(Business Lounge – Automotive) India yang merupakan pasar penumpang kendaraan terbesar keenam di dunia, diperkirakan akan menempati posisi No.3 pada tahun 2020, setelah Tiongkok dan Amerika Serikat. Pertumbuhan mobil crossovers telah meningkat sebanyak 25% sejak tahun 2011 di India.
Perusahaan pembuat mobil terbesar di India, Maruti Suzuki India Ltd., akan merilis kendaraan crossover baru pada bulan ini. Pada hari Rabu (19/8), Maruti memperkenalkan S-Cross, kendaraan crossover sport yang diharapkan akan membantunya untuk bersaing dengan Hyundai Motor Co., Ford Motor Co., dan Renault S.A. di pasar SUV yang berpotensi untuk tumbuh.
Ide Penciptaan S-cross
Managing director dan CEO Maruti, Kenichi Ayukawa, mengatakan bahwa ada segmen pelanggan di India yang menginginkan kekuatan dan kinerja dalam kendaraan mereka tetapi juga mengharapkan kenyamanan dan penyempurnaan dari sedan. Oleh karena itu mereka mendapatkan ide untuk menggabungkan teknologi mobil sport dan sedan menjadi mobil crossover S-cross baru mereka.
S-cross Crossover
S-cross hadir dengan dua pilihan mesin diesel: 1.3-liter dan 1.6-liter. Mesin diesel DDiS 200 dan DDiS 320 memiliki enam transmisi kecepatan manual, Variabel Geometry Turbocharger (VGT) yang memberikan induksi optimal dengan mengendalikan aliran gas buangan sesuai dengan putaran mesin, membantu untuk melepaskan torsi tinggi, mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi.
DDiS 200 menghasilkan 66kW/4.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 200Nm/1.750 rpm. Sedangkan varian DDiS 320 baik untuk 88kW/3.750rpm dan torsi sebesar 320Nm/1.750rpm.
S-cross memiliki fitur seperti cruise control, pembersih kaca otomatis yang dapat merasakan hujan, lampu depan proyektor, dan sistem infotainment. Serta peralatan keselamatan standar seperti rem cakram dengan ABS pada semua roda, kursi depan pra-tensioner, dan kekuatan limiter ditambah dengan kantong udara ganda.
Produk Premium
Kendaraan yang diproduksi oleh pembuat mobil terbesar di India itu memiliki harga dealer New Delhi sebesar 834.000 rupee (USD 13.069 atau sekitar IDR 177 juta) untuk model standar, meningkat hingga 1,37 juta rupee atau sekitar IDR 291 juta untuk model paling atas.
Sebagai produk yang dianggap spesial oleh Maruti, S-Cross merupakan produk pertama yang akan dijual melalui showroom merek Nexa yang baru, yang akan menawarkan pengalaman premium untuk pembeli melalui teknologi tinggi dan teknologi display milik Apple Inc. untuk menampilkan spesifikasi mobil.
S-Cross akan bersaing dengan model seperti Creta milik Hyundai Motor Co., Duster milik Renault S.A., EcoSport milik Ford Motor Co, dan Scorpio & XUV500 milik Mahindra & Mahindra Ltd.. Maruti juga berencana untuk memperkenalkan kendaraan sport di akhir tahun ini.
Penjualan SUV di India telah berkembang selama beberapa tahun terakhir berkat banyaknya model baru. Mereka dianggap lebih aman daripada mobil kecil atau sedan. Saat ini Maruti menjual Grand Vitara dan SUV Gypsy.
Produsen mobil telah menetapkan target yang ambisius untuk melipatgandakan penjualan tahunan sampai 2 juta kendaraan pada tahun 2020, prospek yang terdorong dari prediksi analis bahwa India akan menjadi pasar mobil terbesar ketiga di dunia dengan penjualan diperkirakan lebih dari 5 juta unit kendaraan setiap tahun.
Alvin Wiryo Limanjaya/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana
Image: Suzuki Maruti