(Business Lounge – Dominate the Market) Pada era modern seperti sekarang ini, sebagai pelaku marketing maka untuk dapat menjual produk atau jasa kepada konsumen maka tentu akan diperlukan strategi penjualan yang menarik dan kreatif. Banyaknya bermunculan produk atau jasa yang sama membuat seorang marketing harus “extra kerja keras” untuk mencapai penjualan yang maksimal. Jika tidak maka tak akan mampu bersaing mengatasi kerasnya kompetisi yang ada.
Saat ini banyak kita temukan promosi-promosi yang menarik yang dilakukan dengan memberikan harga yang bersaing serta diskon yang fantastis maupun dari paket-paket produk yang menarik. Kita dengan mudah akan menemukan promosi seperti ini di pusat perbelanjaan, pertokoan, maupun pada media online yang sedang menjamur dengan munculnya toko online yang juga menawarkan kemudahan dalam membeli produk atau jasa secara online.
Lalu apa yang dapat dilakukan oleh seorang marketing dengan banyaknya persaingan yang terjadi?
Sebagai marketing, kita tidak boleh menyerah dengan munculnya para kompetitor baru yang seakan mengancam produk atau jasa yang kita jual. Kita harus melihat persaingan ini sebagai PELUANG untuk dapat melakukan marketing dengan lebih kreatif.
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengubah mindset bahwa kerja keras yang kita lakukan pasti akan selalu berbuahkan hasil, entah banyak atau sedikit yang kita dapatkan.
Setelah kita mempunyai pola pikir yang baik, maka langkah selanjutnya adalah tentukan strategi yang akan kita terapkan. Kemudian, lakukan penjualan sesuai dengan strategi yang telah kita buat tersebut.
Sebagai strategi tambahan, jangan lupa untuk melakukan penjualan lebih dari satu kali. Sebab pada dasarnya, tidak cukup hanya melakukan satu kali penawaran tetapi diperlukan melakukannya berulang kali kepada calon pembeli. Dengan melakukan penawaran berulang kali, sesungguhnya kita sedang melakukan promosi sekaligus memunculkan kebutuhan calon pembeli atas produk atau jasa yang kita tawarkan.
Namun sering kita menemukan bahwa produk atau jasa yang kita tawarkan bukanlah kebutuhan calon pembeli saat ini, namun jangan menjadi putus asa sebab penawaran yang kita berikan sudah menjadi informasi bagi calon pembeli yang nantinya akan memerlukan produk atau jasa yang kita tawarkan. Sebagai pelaku marketing maka kita harus satu langkah lebih maju dari calon pembeli. Oleh sebab itu sangat penting dilakukan penawaran berulang kali.
Jangan melihat penawaran yang dilakukan berulang kali sebagai kegagalan tetapi jadikan potensi keberhasilan yang tertunda sebab dengan begitu akan membuat kita dapat mencapai keberhasilan yang sempurna dan yang terpenting adalah jangan menyerah kepada keadaan yang kelihatan sulit dan tidak dapat diraih tetapi kembali kepada mindset awal bahwa kerja keras yang kita lakukan tidak akan pernah menjadi sia-sia.
Salam sukses selalu.
Ida Arthawaty/VMN/BL/Customer Relationship Head Vibiz Media
Editor: Ruth Berliana