(Business Lounge – Business Today) Mobil Daihatsu Tanto yang dirancang dengan bodi yang tinggi dan berbentuk kotak hingga saat ini masih menjadi pilihan konsumen Jepang dalam membeli mobil. Dalam tiga bulan terakhir berturut-turut penjualan mini car ini menduduki peringkat teratas dalam daftar model yang laris dicari konsumen.
Sekalipun kenaikan pajak konsumsi di Jepang yang diberlakukan mulai 1 April lalu telah menghambat penjualan mobil milik Daihatsu Motor, namun penjualan Tanto selama 6 bulan pertama menghasilkan lonjakkan pada penjualan hingga 101.8 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 21.323 unit mobil seperti laporan Automobile Dealers Association yang dilansir di Japan Times.
Menurut data asosiasi tersebut, dalam enam bulan pertama di tahun 2014 ini, model Tanto mendapat posisi pertama dengan penjualan 135.688 unit yang meningkat 92.8 persen dibanding tahun sebelumnya. Posisi kedua dimenangkan oleh model Aqua produksi Toyota dengan penjualan 19.812 unit, yang menurun 2.4 persen dari tahun lalu dan posisi ketiga didapatkan oleh Honda Fit yang berhasil menjual 16.066 unit dengan peningkatan 31.8 persen.
Daihatsu Tanto pertama kali diluncurkan pada tahun 2003. Kemudian pada tahun 2005, Daihatsu telah memperkenalkan versi hibrida fuel-cell, Tanto FCHV . Dua tahun selanjutnya, perusahaan merilis generasi kedua Tanto pada bulan Desember 2007.
Joel/Journalist/VM/BL
Editor : Jul Allens
image : fr.wikipedia