(Business Lounge – Business Today) Toko pakaian asal Amerika Serikat, Gap, akan membawa brand mereka ke India. Gap menargetkan akan membuka sekitar 40 toko untuk merek ini. Sebagai permulaan akan dibuka dua toko pada awal tahun depan. Kedua toko tersebut akan berlokasi di Mumbai dan Delhi. Selama 12 tahun terakhir Gap telah mengimpor produk dari India dan merasa sudah waktunya mereka melakukan ekspansi terhadap pasar India.
Gap akan bekerja sama dengan Arvind Lifestyle Brand Limited yang merupakan subsidiary dari Arvind Limited. Perusahaan tersebut merupakan salah satu dari perusahaan tekstil terbesar di India. Kerja sama tersebut akan mempermudah Gap dalam memasuki pasar di India.
India merupakan pasar yang sangat potensial bagi Gap karena lebih dari setengah populasi di India berumur di bawah 25 tahun. Dengan besarnya penduduk yang berusia di bawah 25 tahun tersebut maka peluang dari brand yang menawarkan fashion terbaik akan menguasai pasar India.
Langkah ekspansi ke India dari Gap merupakan langkah terakhir dari rencana ekspansi global retailer tersebut. Berkat rencana ekspansi global tersebut Gap sekarang telah memiliki toko di lebih dari 50 negara. Dengan toko sebanyak 3.200 di berbagai belahan dunia serta hampir 400 franchise yang beroperasi.
Gap juga meningkatkan labanya pada kuartal kedua tahun ini. Laba Gap pada tahun ini meningkat sebanyak 17% menjadi 75 sen per lembar saham. Penjualan Gap telah melewati ekspektasi yaitu sebesar $3,98 milyar pada kuartal tersebut.
Afif Bahar/Analyst Vibiz Research Vibiz Consulting/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: wikipedia

