Ford Motor – Go Further

SpecialReportBL-Ford

Ford Motor Company adalah produsen mobil multinasional Amerika yang  didirikan oleh Henry Ford pada tanggal 16 Juni 1903 dan dianggap bersejarah bagi Amerika. Berkantor pusat di Dearborn, Michigan, pinggiran Detroit, produsen mobil terbesar kedua di AS ini menjual mobil dan kendaraan komersial di bawah merek Ford dan sebagian mobil mewah dengan merek Lincoln.

Namun sebelum menciptakan mobil, Henry Ford telah memulainya pada tahun 1896 ketika Henry Ford menciptakan Quadricycle, sebuah kendaraan beroda empat. Pada tahun 1899, Henry Ford bergabunng dengan kelompok yang kemudian mendirikan Detroit Automobile Company. Ford terus berinovasi dalam menciptakan kendaraan. Pada tahun 2013, Ford berhasil menjual 2,493,918 kendaraan.

Kini Ford juga memiliki produsen Brasil SUV, Troller, dan kinerja produsen mobil FPV Australia. Ford juga memiliki 2,1% saham Mazda Jepang, 8% saham Aston Martin dari Inggris, dan 49% saham Jiangling Tiongkok. Ford juga memiliki sejumlah joint-venture, dua di Tiongkok (Changan Ford Mazda dan Ford Lio Ho), satu di Thailand (AutoAlliance Thailand), satu di Turki (Ford otosan), dan satu di Rusia (Ford Sollers).

Metode Fordism

Ford memperkenalkan metode untuk manufaktur mobil skala besar dan manajemen tenaga kerja industri juga dalam skala besar yaitu menggunakan urutan manufaktur rumit rekayasa ditandai dengan memindahkan lini perakitan. Pada tahun 1914 metode ini dikenal di seluruh dunia sebagai Fordism.

Pada website resminya, Ford mengatakan bahwa perusahaan ini tidak hanya membuat mobil, melainkan teknologi cerdas, masyarakat yang lebih kuat, dan lingkungan yang lebih berkelanjutan. 

Kesuksesan Ford

Ford didedikasikan untuk membangun produk yang hebat, untuk memperkuat bisnis, dan memberikan keuntungan bagi masyarakat.

Ada 4 hal yang harus ada dalam kehebatan produk Ford:

1. Kualitas: meningkatkan kualitas merupakan prioritas sehari-hari bagi Ford. Mulai dari desain dan pembuatan serta penjualan dan pelayanan, Ford selalu bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

2. Aman: memiliki komitmen untuk mengembangkan dan menerapkan inovasi yang membuat kendaraan yang diproduksinya lebih aman bagi pelanggan dan keluarga mereka.

3. Ramah Lingkungan: Ford bertanggung jawab untuk mengurangi emisi CO₂. Namun tidak hanya itu hal-hal sehari-hari mulai dari penggunaan air hingga hak-hak pekerja, semuanya diatur oleh Ford. Sustainability telah menjadi bagian yang terintegrasi dengan bisnis.

4. Smart: Inovasi adalah inti dari perusahaan. Ford merintis penggunaan ekstensif kekuatan tinggi aluminium dalam kendaraan pasar massal.

Kekuatan Bisnis

Bagi Ford, Kendaraan yang hebat adalah kendaraan yang juga hebat bagi pengemudinya pada setiap kondisi. Untuk memenuhi permintaan, Ford melakukan ekspansi manufaktur yang paling ambisius dalam 50 tahun baik di Amerika bahkan seluruh dunia.

Namun di tengah-tengah ekspansi, Ford terus mendanai program pensiun karyawannya di seluruh dunia.

Memberi Keuntungan bagi Masyarakat

Ford tidak hanya berhenti hingga menghasilkan produk, tetapi yang terutama adalah memberikan layanan kepada pelanggan. “People serving people” itu telah menjadi DNA bagi Ford. Itulah sebabnya Ford memiliki tagline yang disebutnya sebagai Go Further – kami melangkah lebih jauh sehingga Anda bisa.

Komitmen Ford

Ford berkomitmen untuk mengembangkan produk yang hebat untuk pelanggannya di seluruh dunia. Pada tahun 2014, perusahaan ini memperkenalkan 23 kendaraan baru secara global. Selain itu, Ford F-Series adalah kendaraan terlaris di Amerika Serikat untuk tahun ke-32 berturut-turut dan Ford Focus adalah papan nama yang paling laris di dunia. Dengan portofolio mobil yang paling terbaru dalam industri dan komitmen untuk memberikan perbaikan terus-menerus pada ekonomi bahan bakar, Ford berada pada posisi yang baik di pasar global.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x