(Business Lounge – Business Insight) Melalui halaman Weibo situs media sosial yang terkenal di Tiongkok, pendiri serta CEO Xiaomi Lei Jun merayakan keberhasilan mereka atas suksesnya penjualan pertama dari Xiaomi Redmi 2 dan Xiaomi Redmi 2A yang berkisaran mencapai 13 juta unit hanya dalam tempo 5 bulan sejak dirilisnya Redmi 2 pada bulan Januari 2015.
Redmi 2 & 2A merupakan produk ke-6 Xiaomi yang mampu melampaui penjualan sebanyak 10 juta unit, dari penjualan 5 perangkat sebelumnya adalah Mi2, Mi3, Mi4, Redmi 1 serta Redmi Note.
Perusahaan ini, yang baru saja merilis serangkaian produk AC (air conditioner) baru untuk rumah, telah menjadi produsen smartphone populer yang pertama di Tiongkok. Selain itu pada kuartal pertama tahun ini, Apple sedikit lebih unggul dari smartphone lain dan menjadi pemimpin dalam hal pemasaran dan penjualan smartphone di Tiongkok.
Minggu lalu, Xiaomi mengurangi harga penjualan Redmi 2A sebanyak 20% dan menjualnya seharga $80 (setara dengan 1 juta rupiah). Sontak saja para pembeli di Tiongkok merespon pengurangan harga ini dengan membeli sebanyak 200 ribu unit dalam jam pertama dan mengalami lonjakan pesanan Redmi 2A yang mencapai 300 ribu unit dalam 1 hari.
Dewi Lajolie/VMN/BL/Operation Head – Batikweb.co
Editor: Ruth Berliana