5 Tips To Organize Your Day

Infog-24

Apakah anda yang sering merasa memiliki tanggung jawab yang sangat besar, pekerjaan yang rumit, target yang menumpuk dan pikiran rasanya penuh memikirkan ini dan itu? Memulai hari rasanya sudah pusing dengan banyaknya kesibukan. Banyak orang mengatakan kemampuan manusia terbatas. Sebagian teori lagi mengatakan bahwa wanita lebih multi task daripada pria, padahal pria banyak menempati posisi sebagai pemimpin dalam dunia kerja.

Semua manusia, baik wanita maupun pria memiliki kemampuan yang sama. Walaupun wanita memiliki keunikan yang tidak dimiliki pria namun secara kapasitas otak dan kemampuan melakukan suatu pekerjaan yang tidak berhubungan dengan tenaga adalah sama.

Permasalahannya hanya sederhana saja…mengorganisasikan pikiran setiap hari!  Mengorganisasi pikiran dapat membuat Anda menjadi seorang yang bijak dengan waktu. Jika Anda bisa mengorganisasikan pikiran maka langkah selanjutnya adalah mengorganisasikan tindakan. Mari kita mulai dengan mengorganisasikan pikiran.

Pikiran adalah sesuatu yang kompleks yang dapat saling bercampur semua informasi di dalamnya, namun juga dapat dikotak-kotakkan. Anggaplah sekarang, Anda sedang masuk dalam sebuah supermarket yang apapun ada di dalamnya. Kira-kira apa yang akan Anda beli? Ke lorong mana dari supermarket itu kaki Anda akan melangkah?  Jika Anda hanya punya waktu 30 menit untuk membeli, apakah itu cukup untuk mengambil barang-barang yang Anda butuhkan? Ini adalah sebuah contoh yang sederhana, yang menunjukkan rumitnya pikiran manusia.  Seorang yang memiliki banyak uang yang tidak terbatas prilakunya akan berbeda dengan seorang yang hanya memiliki Rp. 10.000 dan masuk ke supermarket. Harus ada sesuatu yang men-drive orang mengorganisasikan pikirannya. Dalam hal belanja ke supermarket, walau banyak barang yang diinginkan tapi jumlah uang yang dimiliki menjadi batasnya.

Berikut ini adalah 5 tips utama dalam mengorganisasikan hari Anda.

1. Memulai hari dengan suatu tujuan yang jelas

Seseorang yang memulai hari dengan tujuan, akan membuat ia lebih fokus pada tujuan. Katakanlah Anda memiliki 5 tugas yang berbeda, dengan deadline yang berturutan dan semua perlu waktu untuk dikerjakan. Maka ketika Anda bangun pagi, mulailah pikirkan ke-5 tugas tersebut dan yang mana yang Anda tuju untuk anda fokuskan hari ini, maka itulah yang menjadi prioritas bagi Anda. Jika Anda memilih 2 tugas di antara 5 maka 2 itu Anda targetkan jam penyelesaiannya. Tujuan harian akan membuat Anda memiliki manajemen pikiran dan  waktu yang baik dan terfokus untuk mengerjakan tugas Anda.

2. Memulai hari dengan membayangkan keberhasilan

Jangan memulai hari dengan kekusutan. Setiap Anda bangun pagi mulailah dengan memikirkan ujung keberhasilan dari suatu pekerjaan. Hal ini akan membangkitkan semangat dan kegembiraan dalam bekerja sehingga Anda tidak akan memulai hari dengan beban pikiran yang membuat Anda kusut dan suntuk yang berujung pada menurunnya semangat kerja dan produktivitas.

3.Memulai hari dengan menghitung

Setelah membayangkan keberhasilan, maka perlu juga bagi Anda untuk membuat simulasi resiko-resiko yang akan terjadi apabila apa yang menjadi prioritas Anda hari itu tidak terlaksana. Misalnya, akibat terpendingnya pekerjaan akan membuat target omset tidak tercapai, hal ini akan menolong untuk lebih terfokus pada prioritas Anda untuk terlaksana dan semakin menginginkan keberhasilan tercapai.

4.Ciptakan sistematisasi pekerjaan dan jadikan habit

Mengerjakan suatu pekerjaan dengan tersistem akan membuat suatu pekerjaan lebih efisien. Apabila sudah biasa tersistem, maka akan timbul habit dengan sendirinya dan hal ini akan mengurangi beban pikiran Anda serta terlatih mengefisienkan waktu. Sebagai contoh, inbox email Anda selalu penuh. Orang bisa stress hanya karena berpikir, belum melihat inbox dan mereply email-email yang ada.Sedangkan bila Anda melihat gadget atau komputer terus, kerjaan Anda terbengkalai. Akibatnya akan semakin stress. Hal ini dapat diatasi dengan mengatur waktu Anda rutin membuka email pada jam-jam tertentu seperti pada waktu pagi pertama setelah masuk kantor, pada jam istirahat, mengatur memberikan suara email masuk yang berbeda apabila berasal dari orang yang penting.

5. Membagi waktu berpikir sesuai lokasi dimana Anda berada

Jika sedang berada di kantor, fokuslah memikirkan pekerjaan kantor. Jika sudah berada di rumah, lepaskan pikiran tentang kantor dan pikirkanlah kehidupan rumah tangga Anda, nikmati waktu bersama keluarga. Jika sedang berlibur, tinggalkan semua pikiran tentang aktivitas dan rutinitas harian yang begitu penuh dengan demikian Anda akan menikmati liburan Anda dengan baik. Hal ini juga dapat diatur dengan membagi HP Anda, ada HP khusus pekerjaan yang dimatikan saat di rumah, ada HP khusus untuk keluarga dan kerabat dekat, demikian juga dengan email. Jangan mencampur semua email, bagilah berdasarkan aktivitas Anda.

Setelah 5 tips di atas Anda coba, Anda akan menjadi orang yang lebih baik dalam mengorganisasikan pikiran dan waktu. Semoga tidak ada lagi hari-hari stress yang membuat Anda kusut dengan pikiran Anda yang rumit dan banyak. Selamat mencoba!

dr. Vera Herlina, SE, MM : Managing Partner Divisi Leadership, Entrepreneurship  & Strategic Management dari Vibiz Consulting dan kontributor folder Leadership dari Businesslounge

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x