amerika Utara, 32% dari total belanja media dihabiskan untuk media digital pada tahun 2014 dan perusahaan berharap akan menjadi sekitar 45% pada tahun ini.
Mondelez telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan besar digital seperti Facebook dan Google. Dengan Google perusahan bekerja sama untuk penemuan-penemuan produk baru. Google memberikan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk wawasan konsumen dan umpan balik sehingga saat ini perusahaan memiliki panel dua juta orang yang telah dibentuk oleh Google.
citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana