Tetap Positif Dalam Menanggapi Kritikan

(Business Lounge – Sales) – Tidak ada seorang pun yang senang pada saat mendapat kritikan dari orang lain. Tetapi sebenarnya sebuah kritikan merupakan sebuah masukan yang sangat berharga bagi Anda. Bagaimana jika salah satu customer Anda melontarkan kritik yang pedas kepada Anda secara langsung ? Apa sikap yang akan Anda ambil  ? Marah, kesal , memutuskan pembicaraan di telp , menangis sekeras-kerasnya atau Anda akan diam dan mengasingkan diri berhari-hari sambil menutup wajah Anda ? Hal-hal ini tidak perlu Anda lakukan.

Sebuah kritikan tajam yang datang pada Anda harus dapat Anda sikapi dengan kepala dingin dan hati yang luas. Dalam hal ini Anda harus tetap dapat berpikir positif dan menerima setiap kritikan dengan senyum dan lapang dada. Anda harus dapat memutarbalikkan keadaan yang sepertinya tadinya mau menyudutkan Anda menjadi kondisi dimana Anda ditolong untuk menjadi lebih baik.

Setiap kritikan yang datang pada Anda sangat bermanfaat untuk memperbaiki pelayanan yang Anda berikan kepada customer. Terlebih lagi jika kritikan itu datang dari customer Anda sendiri, justru ini sangat berharga karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas Anda sebagai seorang marketing , Anda akan tahu apa yang harus Anda ubah atau tingkatkan sehingga Anda semakin produktif dan perform. Justru Anda harus berterima kasih kepada customer yang mau memberikan kritik kepada Anda , apalagi sebuah kritikan pedas, karena itu sangat bermanfaat untuk Anda, membuat Anda dapat meningkatkan kualitas Anda sebagai seorang marketing yang handal .

Beberapa  sikap yang dapat Anda ambil ketika menerima kritikan yang datang pada Anda adalah :
1.    Berpikir positif bahwa setiap kritikan yang datang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas Anda sebagai seorang salesperson. Kritikan yang datang juga membuat Anda tidak selalu merasa benar dan paling baik.

2.    Segera evaluasi diri Anda,  temukan bagian-bagian pada diri Anda yang perlu untuk dirubah  atau ditingkatkan sesuai dengan kritikan yang Anda terima. Bersikaplah tenang,  jangan terpancing emosi dengan  menganggap kritikan yang datang sebagai serangan pribadi kepada Anda. Jangan mempertahankan argumen Anda sendiri.

3.    Terima kritikan dengan lapang dada. Anda harus dapat bersikap toleran terhadap opini orang lain. Justru Anda harus dapat menerima setiap kritikan dengan antusias. Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan etiap kritik yang datang pada Anda,  tidak ada salahnya untuk Anda mencoba memperbaiki diri .

4.    Anda dapat berterima kasih secara langsung kepada orang yang menyampaikan kritikan kepada Anda, bahwa ia telah menyampaikan sebuah kritikan yang sangat bermanfaat  dan itu membuat Anda semakin berkembang.

Kritik memang akan membuat hidup Anda lebih sulit, tetapi sepanjang Anda dapat menanggapinya dengan positif justru Anda akan merasakan manfaatnya dan menjadikan Anda semakin berkembang.

(iv/ic/bl)

Foto : venusbuzz.com

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x