Menikmati Keindahan Helsinki Yang Tak Pernah Pudar

helsinki2

(Business Lounge – Travel) – Helsinki, yang merupakan ibukota dari negara Finlandia, memang mempunyai pesona tersendiri. Suasana perkotaannya yang kental namun tertata rapi, menjadi hal yang menarik perhatian wisatawan. Gedung-gedung tinggi yang bernuansa klasik, juga berbagai transportasi yang rapi disana, membuat Helsinki menjadi salah satu kota dengan desain yang terbaik di dunia. Hal itu terbukti ketika Helsinki pernah terpilih menjadi World Design Capital pada tahun 2012 berdasarkan penilaian dari International Council of Societies of Industrial Design. Bukan hanya desain, tetapi Helsinki juga diakui menjadi salah satu kota yang layak untuk didiami. Hal itu terbukti ketika pada tahun 2011, Monocle Magazine menobatkan Helsinki menjadi “The Most Liveable City In The World”  dalam Liveable Cities Index yang dikeluarkannya pada tahun 2011.

helsinki5

Jika Anda ingin mengeksplorasi keindahan Helsinki, Anda bisa melakukannya dengan menaiki tram yang ada disana. Anda bisa menaiki Tram 2 untuk melihat keindahan kota Helsinki. Tetapi, tentu saja itu bukan satu-satunya rute untuk berkeliling kota, karena di Helsinki ada juga rute bagi Anda yang ingin melakukan wisata dengan tujuan spesifik, seperti jika Anda ingin melihat arsitektur di Helsinki, Anda bisa memilih rute nomor 4, tetapi jika Anda ingin melihat seni, museum dan juga kuliner, Anda bisa memilih rute nomor 6. Harga tiket di Helsinki, adalah sekitar € 8,00 per orang untuk orang dewasa, dan € 4,00 per orang untuk anak-anak usia 7-16 tahun. Jika Anda ingin melihat wisata yang alami, jangan lupa mengunjungi Adventurepark Korkee, yang dimana Anda bisa melakukan petualangan di hutan yang menghijau dengan tumbuhan yang subur disana.

helsinki7

Banyak hal yang bisa dilihat di Helsinki. Mulai dari tur melihat kota, kuliner, dan juga berbelanja. Jika Anda ingin melihat desain kota Helsinki, ada beberapa rute yang telah disiapkan oleh Design District Helsinki, seperti rute New Living Room, bagi yang menyukai perpaduan antara gaya retro dan modern, atau rute Classics Are Forever, bagi Anda yang menyukai fashion dan design. Jika Anda memilih rute New Living Room, Anda akan menikmati desain kota dengan gaya Finnish dan Scandinavian yang berpadu dengan sentuhan India. Rute ini, yang menggabungkan gaya lama dan baru, akan berakhir di Klaus K, yang merupakan hotel desain pertama di Finlandia. Sedangkan rute Classics Are Forever, Anda akan dibawa untuk melihat Marimekko, Iittala dan Artek yang merupakan perusahaan fashion dan design di Finlandia.

helsinki6

helsinki

Mengunjungi Helsinki, memang banyak hal menarik yang akan didapatkan. Apalagi melihat suasana kotanya, pastinya hal itu merupakan pengalaman yang sungguh tak terlupakan. Dan, ketika Anda berada disana, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner menu lokal khas Nordic yang ada disana. Dijamin, lidah Anda pasti puas merasakan kelezatannya. Helsinki memang mempesona. Desain kotanya yang rapi dan menarik, tentunya akan selalu teringat di benak Anda. Ingin melihat langsung desain kota Helsinki yang indah? Jangan ragu lagi, mulailah untuk merencanakan mengunjunginya!

Fanny Sue/ Journalist/VMN/BL
All photos by : Ms. Hoeng Lan
Editor : Fanya Jodie