(Business Lounge – Management Tips) Ketika masa krisis pada tahun 1997, PT. Sierad Produce Tbk mengalami kebangkrutan saat secara finansial ekuitasnya berada dalam posisi negatif. Hal ini terus berlangsung hingga tahun 2005. Lalu diputuskanlah untuk mengangkat tim management yang baru dengan harapan tim ini dapat mengubah keadaan yang ada, demikian disampaikan oleh Eko Putro Sandjojo, Wakil Direktur PT. Sierad Produce Tbk.
Perusahaan multinasional penghasil pakan ternak ini pun mulai bangkit di bawah pimpinan management yang baru. Salah satu management strategy yang diambil untuk dapat terus meningkatkan produksi secara konsisten adalah dengan menciptakan value untuk semua stakeholder (shareholder, customer dan seluruh karyawan).
Value yang diciptakan ini pun menjadi dasar setiap corporate action yang diambil sehingga perusahaan ini terus berkembang hingga ekuitasnya pun menjadi positif dan terus bertambah. Sebagai perusahaan komoditi, maka tidak bisa tidak, perusahaan ini harus berkembang. Sebab jika tidak berkembang maka perusahaan seperti PT. Sierad Produce Tbk ini akan mati dengan sendirinya.
Keberhasilan management tim mengatasi challenge management pada tahun 2005 telah mengubah ekuitas yang negatif menjadi positif serta pada waktu yang sama perusahaan ini terus bertumbuh.
uthe/Journalist/VMN/BL
