(Business Lounge – Business Insight) – Kopi bisa merekatkan persahabatan. Mungkin itulah yang menjadi pemikiran brand kopi terkenal dunia, Nescafe. Belum lama ini, Nescafe bekerjasama dengan OgilvyOne di Frankfurt dalam menciptakan suatu promosi yang menarik, yaitu dengan menggunakan Nescafe Instant Connections yang dapat merekatkan persahabatan dan menciptakan interaksi yang menarik antar manusia.
Mesin “penambah sahabat” tersebut, pada waktu itu diletakkan di Berlin, di tempat dimana orang ramai biasanya lewat atau menunggu untuk menyeberangi jalan ketika lampu lalu lintas berwarna hijau bagi penyeberang jalan. Dan keberadaan mesin kopi Nescafe tersebut cukup impresif, sehingga membuat orang penasaran untuk mendekatinya. Dan ketika seseorang mendekati mesin tersebut, ternyata disadari bahwa ia bisa melihat orang lain juga yang berada di mesin kopi Nescafe yang berada di seberang jalan. Wow, menarik, bukan? Dan, setelah mereka berdua akan bersepakat untuk secara bersamaan menekan tombol yang terdapat di mesin tersebut, maka mesin tersebut akan mengeluarkan segelas kopi untuk dinikmati. Dan tentunya, setelah itu biasanya dua orang yang tidak saling mengenal tersebut akan berinteraksi, seperti melakukan high fives, dan bahkan bisa mengobrol satu dengan yang lainnya.
Konsep promosi dari Nescafe ini memang bisa dikatakan menarik, karena menciptakan interaksi yang menarik. Dari kopi Nescafe tersebut, orang bisa mengingat bahwa ia mendapatkan sahabat baru, bahkan bisa juga rekan bisnis yang baru. Dari promosi tersebut, bahkan Nescafe juga berhasil menciptakan banyak interaksi antar manusia, seperti 33 kali high fives, 285 lambaian tangan, 839 senyuman, serta pembicaraan yang banyak tentunya.
Hal yang dilakukan Nescafe ini tentunya merupakan suatu inovasi yang menarik, karena pesan yang disampaikan dalam promosi tersebut mudah diingat, dimana dalam hal ini, calon konsumen bukan hanya mendapatkan kopi gratis, melainkan juga mendapatkan persahabatan. Dalam hal ini juga, metode periklanan dari Nescafe adalah ambient advertising, dimana promosi dilakukan dengan menempatkan alat promosi di tempat yang tidak biasa, tentunya dengan format media yang tepat dan dikombinasikan dengan pesan yang efektif. Dan, selain itu, bisa dikatakan bahwa Nescafe juga menerapkan cara pemasaran experiental marketing, dimana pesan yang disampaikan dalam promosi tersebut bisa disentuh, dirasakan, dan dilihat dalam bentuk fisik.
Evelyna Joe/ Journalist/VMN/BL
Image : Youtube
Editor : Fanya Jodie