(Business Lounge – Business Insight) – Google adalah salah satu perusahaan AS yang meneliti kekuatan warna dalam dunia kerja, dalam segala hal dari ruang kerja ke pemasaran dan branding.
Meghan Casserly, juru bicara Google mengatakan bahwa mereka masih melakukan penelitian awal, tetapi telah menemukan “hubungan yang jelas antara warna dan kepuasan dengan area kerja seseorang,” yang pada gilirannya dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawan.
Elyria Kemp, seorang asisten profesor pemasaran di University of New Orleans, mengatakan ada lebih banyak kompetisi daripada sebelumnya untuk saat dan warna sangat menentukan suatu penjualan. “Kami memiliki begitu banyak rangsangan di lingkungan,” katanya. Itulah sebabnya mengapa begitu penting untuk memiliki warna-warna khas yang benar-benar menonjol.
Kemp mengikuti tren warna dalam bisnis dan melakukan penelitian sendiri pada hubungan antara emosi dan warna. Dia mengatakan dia juga melihat apa warna konsumen mengasosiasikan dengan layanan tertentu, seperti transportasi, perawatan kesehatan, perbankan dan jasa keuangan.
Kemp mengatakan ketika konsumen membuat evaluasi penawaran produk, biasanya mereka melakukan hal ini dalam waktu 90 detik atau kurang, dan lebih dari setengah dari penilaian awal mereka didasarkan pada warna saja.
Itulah mengapa begitu banyak perusahaan yang meneliti pilihan warna mereka – sampai mengeluarkan ribuan dolar, Kemp mengatakannya – dan trademarking warna konsumen telah diasosiasikan dengan produk mereka, seperti coklat untuk UPS Pullman oranye cerah untuk Home Depot dan biru yang berbeda untuk Tiffany & Co.
Joclyn Benedetto, juru bicara Tiffany & Co, yang berbasis di New York City, mengatakan berlian dan perhiasan glamor perusahaan terkait dengan tanda tangan Tiffany warna biru yang membungkus setiap ciptaan. Dia mengatakan warna itu dipilih oleh pendiri Tiffany Charles Lewis untuk sampul “Blue Book, Tiffany’s annual collection of exquisitely handcrafted jewels,” yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1845.
Tanda warna merah Coca-Cola juga sudah digunakan lebih dari 100 tahun ketika pertama kali dikirim dalam barel yang dicat merah untuk membedakannya dari bir barel, kata juru bicara Ted Ryan.
Home Depot mendapat warna orange aslinya dari tenda sirkus yang diubah untuk digunakan menjadi signage pemasaran mula mula.
“Ketika kita melakukan riset konsumen dan kami meminta pelanggan kami mengatakan asosiasi kata untuk Home Depot, hal pertama yang mereka katakan adalah oranye,” kata Trish Mueller, direktur pemasaran Home Depot. “Jadi secara harfiah meresap ke DNA kita.”
Perusahaan yang lebih kecil juga mengakui manfaat dari warna. Emil Hagopian, distributor Mar Plast Color Building Accessories yang berbasis di Michigan, mengatakan bahkan untuk produk dan aksesoris untuk ruang toilet umum – telah ada peningkatan permintaan untuk warna di luar netral standar dan stainless steel.
Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri