(Business Lounge – Global News) Facebook, melalui divisi riset konsumen perusahaan, Facebook IQ, melakukan penelitian dan pertemuan pada hari Kamis lalu, dengan para agen iklan dan eksekutif e-commerce di gedung Conde Nast di New York, yang membahas beberapa penelitian mereka mengenai tren belanja mobile.
Berdasarkan penelitian Facebook IQ, ditemukan bahwa di antara pembelian yang dihasilkan melalui iklan di Facebook dari Januari sampai Mei tahun ini di AS, 30% terjadi melalui perangkat mobile dibandingkan perangkat desktop. Ditambah lagi, Facebook menemukan frekuensi pembelian ponsel meningkat 35% selama periode yang sama, menunjukkan bahwa konsumen tumbuh lebih nyaman dengan belanja mobile.
Facebook juga melaporkan bahwa pada bulan Juni terdapat 172 juta pengguna aktif bulanan di Amerika Serikat saja. Facebook juga menyatakan bahwa dari $ 3,8 milyar pendapatan iklan selama kuartal kedua tahun ini, maka 76% dari pendapatan tersebut berasal dari smartphone.
Facebook memprediksi bahwa pada kuartal keempat, persentase pembeli online yang melakukan pembelian di ponsel akan tumbuh 30%. Perusahaan berencana untuk menerbitkan sebuah posting blog pada penelitian baru ini minggu ini.
Hasil penelitian Facebook juga diperoleh beberapa hal sebagai berikut :
Di antara mereka yang berbelanja secara online, maka pada konsumen yang lebih tua seperti kelompok baby boomers memilih berbelanja via tablet, sementara konsumen milenial dan yang lebih muda cenderung untuk menggunakan smartphone untuk melakukan belanja online
Kelompok baby boomers lebih memilih untuk berbelanja di situs online, sementara kelompok muda lebih tertarik untuk menggunakan aplikasi pengecer.
Untuk kelompok Amerika Hispanik menghabiskan enam jam lebih sebulan menggunakan perangkat mobile, dan 43% dari belanja digital ini terjadi melalui perangkat mobile.
Para Ibu dari kelompok Millennial menjadi target utama bagi perusahaan e-commerce, karena kelompok ini yang cenderung untuk berbelanja melalui perangkat mobile
Dari semua hal ini Facebook menympulkan bahwa konsumen yang berkembang pesat dalam berbelanja online lebih nyaman dengan perangkat mobile, terutama kaum muda yang bisa memiliki implikasi bagi pengiklan dan pengecer selama musim belanja liburan mendatang.
Penelitian Facebook ini bisa menjadi pertimbangan bahwa era globalisasi adalah era informasi, komunikasi dan transaksi, dimana tidak bisa dipungkiri percepatan dan kenyamanan untuk melakukan ketiga hal tersebut sangat diinginkan oleh berbagai kalangan dan lapisan masyarakat. Dan percepatan itu bisa diperoleh secara online melalui internet.
Tapi ternyata kebutuhan ketiga hal tersebut, yakni informasi, komunikasi dan transaksi, diinginkan lebih cepat dan lebih aktif lagi. Apa yang bisa membanti proses lebih cepat, online dan mobile, ya tepat memang, tidak lain tidak bukan adalah smartphone, instrumen yang menyertai si pengguna kemanapun pergi.
Jadi memang sudah tidak asing lagi dan menjadi kebutuhan masyarakat saat ini, khususnya generasi milenial adalah, smartphone yang dapat mengakses internet dan memiliki berbagai aplikasi online untuk memperoleh informasi, berkomunikasi dan bertransaksi.
Dodo/VMN/BLJ/Journalist
Editor : Ruth Berliana
image : arealchange