Mengembangkan Kampanye Marketing yang Efektif

(Business Lounge – Sales&Marketing), Jika Anda mencoba menjual suatu produk service, Anda perlu memperhatikan empat prinsip marketing. Sekalipun ide-ide marketing ini kelihatan sederhana, tetapi dengan menakjubkan cukup berkuasa menyampaikan pesan Anda, memotivasi prospek-prospek Anda, dan membawa mereka untuk bertindak.

Banyak orang terlalu membingungkan mengenai proses kampanye marketing, dan akibatnya tidak pernah melihat keuntungan yang kembali dari investasi marketing mereka. Bukan berarti beberapa aspek marketing tertentu itu mudah. Banyak yang memerlukan pengetahuan yang lebih tentang disiplin marketing secara spesifik.

Meskipun demikian 4 prinsip dasar berikut bisa menjadi patokan bagi kampanye marketing yang efektif baik secara online maupun offline:

1. Kenali Audience Anda.
Tidak ada seorangpun bisa memasarkan, mengkomunikasikan atau menjual secara efektif tanpa mengenali audiens mereka atau apa yang mendorong mereka untuk membeli.
Apakah pelanggan potensial Anda wanita atau pria? Tua atau muda? Seorang pembeli pemula atau pembeli berulangkali? Apakah mereka para penentu keputusan? Apa yang mereka pilih, produk, service atau metode delivery mana yang cocok? Semakin Anda mengenal audiens Anda, semakin relevan dan tertarget pemasaran Anda nantinya.

2. Pemilihan Waktu Yang Tepat Adalah Segalanya
Bahkan dengan kampanye marketing yang paling meyakinkna sekalipun, prospek tidak akan tertarik kepada produk atau service Anda jika Anda tidak mengkomunikasikannya di waktu yang tepat. Pastikan pesan marketing Anda tepat ada di depan prospek Anda saat mereka siap untuk membeli. Hal ini bisa menjadi suatu waktu tertentu di sepanjang tahun atau mungkin yang terutama di sepanjang hidup.

3. Temukan Penawaran Yang Tepat.
Dalam “direct marketing”, para ahli megatakan bahwa hasilnya adalah 40% bergantung kepada daftar Anda, 40% pada penawaran, dan 20% pada kreativitas Anda. Ujilah penawaran Anda dan temukan manakah yang menonjol. Penawaran Anda harus secara terus-menerus diuji dan diperbaiki untuk meningkatkan hasil Anda.

4 Semuanya Mengenai Menyampaikan Pesan.
Jika Anda cukup mengenal audiens Anda dengan baik, Anda seharusnya bisa menyiapkan pesan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan sealigus membedakan produk atau service Anda dari persaingan. Selain itu pastikan keuntungan –keuntungan ada diatas semua fitur Anda. Hal ini memberikan audiens Anda alasan untuk membaca, mencoba dan membeli.

Untuk berikutnya Anda mengadakan kampanye marketing, gunakan prinsip-prinsip marketing yang efektif ini. Kenali audiens Anda, pastikan Anda menjangkau mereka yang siap membeli, lakukan eksperimen untuk menemukan penawaran yang terbaik, dan komunikasikan kepada mereka dengan produktif, semua hal ini adalah prinsip dasar bagi kampanye marketing manapun agar mendapatkan hasilnya.

(Hanny N/IK/bl)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x