Ingin Cepat Dipromosikan? Ikuti Cara-Cara Ini!

(Business Lounge – Empower People) – Ketika bekerja di kantor, pastinya semua orang ingin dipromosikan agar mendapatkan jabatan yang lebih baik. Ya, setiap orang biasanya berkata, “karir kan harus meningkat”, dan kalau berulang kali karyawan tidak dipromosikan, akhirnya pindah ke kantor lain pun dilakukan agar ia mendapatkan jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Memang, melihat banyaknya orang yang mengejar promosi jabatan, memang bisa disimpulkan bahwa bagi setiap orang merasa sangat perlu untuk dirinya dipromosikan. Tetapi, bila seseorang sudah lama bekerja di suatu kantor dan tidak juga dipromosikan, apa yang terjadi? Sebenarnya, kita semua harus tahu, jika ingin dipromosikan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dijalankan. Apa sajakah itu?

Jalankan talenta Anda secara maksimal

Lakukan pekerjaan Anda dengan memanfaatkan talenta Anda secara maksimal. Kadangkala, orang tahu dan sadar bahwa ia memiliki talenta di suatu bidang, tetapi ketika di dalam menjalankannya, ia hanya mengerjakan seadanya saja, dan tidak mengeksplorasi lebih talenta yang dimilikinya. Padahal, jika seseorang mengeksplorasi talentanya dan terlihat dalam pekerjaan yang ia lakukan, maka hal itu tentunya akan membuat atasan akan memberikan penilaian yang positif. Dan akhirnya, kemungkinan untuk mendapatkan promosi tentunya akan lebih besar.

Berikan lebih dari yang diminta atasan Anda

Hal ini penting agar Anda mendapatkan promosi. Bukan untuk cari muka, melainkan hal ini juga baik untuk pengembangan diri Anda. Contohnya, misalnya atasan Anda meminta kerjakan 2 hal, berikan 3 hal. Atau misalnya atasan Anda minta mengerjakan suatu hal dalam waktu 2 jam, lakukan dalam 1 jam. Hal itu, baik untuk membuat diri Anda lebih terlatih dalam pekerjaan Anda. Dan apabila Anda dilihat dapat memberi lebih dari yang diminta, maka pastinya Anda akan lebih besar kemungkinannya untuk mendapatkan promosi jabatan.

Perhatikan apa yang menjadi nilai dari perusahaan maupun atasan Anda

Bisa jadi Anda memiliki suatu keahlian, dan Anda ingin sekali menerapkan keahlian Anda dalam pekerjaan. Hal itu sangat baik sekali, tetapi Anda harus melihat, sesuaikah apa yang Anda pikirkan dengan nilai perusahaan maupun atasan Anda? Tentunya Anda harus tahu, di dalam bekerja di suatu perusahaan, Anda harus mengetahui apa yang menjadi nilai-nilai atasan Anda dalam bekerja, dan juga nilai-nilai yang dijunjung oleh perusahaan. Jika Anda bekerja dengan baik namun tidak sesuai dengan nilai yang dijunjung atasan atau perusahaan, hal itu tentunya tetap akan mempersulit Anda untuk mendapatkan promosi jabatan. Kenali nilai perusahaan dan juga atasan Anda, dan bekerjalah sejalan dengan itu, maka Anda akan lebih mudah mendapatkan promosi jabatan nantinya.

Fokus pada pekerjaan harian dan miliki waktu untuk berpikir terus

Jangan pernah remehkan pekerjaan harian Anda! Karena, dari hal yang Anda lakukan sehari-hari, itu jugalah yang dilihat oleh atasan Anda. Seberapa detil Anda bekerja, itulah yang diperhitungkan oleh atasan untuk Anda dipromosikan atau tidak. Selain fokus pada pekerjaan harian, Anda juga harus menyempatkan waktu untuk berpikir mengenai ide baru yang dapat Anda berikan untuk perkembangan perusahaan. Ingat, orang yang penuh ide baru dan kreatif, serta fokus dalam pekerjaan harian, biasanya akan besar kemungkinannya untuk mendapatkan promosi jabatan.

Bisa bekerja dalam tim

Ini sangatlah penting! Sepandai apapun Anda, kalau tidak dapat bekerja dalam tim, itu tidak ada gunanya. Seseorang yang akan dipromosikan, tentunya juga yang memiliki komunikasi yang baik dengan rekan sekerjanya, dan terutama dengan atasannya. Karena itu, bekerjasama dalam tim memang sangat dibutuhkan, selain untuk memperlancar komunikasi dan mempermudah pekerjaan, keuntungan lainnya adalah orang yang biasa bekerjasama dalam tim biasanya akan cepat mendapatkan promosi jabatan pada akhirnya.

Zefanya  Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL