(Business Lounge – Dominate the Market) Teknologi memang telah membuat industri dapat berkembang tanpa batas. Hal ini memungkinkan sebuah maskapai penerbangan tidak hanya berfokus pada teknologi penerbangannya melainkan juga mengembangkan teknologi komunikasi yang mendukung main business-nya. Sangat menarik! KLM Royal Dutch Airlines dalam mendukung bisnisnya meluncurkan aplikasi smartwatch android yang saat ini sedang diujikan.

Dengan aplikasi smartwatch android ini maka KLM akan dapat memberikan rincian informasi mengenai perjalanan penumpang serta berbagai informasi yang relevan terutama terhadap bandara terkait. Sebagai contoh ketika penumpang memasuki salah satu bandara maka pengguna aplikasi Smartwatch KLM akan otomatis menerima informasi gerbang serta waktu keberangkatan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat menyediakan boarding pass. Dalam keterangan pers, Tjalling Smit, Senior Vice President of ECommerce at Air France-KLM mengatakan, “Aplikasi Smartwatch KLM ini memungkinkan penumpang mendapatkan informasi sekilas yang relevan dan terkini tentang jadwal dan keterangan penerbangan mereka. Kami akan melangkah maju dengan teknologi ini sebagai layanan inovatif bertujuan untuk memastikan penumpang kami selalu selangkah dimuka untuk perjalanan mereka.” 

Mereka yang menggunakan aplikasi Smartwatch KLM akan dapat memeriksa status penerbangan mereka setelah melakukan pemesanan. Tepat 24 jam sebelum keberangkatan, para pengguna akan menerima pemberitahuan perjalanan. Kemudian satu jam sebelum keberangkatan, penumpang akan menerima pesan serta boarding pass yang siap untuk discan di pintu gerbang. Terakhir sebelum keberangkatan, pengguna akan mendapatkan informasi nomor kursi penumpang mereka.

Kelihatannya KLM memang menaruh perhatian yang cukup besar pada teknologi sebab pada tahun lalu, maskapai penerbanagn milik Belanda ini juga meluncurkan layanan navigasi bandara menggunakan teknologi iBeacon yang membantu penumpang yang akan berpindah penerbangan untuk menemukan gerbang berikutnya di bandara udara Amsterdam Schiphol.

KLM Smartwatch

Knowing Your Market

Apakah yang menjadi fokus dari sebuah industri jasa? Tentu saja pelanggan. Maraknya persaingan di dunia penerbangan membuat semua maskapai harus memutar otaknya guna memikat hati para pelanggannya. Hal pertama yang tidak dapat diabaikan adalah teknologi yang menjamin keamanan penerbangan dan keselamatan para penumpang. Maskapai penerbangan yang menaruh concern pada pengembangan teknologi pada area ini akan membuat penumpang semakin percaya dan memilih untuk menggunakan jasa penerbangannya. Karena itu berbagai teknologi dikembangkan, sebagai contoh teknologi Air France (bagian dari KLM) yang melaporkan lokasi pesawat setiap 10 menit dan setiap menit dalam setiap kasus anomali.(Baca: Airbus Ciptakan Kotak Hitam Apung). Hal ini tentu akan menjadi perhatian para calon penumpang dalam memilih maskapai penerbangannya.

Namun selain faktor keamanan, KLM juga memanfaatkan bagaimana saat ini masyarakat telah begitu keranjingan gadget dan teknologi, apalagi ketika para perusahaan teknologi berlomba meluncurkan smartwatch  yang mendapatkan sambutan baik di pasaran. Untuk memikat hati para calon pelanggan yang “gadget minded” ini maka KLM pun meluncurkan aplikasi smartwatch android-nya. Biaya? Tentu saja ada, namun mengakibatkan penambahan pelanggan akan memberikan keuntungan lebih bagi KLM.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Managing Partner Human Capital Development

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x