Urban Fashion adalah konsep yang paling common didalam Urban Event. Mulai dari Brightspot Market, Arte, Euphoria Project dan berbagainya, fashion adalah konsep yang paling sering diadakan.
Keuntungan didalam pengadaan fashion juga bisa diraup lebih banyak dibandingkan dengan konsep lain, dikarenakan beberapa faktor, mulai dari harga, kemudahan pemindahan/transfer barang, dan kemudahan display.
What you should be looking for : Produk fashion berkonsep. Jika anda ingin memenangkan perlombaan urban event, barang dan booth anda harus menang dalam segi konsep, tampilan, dan nilai-nilai lain yang menonjol. Mengapa ? Karena produsen urban fashion sudah begitu banyak, jika barang anda biasa saja, anda tidak akan memenangkan kompetisi. Sebagai contoh sederhana, konsep leather shoes yang custom-made akan lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan leather shoes biasa.
What people are usually looking for : Anything. This, is wrong. VERY wrong. Karena mudah untuk mencari tenant designer local fashion product, event seringkali asal memasukkan tenant untuk mengisi booth. Dan ini adalah kesalahan yang akan disesali ketika acara berjalan.
picture by local artist Toto Muhammad for businesslounge.co
Dalam mencari konsep seni, anda harus mengerti seni, atau kalau anda tidak mengerti, hire seseorang yang mengerti. Anda harus benar-benar paham seni macam apa yang disukai oleh target market anda. Dalam kasus urban event dimana kebanyakan pengunjung adalah anak muda, pop art adalah pilihan yang terbaik.
Seniman dalam negeri beraksi di Jakarta Euphoria Project
What you should be looking for : A real talented artists and curator
What people are usually looking for : A reason for “after-party”. Acara art seringkali dikunjungi oleh orang-orang yang sebenarnya tidak paham apa itu art. Dan mereka seringkali hanya datang untuk after-party. Well, tidak masalah kalau memang hanya itu yang ingin anda achieve. Tetapi dalam jangka panjang, anda akan diingat sebagai jagonya after-party dan bukannya sebagai patron of art.
Culture Experience berbicara tentang memberi enrichment pengalaman dari pengunjung. Bukan dalam bentuk fisik, namun verbal. Musik, pertunjukan, penempatan booth dan makanan adalah empat hal yang harus paling diperhatikan dalam menciptakan culture experience.
What you should be looking for :
Musik : Anda sering mendengar perkataan “bagus itu relatif”. Nope. Bagus adalah bagus, buruk adalah buruk. Anda harus mengerti tentang hal ini, atau kalau tidak yakin, hire seseorang yang paham. Rules lainnya, musik yang sudah mainstream tidak akan menimbulkan rasa penasaran didalam customer anda karena mereka sudah biasa mendengar itu dimana saja. Anda harus mencari musisi atau dj yang pintar memainkan sesuatu yang baru atau yang tidak biasa. Musik sangat mempengaruhi mood customer ataupun suasana event. Ini sangat penting.
Pertunjukan : Pertunjukan di dalam event harus dikemas menarik, tidak membosankan ataupun penuh lelucon yang mengada-ada. Saya beri contoh ;
“Anda sedang mengadakan pertunjukkan live pop-art painting. Tidak ada musik. Dan ada MC yang mengisi kekosongan dengan mengulang-ulang meminta pemirsa bertepuk tangan, menyebut berkali-kali nama si pelukis dan apa yang sedang dia kerjakan, dan mengisi kekosongan dengan joke yang didaur ulang berkali-kali.”
Menurut anda, apakah itu terdengar menyenangkan ?
Pertunjukkan bukan sesuatu yang mudah. Dan menyewa artis terkenal bukanlah jaminan kesuksesan. Semua orang bisa menyewa penyanyi. Tetapi dalam menciptakan suasana yang berbeda dengan yang lain, anda harus paham seni dan urban culture.
Penempatan Booth : Penempatan booth anda haruslah minim partisi. Ya partisi memang tetap harus ada, tetapi, booth yang anda buat haruslah mempromosikan hubungan sosial yang baik antara pembeli-penjual, penjual-penjual, dan pembeli-pembeli. Culture Experience berbicara sangat banyak tentang pengalaman sosial yang dirasakan baik customer maupun tenant didalam suatu event. Social Experience adalah bagian yang sangat besar dan fundamental dari culture experience. Jika suasana komunitas tidak terbentuk, maka event anda akan lebih cepat menemui kegagalan.
Booth di urban event haruslah memrpmosikan suasana komunitas dan kedekatan
Makanan : Makanan anda juga harus memberikan culture experience. Pengemasan yang baik, keunikan tampilan, harga dan porsi adalah empat pilar utama yang harus anda perhatikan. Jangan timpang satu sama lain. Contohnya; spaghetii meatballs di dalam takeout box karton putih simple berlogo, berporsi cukup, dengan hargatiga puluh lima ribu rupiah, akan membuat konsumen anda menambah dua kali. Ketimbang menjual satu dengan harga lima puluh ribu rupiah.
What people are usually looking for : artis terkenal untuk musik atau pelawak atau MC kondang untuk pertunjukan. Tidak ada masalah dengan itu, namun, jika anda sanggup menunjukkan keunikan anda, dan bukan hanya sekedar menyewa orang ternama, anda akan menunjukkan distinctive capabilities anda, dan pengunjung akan mengingat anda untuk keunikan anda.
Sama seperti art, fotografi bukanlah sesuatu yang bisa dianggap mudah. Pemula dengan kamera Leica tidak bisa disebut sebagai fotografer. Hasil cetakan foto sangat mempengaruhi emosi dan nalar konsumen layaknya seni. Warna, angle, objek, konsep, tema, dan sebagainya adalah beberapa hal yang krusial didalam seni fotografi
What you should be looking for : A real talented photographer. Mulai dari artis instagram, seniman fotografi, fotografer model, fotografer humanis, wartawan perang, sampai fotografer Nat Geo Wild, ada banyak pilihan fotografer bertalenta. Tetapi hanya sedikit yang akan cocok dengan kriteria anda. Sesuaikan tema dan keinginan anda dengan talenta si fotografer. Salah hire akan berakibat buruk bagi keuangan anda.
What people are usually looking for : A wrong photographer. Seriously. Anda jangan cepat percaya dengan kabar burung “si itu jepretannya bagus”, “si itu hasilnya oke”. Anda harus menjadi nilai sendiri sebelum menyesal.
Michael Judah/IC/BL