(Business Lounge – Present Your Service) – Memenangkan hati pelanggan agar menjadi loyal terhadap produk atau jasa Anda merupakan hal yang harus selalu dimiliki oleh pengusaha. Bagaimana tidak, mulai dari usaha kecil sampai besar pasti memerlukan pelanggan untuk kelangsungan bisnisnya. Anda harus tahu, tanpa pelanggan, maka bisnis akan dipastikan terhambat. Karena itu, memang langkah pertama yang harus dilakukan agar bisnis bisa terus berjalan adalah mendapatkan pelanggan bagi bisnis Anda. Dan setelah mendapatkan pelanggan, langkah selanjutnya adalah mempertahankannya.
Pertanyaannya, bagaimana mempertahankan pelanggan Anda agar mereka tidak terpikir untuk berpindah ke produk atau jasa lain? Tidak bisa Anda hindari, faktanya adalah Anda harus memenangkan hati pelanggan Anda! Memenangkan hati pelanggan Anda supaya loyal terhadap produk atau jasa Anda sebenarnya tidak sulit, namun sayangnya banyak perusahaan yang terlalu sibuk dengan dirinya sendiri sampai lupa bahwa pelanggan harus diutamakan, karena pelanggan adalah investasi penting untuk kelangsungan bisnisnya.
Nah, sekarang bagaimana memenangkan hati pelanggan Anda? Caranya sebenarnya sederhana saja, namun dibutuhkan konsistensi yang terus menerus. Berikut cara-caranya yang bisa Anda perhatikan :
Selalu memberikan bantuan tambahan
Well, seringkali kita bisa saja melihat pelanggan kepayahan membawa belanjaan yang begitu banyak, atau melihatnya begitu rumit memilah milih barang yang akan dipilih. Melihat hal yang seperti itu, sudah seharusnya Anda datang dan menawarkan bantuan. Mungkin posisi Anda adalah pemilik bisnis tersebut, namun, apa salahnya untuk memberikan bantuan tambahan dengan membantu mengangkat belanjaannya dan juga memberikan saran mengenai barang apa yang bagus untuk dibeli oleh pelanggan Anda. Dan ada lagi bantuan yang menyenangkan, yaitu bantuan diskon, yang berarti Anda memberikan diskon bagi pelanggan Anda yang sudah loyal terhadap produk atau jasa Anda. Dijamin, pelanggan Anda yang sudah loyal, akan semakin loyal lagi dan selalu menempatkan produk atau jasa Anda dalam daftar pilihan utamanya.
Berikan informasi kepada pelanggan
Terkadang, pelanggan berpindah ke lain produk atau jasa karena informasi yang kurang jelas, atau merasa pertanyaannya tidak ditanggapi dengan benar. Jika Anda ingin memenangkan hati pelanggan loyal Anda, hal penting yang harus Anda lakukan adalah memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada pelanggan Anda. Jika pelanggan Anda bertanya berkali-kali, jangan Anda menjadi kesal atau marah, tetapi selalu jawablah dengan ramah dan tentu saja, tersenyum!
Buatlah pelanggan merasa nyaman
Ini adalah hal yang harus diperhatikan. Pelanggan yang pada akhirnya merasa tidak nyaman, pada akhirnya bisa berpindah dengan cepat ke pesaing Anda. Kesannya sederhana, merasa tidak nyaman. Namun, dampaknya pelanggan Anda bisa lari. Dalam hal apakah pelanggan merasa tidak nyaman? Dalam hal perlakuan Anda, misalnya Anda menjawab pertanyaan pelanggan sambil sibuk sana-sini, atau Anda sendiri kurang memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan Anda, hal seperti itu bisa membuat pelanggan berpindah ke lain produk atau jasa.
Memang, kondisi Anda mungkin sangatlah sibuk, tetapi jika memang harus menjawab pelanggan yang ada di hadapan Anda tanpa harus meninggalkan kesibukan Anda, mintalah maaf terlebih dahulu, seperti misalnya “maaf ya Bu, saya menjawab sambil bekerja, tidak mengapa kan?”. Atau ketika pelanggan menghubungi Anda melalui telepon, jangan pernah terlambat mengangkat telepon, karena kecepatan mengangkat telepon juga salah satu indikator dari kenyamanan pelanggan. Percaya atau tidak, apabila pelanggan merasa Anda terlalu lelet mengangkat telepon, akan lama kelamaan merasa tidak nyaman dan bisa berpindah ke pesaing Anda. Jadi, jangan pernah membuat pelanggan merasa tidak nyaman karena hal-hal sepele yang dapat berdampak pada jangka panjang bisnis Anda.
Berikan bonus yang menarik
Bonus tidak selalu harus hadiah yang mahal atau mewah. Bonus berarti hal yang menarik, dan juga membuat pelanggan Anda tidak akan melupakannya. Jika pelanggan Anda berbelanja atau menggunakan jasa Anda dalam frekwensi yang sering, maka sesekali berikan bonus yang menarik, karena pemberian bonus, juga memberikan kesan kepada pelanggan bahwa Anda mengingat dia dengan baik. Bonus yang Anda berikan, meskipun tidak mahal upayakanlah berupa hal yang tidak mudah untuk dilupakan, karena bonus yang tak terlupakan bisa membuat pelanggan akan semakin senang menggunakan produk atau jasa Anda.
Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL