(Business Lounge – Business Insight) – Alibaba Group mengatakan kemarin mereka telah membeli saham di perusahaan periklanan digital AdChina yang berbasis di Shanghai untuk memperkuat layanan iklan online bagi vendor.
Kedua perusahaan tersebut tidak mengungkapkan berapa jumlah kesepakatan itu- merupakan kesepakatan yang pertama untuk Alibaba di tahun ini – dan AdChina akan tetap menjadi unit independen setelah selesainya akuisisi dilakukan.
Para mitra akan berbagi platform iklan dan kapasitas data untuk membantu media online yang lebih baik dan membantu vendor online yang lebih baik dalam menempatkan iklan mereka pada waktu dan tempat yang tepat.
“Jaringan periklanan digital AdChina adalah pelengkap sempurna untuk platform iklan secara online Alibaba, yang ditujukan untuk melayani vendor tidak hanya di situs Taobao dan Tmall Alibaba, tetapi juga dalam situs independen operasi e-commerce lainnya,” kata Wang Hua, manajer umum di Alimama, perusahaan iklan digital dari Alibaba.
Alan Yan pendiri dan CEO AdChina mengatakan bahwa kesepakatan itu “akan memungkinkan kita untuk melayani klien dan pengiklan dan membangun platform manajemen data yang lebih baik yang akan melayani mitra industri lainnya.”
AdChina mengajukan penawaran umum perdana kepada Securities and Exchange Commission pada tahun 2012 tetapi menarik diri setahun kemudian karena kondisi pasar saham yang tidak menguntungkan.
Alibaba juga dikatakan sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham minoritas di perusahaan pembayaran online India One97 Communications. Ekspansi global telah menjadi strategi utama Alibaba setelah penawaran umum perdana di New York pada bulan September lalu.
Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri