Burger King dan Tim Hortons Ciptakan Perusahaan Baru

(Business Lounge – Business Today) Burger King Worldwide berencana akan membeli jaringan penyaji kopi dan donat milik Kanada, Tim Hortons dan akan membentuk sebuah perusahaan publik baru yang akan berbasis di Kanada. Hal ini telah diumumkan oleh kedua perusahaan makanan cepat saji tersebut pada Minggu (24/8). Bahwa pemilik mayoritas saham Burger King, 3G Capital akan tetap memiliki mayoritas saham perusahaan baru yang akan didirikan seperti dilansir oleh The Wall Street Journal. Sedangkan sisanya akan dimiliki oleh pemegang saham Tim Hortons dan Burger King saat ini.

Namun demikian Burger King Worldwide yang berbasis di Miami serta Tim Hortons yang berbasis di Ontario akan terus beroperasi atas merek dagangnya masing-masing, namun keduanya akan berbagi layanan perusahaan serta manfaat dari praktek-praktek yang terbaik dari masing-masing.

Perusahaan baru akan memiliki 18.000 restoran di 100 negara di seluruh dunia dan mengargetkan untuk menjadi perusahaan restoran cepat saji terbesar ketiga di dunia. Tim Hortons memiliki nilai pasar sekitar $ 8,4 miliar, sementara Burger King memiliki nilai pasar sekitar $ 9,6 miliar, sehingga secara total perusahaan restoran ini bernilai sekitar $ 18 miliar.

Dengan pindah ke daerah yurisdiksi yang berpajak rendah, maka akan memungkinkan perusahaan untuk menghemat uang pada pendapatan asing serta uang tunai yang dapat disimpan di luar negeri.

Burger King telah memulai pendekatannya atas Tim Hortons lebih dari sebulan yang lalu. Namun pada waktu itu ia tidak berencana untuk melakukan perjanjian merger. Burger King didirikan pada tahun 1954 di Miami yang saat ini menjadi basis Burger King.

Burger King telah berkembang menjadi jaringan hamburger terbesar kedua di dunia, menurut situs Burger King. Burger King telah ada di lebih dari 13.000 lokasi pada hampir 100 negara, melayani lebih dari 11 juta orang setiap hari. Sedangkan Tim Hortons berbasis di Oakville, Ontario dan terkenal dengan kopi-nya.

Kemudian Burger King pun menambahkan menu kopi untuk dapat mengejar ketinggalannya dari pesaingnya, McDonald yang telah sukses dengan McCafenya. Burger King yang dipasangkan dengan Seattle Best Coffee, merek yang dimiliki oleh Starbuck Corp kemudian berusaha menarik pangsa pasarnya.

Perusahaan ekuitas swasta Brasil, 3G Capital Management telah membeli Burger King sejak tahun 2010. Kemudian memiliki jaringan yang dikenal dengan Whopper Burgers Private. 3G, yang berkantor di Rio de Janeiro dan New York, telah menjadi pemain utama di sektor makanan AS.

uthe/Journalist/VMN/BL
Image: wikimedia