Inilah 5 Brand Hotel Teratas Dunia

(Business Lounge-Business Today)-Baru-baru ini Market Metrix Hospitality Index mengumumkan nama-nama hotel yang telah melayani para pelanggan setianya dengan sangat baik sesuai standar kepuasan pelanggan internasional. Sejatinya banyak hotel-hotel besar ternama yang telah begitu berpengalaman dalam memberi layanan terbaik. Namun demikian, dari semuanya ada 5 hotel yang dinilai memiliki kualitas terbaik baik seluruh dunia.

Siapakah 5 brand hotel teratas? Mereka adalah Kimpton Hotels, Drury Hotels, Hyatt House, Ritz-Carlton dan Hyatt Place yang selama 4 kuartal berturut-turut telah konsisten menetapkan standar untuk kepuasan pelanggan. Pencapaian mereka ini terbilang hebat dan merupakan buah kerja keras dari semua tim.

Dengan skor kepuasan pelanggan tertinggi sebesar 90, maka Kimpton Hotels mencapai nilai tertinggi di periode terakhir, dan terus meningkatkan nilai mereka untuk kuartal ketiga berturut-turut.

Seperti dilansir di 4hoteliers, Mike Depatie, Presiden dan CEO dari Kimpton Hotels & Restaurants menyatakan bahwa penghargaan ini adalah milik semua 8.600 karyawan Kimpton Hotels yang telah membuat misi mereka tercapai yaitu bagaimana untuk memberi layanan terbaik penuh dengan cinta bagi para tamu sehingga mereka terus menjadi pelanggan setia dan mencintai Kimpton .

Hasil survei Market Metrix Hospitality Index (MMHI) ini dikumpulkan dari  40.000 wisatawan lebih dari seluruh dunia. Berikut adalah tabel dari top performer selama kuartal kedua 2014 baik secara global ataupun wilayah.

4Hoteliers Image Library

4Hoteliers Image Library

4Hoteliers Image Library

4Hoteliers Image Library

Sayangnya masyarakat di Indonesia belum sempat “mengintip” pelayanan Hotel Kimpton di Indonesia karena memang sampai saat ini belum masuk ke Indonesia. Beberapa nama yang masuk kategori Top 10 secara global yang sudah beroperasi di Indonesia khususnya di kota-kota besar adalah Hyatt, Ritz Carlton, JW Marriot, dan Hilton. Hotel-hotel. Sampai saat ini hotel-hotel tersebut tergolong memiliki nama besar dan pelayanan yang bagus di Indonesia.

Emy Trimahanani – MP MSSD Vibiz Consulting yang juga pengamat di bidang customer satisfaction untuk industri jasa, menambahkan penjelasan tentang komponen apa saja yang pada dasarnya menjadi faktor penilaian. Selain fasilitas yang lengkap dan ruangan yang nyaman, maka keramahan dan pelayanan yang baik dan bersifat personal dari pihak hotel adalah faktor yang sangat mempengaruhi tamu atau turis untuk berkunjung. Sentuhan pelayanan yang diberikan, semakin bersifat personal semakin berpotensi merebut hati pelanggan. Pada industri jasa inilah yang disebut customer experience. Jelas bahwa faktor people atau sumber daya manusia sangat memegang peran penting dalam melayani pelanggan sebuah hotel.

Berkembangnya kondisi menuntut hotel tidak hanya menyediakan sarana peristirahatan namun juga MICE -Meeting, Incentive, Convention, and Exhibitio. Sehingga tidak hanya petugas frontdesk atau housekeeping atau marketing saja yang berinteraksi dengan tamu tetapi melibatkan event organizer juga, dimana semua petugas ini akan berkontribusi dalam memberikan kepuasan atau ketidak puasan pelanggan hotel atau wisatawan.

 

Febe/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri

 

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x