(Business Lounge – Business Today) – Facebook meraup keuntungan dalam kuartal II. Penjualan naik 53% menjadi $1,81 miliar, mendorong saham menguat sekitar 19% setelah bursa tutup.
Dalam laporannya, Facebook mencatatkan penjualan dari bisnis iklan mobile senilai $656 juta, atau 41% dari bisnis iklan, naik 11 persentase poin dibanding kuartal sebelumnya.
Facebook membukukan total laba $333 juta, atau 13 sen per lembar saham.
“Saya sangat gembira dengan hasil ini,” kata CEO Mark Zuckerberg saat conference call dengan analis.
Kesuksesan Facebook mengisyaratkan perusahaan jejaring sosial itu mulai membuat kemajuan menuju apa yang disebut Zuckerberg sebagai perusahaan “mobile terbaik.”
Sejak menggelar penawaran umum perdana pada Mei, saham Facebook sulit bangkit. Kondisi ini dipicu kecemasan bahwa Facebook tak bakal mampu mengimbangi gejolak dalam bisnis iklan desktop dengan kemajuan dalam pasar mobile. Kartu rapor kuartal II ini merupakan pernyataan Facebook, bahwa sepak terjang mereka sesungguhnya lebih baik dibandingkan pandangan investor.
“Investasi yang kami lakukan sepanjang tahun lalu atau sebelumnya mulai terbayar,” sahut David Ebersman, chief financial officer Facebook dalam suatu wawancara, Rabu.
Tak ada sinyal penurunan layanan Facebook di antara pengguna. Buktinya, pengguna aktif harian Facebook naik 27% dari setahun lalu menjadi 699 juta orang. Jumlah pengguna aktif bulanan menguat 21% sepanjang periode yang sama hingga 1,15 miliar orang.
Dalam laporan pendapatan itu, Facebook juga menekankan keberhasilan mereka melampaui 1 juta pengiklan aktif. Pencapaian target ini didorong kenaikan bisnis iklan lokal. Penekanan pada bisnis lokal mengindikasikan kegigihan langkah tim penjualan Facebook untuk merayu perusahaan kecil. Ini menjadi penting, mengingat Facebook berupaya menjadi mesin pencarian bisnis dan layanan lokal lewat aplikasi mobile.
“Angka pendapatan ini sangat besar,” sahut Michael Pachter, ekonom Wedbush Securities. “[Facebook] benar-benar melakukan sesuatu yang hebat dalam penjualan iklan lokal.”
Dalam beberapa kuartal terakhir, Facebook semakin menggencarkan bisnis iklan mobile. Facebook merilis sejumlah produk iklan baru sekaligus menyasar perangkat yang bisa membantu pemasang iklan. Misalnya, mobile app install ad—iklan pada Facebook yang mempromosikan pengguna untuk mengunduh aplikasi partai ketiga—adalah salah satu pendorong hasil pendapatan Facebook.