BMW – The Ultimate Driving Machine

SpecialReportBL-BMW

(Business Lounge – Business Insight) Bayerische Motoren Werke AG atau pada umumnya dikenal sebagai BMW atau BMW AG merupakan salah satu dari tiga produsen mobil mewah Jerman yang dikenal dengan “German Big 3”. Kedua produsen lainnya adalah Audi dan Mercedes-Benz. Ketiga merek ini juga merupakan tiga mobil mewah terlaris di dunia.

BMW yang didirikan pada tahun 1916 dan berkantor pusat di Munich, Bavaria juga memproduksi mobil mini, selain merupakan perusahaan induk dari Rolls-Royce Motor Cars. BMW juga memproduksi sepeda motor di bawah BMW Motorrad. Pada tahun 2012, BMW Group memproduksi 1.845.186 mobil dan 117.109 sepeda motor  dengan semua merek.

Berawal Sebagai Produsen Mesin Pesawat

Pada awalnya pada tahun 1917, sebuah perusahaan manufaktur pesawat Rapp Motorenwerke mengalami restrukturisasi. Kemudian pada akhir Perang Dunia I (1918), BMW terpaksa berhenti memproduksi mesin pesawat seiring dengan kesepakatan gencatan senjata Versailles. Akibatnya perusahaan ini bergeser memproduksi sepeda motor pada tahun 1923, setelah pembatasan perjanjian mulai tidak diberlakukan, pada tahun 1928-1929 BMW pun memproduksi mobil.

Nyaris Dilikuidasi

Pada tahun 1958, divisi otomotif BMW dalam kesulitan keuangan sehingga pada pertemuan pemegang saham muncul dua pilihan sebagai jalan keluar apakah akan dilikuidasi atau menemukan jalan keluar lainnya. Diputuskan untuk terus menjalankan perusahaan ini. Beruntung BMW mendapatkan hak untuk memproduksi Iso Isetta Italia, mobil kecil yang kemudian dimodifikasi dari mesin sepeda motor BMW sendiri. Hal ini cukup sukses dan membantu perusahaan kembali beroperasi. Pada 1966, BMW mengakuisisi perusahaan Hans Glas berbasis di Dingolfing, Jerman.

Perusahaan Terkemuka di Dunia

Pada bulan Juni 2012, BMW tercatat sebagai perusahaan yang paling terkemuka di dunia versi Forbes. Hal ini berdasarkan pada beberapa aspek seperti “kesediaan orang untuk membeli, menyarankan, bekerja untuk, dan berinvestasi dalam perusahaan didorong 60% oleh persepsi mereka terhadap perusahaan dan hanya 40% oleh persepsi mereka tentang produk mereka. “

Ramah Lingkungan

BMW merupakan anggota piagam dari US Environmental Protection Agency (EPA) dan beberapa kali memperoleh penghargaan dalam lingkungan secara nasional. BMW telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak perusahaan terhadap lingkungan dengan merancang mobil dengan tingkat polusi seminimal mungkin, membuat mobil dengan model yang lebih efisien, serta mengembangkan bahan bakar ramah lingkungan untuk kendaraan masa depan. Hal ini meliputi tenaga listrik, tenaga hibrida (mesin pembakaran dan motor listrik) dan mesin hidrogen.

Komunitas BMW

Setiap tahun sejak tahun 1999, penggemar BMW selalu bertemu di Santa Barbara, CA untuk menghadiri Bimmerfest. Salah satu pertemuan merek-spesifik terbesar di AS, lebih dari 3.000 orang menghadiri pada tahun 2006, dan lebih dari 1.000 mobil BMW hadir. 

 BMW Design – The Beginning of Emotion

Bagi produsen mobil mewah ini, mereka tidak menjual desain tetapi menjual feeling dalam setiap garis yang digambarkan, setiap detail yang didiskusikan, setiap bentuk yang mereka ciptakan, dan setiap model yang mereka selesaikan. Bagi BMW setiap produk yang mereka ciptakan bukanlah sebuah akhir, melainkan sebuah permulaan. Permulaaan dari sebuah petualangan dan berbagai kenangan, permulaan dari sesuatu yang unik and dinamis, permulaan dari saat-saat yang tidak dapat dilupakan, permulaan dari sebuah passion, dedication, dan love.

BMW Design

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana